Rekayasa : Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung (RJITS) is a peer-reviewed scientific journal that provides a national platform for the dissemination of research and development in the field of Civil Engineering and related disciplines. The journal focuses on publishing original research articles, technical papers, and case studies that contribute to the advancement of civil engineering theory, practice, and application. The scope of the journal includes, but is not limited to, the following areas: Structural Engineering Analysis, design, construction, materials, and performance of structures such as buildings, bridges, and towers. Geotechnical Engineering Soil mechanics, foundation engineering, slope stability, ground improvement, and geotechnical modeling. Transportation Engineering Planning, design, operation, and management of transportation systems including roads, railways, and traffic engineering. Hydraulic and Water Resources Engineering Hydrology, fluid mechanics, irrigation systems, drainage, flood control, and water supply systems. Construction Engineering and Management Project planning, scheduling, construction methods, cost estimation, and sustainable construction practices. Environmental Engineering Water and wastewater treatment, solid waste management, air pollution control, and environmental impact assessment. Materials in Civil Engineering Development, testing, and application of construction materials such as concrete, asphalt, steel, and composites. Urban and Regional Planning Infrastructure development, smart city planning, and sustainable urban systems. The journal welcomes contributions from academics, researchers, and professionals engaged in civil engineering and aims to foster innovation, knowledge sharing, and practical solutions in the field.
Articles
5 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 26 No. 2 (2022)"
:
5 Documents
clear
Tinjauan Gap Pada Simpang Tiga Lengan Bersinyal Terhadap Waktu Hijau
Firghani, Arjun;
Putra, Sasana;
Karami, Muhammad
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 26 No. 2 (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v26i2.53
Pergerakan lalu lintas pengendara yang padat pada persimpangan berpotensi menimbulkan gap akibat konflik. Nilai gap akan menimbulkan tundaan lalu lintas pada persimpangan bersinyal yang dapat mempengaruhi terhadap waktu pada pengaturan waktu hijau pada traffic light. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gap yang terjadi serta bagaimana pengaruh nilai gap tersebut terhadap waktu hijau efektif di persimpangan tiga lengan bersinyal Jalan Diponegoro - Cut Mutia di Kota Bandar Lampung, Indonesia. Data jumlah kendaraan, volume lalu lintas serta waktu tempuh kendaraan didapatkan langsung dengan melakukan survei selama satu hari dan dianalisis menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 dan metode gap acceptance. Dari penelitian ini didapat volume total rata-rata tertinggi pada sesi sore sebesar 2169,6 skr/jam. Nilai gap diterima pada sesi pagi dan sore terjadi sebesar 6 detik dan 10 detik dengan tundaan persiklus pagi dan sore hari sebesar 2,6 dan 7,6. Nilai waktu hijau lapangan terjadi rentang waktu 16 – 48 detik serta hasil analisis berdasarkan Pedoman Kapastias Jalan Indonesia diperoleh waktu hijau di lapangan terjadi pada rentang waktu 26 – 54 detik.
Studi ketebalan minimum pelat beton bertulang menurut SNI 2847:2019 terhadap kenyamanan manusiaa
Mentari, Chatryne Pricillya Ris;
Alami, Fikri;
Sebayang, Surya
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 26 No. 2 (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v26i2.60
Penelitian ini menunjukan pengaruh dan efektifitas ketebalan minimum pelat beton bertulang terhadap kenyamanan manusia. Penelitian ini memodelkan tiga bangunan kantor dengan nilai Ly/Lx yang berbeda yaitu 2; 1,75 dan 1,5 yang menerima beban manusia berjalan lurus pada pelat sebesar 0,7 KN di lantai satu yang dianalisis dengan menggunakan program SAP2000 dan Microsoft Excel. Dari hasil analisis menggunakan program SAP2000 v.18 terlihat bahwa seluruh model memiliki nilai lendutan tidak melebihi batas yang disyaratkan yaitu L/360. Untuk model 1 percepatan getaran vertikal terbesar pada redaman 0% adalah 0,2550 m/s2 dan redaman 3% adalah 0,1282 m/s2 dengan frekuensi alami vertikal sebesar 13,7371 Hz. Untuk model 2 percepatan getaran vertikal terbesar pada redaman 0% adalah 0,1536 m/s2 dan redaman 3% adalah 0,0879 m/s2 dengan frekuensi alami vertikal sebesar 12,7076 Hz. Untuk model 3 percepatan getaran vertikal terbesar pada redaman 0% adalah 0,1229 m/s2 dan redaman 3% adalah 0,0777 m/s2 dengan frekuensi alami vertikal sebesar 11,5591 Hz. Nilai ini menunjukan bahwa model yang dirancang dengan SNI 2847:2019 tidak memberikan jaminan kenyamanan namun memberikan jaminan keamanan dari getaran yang berlebihan.
