cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
ISSN : 14116502     EISSN : 27228649     DOI : -
Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian buku
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 1 (2019)" : 11 Documents clear
Pengaruh Strategi Pembelajaran What’s My Line terhadap Kesadaran Metakognitif Siswa Eka Fitriana Hamsyah
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 20, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.728 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v20i1.13610

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kesadaran metakognitif yang diajar dengan strategi What’s My Line ber-LKS induktif dengan strategi konvensional ber-LKS induktif siswa kelas XI IPA MAN Malakaji Gowa pada materi pokok sistem koloid. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan pretest- posttest control grup design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN Malakaji Gowa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang dipilih secara acak. Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan Analisis Of Covariance (Anacova) dengan bantuan SPSS For Windows 16,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kesadaran metakognitif siswa yang diajar dengan strategi What’s My Line ber-LKS induktif dengan strategi konvensional ber-LKS induktif pada materi pokok sistem koloid dengan signifikansi 0,15. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Kesadaran Metakognitif ABSTRACT The study aimed at examining the difference of meta-cognitive who were taught by using What’s My Line of LKS Inductive strategy and the conventional of LKS Inductive strategy of grade XI IPA students at MAN Malakaji Gowa on Colloid system subject material. This study was a quasi-experiment research which employed pretest-posttest control group design. The population of the study was all grade XI students at MAN Malakaji consisted of 4 classes. Sample were selected randomly and obtained 2 classes, namely grade XI IPA 1 and XI IPA 2. The hypothesis test was analyzed using analysis of covariance (Anacova) supported by SPSS for windows 16.0 program. The result of the study revealed that (1) there was not difference of meta-cognitive awareness of student who were taught by using What’s My Line of LKS Inductive strategy and the conventional of LKS Inductive strategy on Colloid system subject material with the level of significant 0,15. Keywords: learning strategy, meta-cognitive awareness
Peran Akar Kayu Bayur (Pterospermum sp.) Terhadap Fermentasi Nira Aren (Arenga pinnata) Siti Nurlina Mentari; Muhammad Jasri Djangi; Sudding Sudding
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 20, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.964 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v20i1.13621

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran akar kayu bayur terhadap fermentasi nira aren dengan parameter pengukuran yaitu derajat keasaman (pH) dan kadar alkohol. Peran akar kayu bayur (Pterospermum sp.) dapat dilihat dari nilai pH dan kadar alkohol hasil fermentasi nira aren tanpa penambahan akar kayu bayur dengan nira aren menggunakan akar kayu bayur selama proses fermentasi 72 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akar kayu bayur yang ditambahkan pada nira aren berfungsi sebagai pengawet tuak sehingga menyebabkan kadar alkohol hasil fermentasi nira aren bertahan lebih lama pada konsentrasi 4% selama 64 jam serta memperlambat fermentasi alkohol menjadi asam asetat. Kata kunci: Nira aren (Arenga pinnta), Akar kayu bayur (Pterospermum sp), Fermentasi ABSTRACT This research aimed to determine the role of wood root bayur toward the fermentation of sugarpalm nira with measuring parameters, i.e, the degree of acidity (pH) and alcohol content. Role of wood root bayur (Pterospermum sp.) was observed from the pH value and the alcohol content of fermented sugarpalm nira without the addition of wood root bayur compared to the fermented sugarpalm nira using wood root bayur during the 72 hours of fermentation. The results showed that the wood root bayur added to the sugarpalm nira served as nira preservatives, causing the alcohol content of fermented sugarpalm nira last longer at the concentration of 4% for 64 hours and retarding the fermentation of alcohol into acetic acid. Keywords: Sugarpalm nira (Arenga pinnata), wood root bayur (Pterospermum sp.), fermentation
Isolasi dan Identifikasi Senyawa Metabolit Sekunder Ekstrak Etil Asetat Kulit Batang Mangrove Pedada (Sonneratia caseolaris) Ita Hasmila; Muhammad Danial; Netti Herawati
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 20, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.226 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v20i1.13616

