cover
Contact Name
Masdar Helmi
Contact Email
rjiftu@eng.unila.ac.id
Phone
+6281394026283
Journal Mail Official
rjiftu@eng.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung E Fakultas Teknik, Universitas Lampung. Jl. Soemantri Brojonegoro No.1, Gedung Meneng, Kota Bandar Lampung 35145, Indonesia.
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Rekayasa : Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung
Published by Universitas Lampung
ISSN : 08527733     EISSN : 27150747     DOI : https://doi.org/10.23960/rekrjits
Core Subject : Engineering,
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung (RJITS) is a peer-reviewed scientific journal that provides a national platform for the dissemination of research and development in the field of Civil Engineering and related disciplines. The journal focuses on publishing original research articles, technical papers, and case studies that contribute to the advancement of civil engineering theory, practice, and application. The scope of the journal includes, but is not limited to, the following areas: Structural Engineering Analysis, design, construction, materials, and performance of structures such as buildings, bridges, and towers. Geotechnical Engineering Soil mechanics, foundation engineering, slope stability, ground improvement, and geotechnical modeling. Transportation Engineering Planning, design, operation, and management of transportation systems including roads, railways, and traffic engineering. Hydraulic and Water Resources Engineering Hydrology, fluid mechanics, irrigation systems, drainage, flood control, and water supply systems. Construction Engineering and Management Project planning, scheduling, construction methods, cost estimation, and sustainable construction practices. Environmental Engineering Water and wastewater treatment, solid waste management, air pollution control, and environmental impact assessment. Materials in Civil Engineering Development, testing, and application of construction materials such as concrete, asphalt, steel, and composites. Urban and Regional Planning Infrastructure development, smart city planning, and sustainable urban systems. The journal welcomes contributions from academics, researchers, and professionals engaged in civil engineering and aims to foster innovation, knowledge sharing, and practical solutions in the field.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 29 No. 1 (2025): April 2025" : 6 Documents clear
Analisis Tekno Ekonomi Pengembangan Jalur Kereta Api Rencana Areal Terminal Untuk Kepentingan Sendiri Pelabuhan Panjang rania, komang; Kustiani, Ika; Siregar, Amril Ma’ruf
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 29 No. 1 (2025): April 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v29i1.107

Abstract

Lampung merupakan salah satu provinsi yang dilalui oleh jalur kereta api dengan angkutan kereta api andalan yaitu angkutan batubara, bahan bakar minyak, pulp dan penumpang. Rute yang digunakan adalah rute aktif dari Tanjung Enim-Tarahan. Seiring dengan itu, terdapat beberapa jalur kereta api pasif, salah satunya adalah jalur Pidada-Pelabuhan Panjang. Salah satu dampak tingginya kerusakan jalan di Lampung adalah karena angkutan dibawa ke pelabuhan panjang melalui angkutan darat (truk dan kontainer), Sehingga dengan adanya angkutan berupa kereta api ini, dapat mengurangi kerusakan jalan dan pencemaran lingkungan. Tujuan dilakukan penelitian ini antara lain untuk mengetahui, mengkaji, dan menghitung tingkat kelayakan investasi berdasarkan parameter tekno-ekonomi pada pengembangan jalur kereta api pada rencana areal TUKS di Pelabuhan Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data gambar teknis, RAB, Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP), serta tarif kereta yang di dapat dari PT. Kereta Api Indonesia Provinsi Lampung. Analisis tekno-ekonomi berupa kelayakan finansial dan ekonomi yang ditinjau menggunakan parameter Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Benefit Cost Ratio (BCR) dan Payback Period (PP). Hasil analisis tingkat kelayakan investasi untuk pengembangan jalur kereta api pada areal TUKS pelabuhan panjang menunjukkan bahwa nilai NPV, IRR, BCR dan PP bernilai positif dan dapat dilanjutkan ketahap perencanaan.
Pengaruh Penambahan Abu Sekam Padi Pada Tanah Lempung Menggunakan Uji Triaksial Tiara, Tiara Ranti Lestari; Nisumanti, Sartika; Amalia, Ghina
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 29 No. 1 (2025): April 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v29i1.115