Pengaruh aspek rasio serat limbah plastik polypropylene terhadap karakteristik campuran perkerasan kaku
Aji, Ilham Mangesti;
Putra, Sasana;
Niken, Chatarina
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 26 No. 2 (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v26i2.62
Rigid pavement atau perkerasan kaku yang terbuat dari beton, menahan tekan dan tarik secara bergantian. Untuk meningkatkan kemampuannya dalam menahan tekan dan tarik, maka dilakukan penelitian campuran beton berserat plastik. Plastik memiliki sifat ringan, kuat, mampu menahan tarik, fleksibel, dan tahan terhadap korosi. Hal ini juga dapat membantu mengurangi limbah plastik. Dalam penelitian ini, serat plastik yang digunakan memiliki aspek rasio 37,5; 50; 62,5. Hasil penelitian menunjukkan kuat tekan beton mengalami kenaikan pada serat L/d 62,5 saat umur 28 hari sebesar 27,01 MPa atau meningkat 12,49 % dari beton tanpa serat. Sedangkan pada umur 56 hari, kuat tekan beton tanpa serat sebesar 33,12 MPa dan mengalami penurunan pada campuran serat L/d 37,5; 50; 62,5. Kuat tarik lentur mengalami kenaikan paling optimum pada serat L/d 37,5 saat umur 28 hari sebesar 4,96 MPa atau 25,28% dari beton tanpa serat, sedangkan pada umur 56 hari mengalami peningkatan paling optimum pada serat L/d 37,5 sebesar 5,24 MPa meningkat sebesar 2,16 % dari beton tanpa serat. Umur beton mempengaruhi nilai kuat tekan dan kuat tarik lentur. Kuat tekan dan kuat lentur beton untuk L/d 37,5 pada umur 56 hari mempunyai nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan beton pada umur 28 hari.
Pengaruh variasi alkali aktivator (Na2SiO3 dan NaOH) terhadap kuat tekan beton geopolimer
Putri, Anin Dita Kalsuma;
Al Qubrob, Khodijah;
Nisumanti, Sartika
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 26 No. 2 (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v26i2.64
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh variasi (NaOH dan Na2SiO3) terhadap uji kuat tekan beton geopolimer, menganalisis variasi alkali aktivator yang paling optimal, dan menganalisis pengaruh aktivator pada fly ash sebagai bahan pengikat terhadap pengujian setting time campuran beton geopolimer. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan American Society for Testing and Materials (ASTM). Hasil pengujian kuat tekan beton geopolimer didapat nilai kuat tekan tertinggi yaitu pada BG 12-1 sebesar 15,02 Mpa. Dengan penggunaan alkali aktivator 12 M perbadingan 1:2 (Na2SiO3:NaOH). Untuk pengujian setting time waktu ikat tercepat diperoleh oleh beton geopolimer 12 M dengan perbandingan 1:2 dengan initial time 131 menit dan final time 180 menit. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh alkali aktivator dengan perbandingan larutan NaOH lebih besar dibanding Na2SiO3, lebih berpengaruh terhadap nilai uji kuat tekan beton serta memiliki waktu ikat atau setting time yang cepat.
Pengaruh kinerja waktu dan biaya terhadap munculnya potensi klaim di proyek-proyek pembangkit listrik nasional pada masa pendemi Covid-19
Nugroho, Rudy;
Hardjomuljadi, Sarwono
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 26 No. 2 (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v26i2.97
Tujuan penelitian ini adalah peneliti akan melakukan peninjauan dan analisa sampai sejauh mana kondisi pendemi covid-19 mempengaruhi kinerja biaya dan kinerja waktu pada proyek- proyek pembangkit listrik nasional sehingga memunculkan potensi klaim konstruksi yang berujung pada sebuah sengketa konstruksi. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dimana tahapan yang akan dilaksanakan oleh peneliti dalam rangka mencapai tujuan penelitian ini adalah dengan membuat pertanyaan sebagai pertanyaan penelitian (research question). Peneliti akan melakukan penelitian di beberapa proyek pembangkit listrik baik itu milik perusahaan swasta maupun milik BUMN yang sedang dalam fase proses konstruksi di periode pandemic Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh antara kinerja waktu dan biaya pada masa pandemi covid-19 terhadap munculnya potensi klaim pada proyek-proyek pembangkit listrik nasional. Dampak pendemi Covid-19 mempengaruhi secara dominan penurunan kinerja waktu yang mengakibatkan keterlambatan waktu pada proyek-proyek konstruksi pembangkit listrik nasional. Dampak Pendemi Covid-19 mempengaruhi kinerja biaya sehingga meningkatkan biaya proyek konstruksi pada proyek-proyek konstruksi pembangkit listrik nasional namun tidak dominan atau pengaruhnya tidak sebesar kinerja waktu.