Abstract

Kota Sekayu sebagian besar dilewati oleh sungai musi, sehingga daerah-daerah yang berada di pesisir sungai musi tanahnya memiliki kandungan air yang tinggi sehingga tegangan efektif menjadi rendah. Tanah lempung yang berkarakteristik sebagai tanah lunak sering kali menimbulkan masalah karena daya dukung yang lemah dan masalah waktu konsolidasi yang lama. Abu sekam padi yang merupakansalah satu limbah yang berasal dari pembakaran batang dan daun padi karena dapat digunakan untuk menaikkan daya dukung tanah. Penelitian ini menganalisis pengaruh penambahan abu sekam padi sebagai campuran dalam stabilisasi tanah sebesar 0%, 8%, 12% dan 16%. Berdasarkan pengujian di laboratorium dengan menggunakan sampel tanah di Jalan Merdeka RT 14 Bawah Alai Kelurahan Balai Agung, Kecamatan Sekayu, Sumatera Selatan. Disimpulkan dari Pengaruh abu sekam padi membuat sudut geser tanah menjadi kecil atau berkurang. Sudut geser tertinggi diperoleh pada saat penambahan abu sekam 8% yaitu sebesar 9,373 kPa. Pada saat penambahan abu sekam padi sebesar 12% dan 16% hasil sudut geser tanah menurun atau mengecil masing- masing 4,651 kPa dan 4,288 kPa. Penambahan variasi pada abu sekam padi memberikan pengaruh pada nilai kohesi (c), secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa nilai sudut geser tanah meningkat seiring dengan semakin rendahnyavariasi pada campuran tanah.
Pengaruh Nilai Durabilitas Dengan Pemanfaatan Aspal Karet Alam Dan Zeolite Dengan Campuran Hangat Pada Lapisan Ac-Wc Saleh, Alfian; Haris, Virgo Trisep; Saleh , Alfian
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 29 No. 1 (2025): April 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v29i1.119

Abstract

Analisis Indeks Kinerja Sistem Irigasi Way Kandis untuk Optimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Air Putra, Muhammad Hakiem Sedo; salsabila, Keysha
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 29 No. 1 (2025): April 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v29i1.121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja sistem irigasi Way Kandis dengan menggunakan pendekatan indeks kinerja, guna mengoptimalkan pengelolaan sumber daya air dan mendukung keberlanjutan pertanian. Metode yang digunakan melibatkan penilaian terhadap enam faktor utama, yaitu prasarana fisik, produktivitas tanaman, sarana penunjang, organisasi personalia, dokumentasi, dan sistem partisipasi masyarakat (IP3A/GP3A/P3A), yang masing-masing diberikan bobot untuk menghitung kontribusinya terhadap kinerja sistem irigasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja sistem irigasi Way Kandis mencapai 55,41% dari bobot maksimum yang diharapkan, dengan kontribusi terbesar berasal dari prasarana fisik (25,17%). Meskipun produktivitas tanaman (9,68%) dan partisipasi masyarakat (7,29%) menunjukkan hasil yang cukup baik, sarana penunjang (1,39%) dan organisasi personalia (9,15%) masih memerlukan perhatian lebih. Penelitian ini merekomendasikan pemeliharaan infrastruktur irigasi yang lebih baik, peningkatan kapasitas SDM, penguatan sarana penunjang, serta peningkatan dokumentasi dan partisipasi masyarakat. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengelolaan sumber daya air yang lebih efisien dan berkelanjutan di wilayah Way Kandis.
Analisis Kinerja Struktur Tunnel Batubara pada Fondasi dengan Lapisan Pasir Longgar di Bawah Timbunan Menggunakan Metode Elemen Hingga Alami, Fikri; Syah, Aminudin
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 29 No. 1 (2025): April 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v29i1.125

Abstract

Analisis stabilitas lereng dan penanganan longsor di Kabupaten Lahat menggunakan HYRCAN Krisdiyanto, Aurelius Silvanno; Syah, Aminudin; Iswan, Iswan; Afriani, Lusmeilia
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 29 No. 1 (2025): April 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v29i1.126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab longsor serta melakukan analisis stabilitas lereng pada longsor di salah satu jalan lintas Kabupaten Lahat sebelum dan setelah diberi perkuatan.  Metode penelitian yang dilakukan adalah survei lapangan, pengumpulan data tanah serta topografi, dan melakukan pemodelan lereng sebelum dilakukan analisis stabilitas. Software HYRCAN menjadi alat bantu dalam menghitung nilai stabilitas lereng dengan metode Morgenstern-Price. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa hujan menjadi faktor pemicu utama terjadinya longsor pada area badan jalan tersebut. Selain itu jenis tanah yang didominasi oleh lempung serta kondisi kemiringan lereng yang curam menjadi faktor lainnya. Hasil analisis stabilitas menunjukkan nilai faktor aman pada kondisi eksisting sebesar 1,288 pada kondisi statis dan 1,013 pada kondisi dinamis. Peningkatan nilai faktor aman terjadi setelah diberi perkuatan, dengan nilai angka aman tertinggi dimiliki perkuatan soil nailing + shotcrete dengan nilai 1,665 pada kondisi statis dan 1,264 pada kondisi dinamis.

Page 1 of 1 | Total Record : 6