Abstract

ABSTRAK Penelitian eksplorasi ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi senyawa metabolit sekunder dari ekstrak etil asetat kulit batang mangrove Sonneratia caseolaris yang diperoleh dari daerah pinggiran Sungai Tallo Kelurahan Paccerakkang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Isolasi dilakukan dalam beberapa tahap yaitu maserasi, partisi, fraksinasi, uji kemurnian dan identifikasi. Hasil penelitian berupa isolat murni berbentuk serbuk berwarna cokelat muda yang terdekomposisi pada suhu 140 0C. Pengujian dengan FeCl3 menunjukkan bahwa isolat positif flavonoid. Hal ini didukung oleh beberapa data spektrum FTIR pada isolat yang menunjukkan bilangan gelombang (cm- 1) yakni: 3380.93 (OH), 2954.95 (OH asam karboksilat), 1697.36 (C=O asam karboksilat), 1606.7 (C=C alkena); 2926.01 dan 2852.72 (CH3 dan CH2); 1359.82 (NO2); 1446.61 (C=C aromatik), 1211.3; 1188.15 dan 1037.7 (C-O alkohol) dan 1107.14 (C−O aril eter). Kata kunci: Isolasi, Etil Asetat, Sonneratia caseolaris, Flavonoid ABSTRACT This exploratory research have aim to isolate and identification the secondary metabolite compound contained in the etil acetate extract bark of Sonneratia caseolaris from Tallo River side, Paccerakkang district, Makassar City, South Sulawesi. Isolation were doned in several stages, were maceration, partitioning, fractionation, purity testing and identification. The result was obtained of pure isolate, it was light-brown powder with decompotition of 1400C. Identification result with FeCl3 test showed this isolate was flavanoid compound. It obtained with data spectrum of infrared result, where isolate showed several wave number (cm-1) were: 3380.93 (OH), 2954.95 (OH acid carboxilate), 1697.36 (C=O acid carboxilate), 1606.7 (C=C alchena); 2926.01 and 2852.72 (CH3 and CH2); 1359.82 (NO2); 1446.61 (C=C aromatic), 1211.3; 1188.15 and 1037.7 (C-O alcohol); 1107.14 (C−O aril eter). Keywords: Isolation, Etil Acetate, Sonneratia caseolaris, Flavonoid
Pengaruh Pemberian Kuis diakhir Pertemuan pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN LAPPARIAJA (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia) Nursafitri Nursafitri; Alimin Alimin; Suriati Eka Putri
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 20, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.806 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v20i1.13622

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kuis pada akhir pertemuan pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN Lappariaja. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran Numbered Heads Together dengan memberikan kuis di akhir pertemuan dan tanpa pemberian kuis pada akhir pertemuan pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together serta variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada materi pokok ikatan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Lappariaja yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa 390 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X7 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas X9 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok ikatan kimia berupa post-test yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh thitung (2.73) > ttabel (1.67) pada ???? ═ 0,05. Disimpulkan bahwa pemberian kuis di akhir pertemuan pada pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN Lappariaja pada materi pokok ikatan kimia. Kata kunci: Kuis, Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa, Ikatan Kimia ABSTRACT The research was a quasi-experimental that aimed to know the effect of Quiz Presentation at the last session of Numbered Heads Together of Learning cooperative toward Students’ Achievement of Class X MAN Lappariaja. The independent variable in this research were Numbered Heads Together learning with Quiz Presentation at the last session and without quiz of Numbered Heads Together of Learning cooperative, the dependent variable was student’s achievement on Chemical Bonding subject matter. The population was class X MAN Lappariaja consisted class 10 with number of 390 students. The sample of this research consisted of two classes, namely class X7 as an experiment class with 30 students and class X9 as a control class with 30 students. The data of the research were gathered by testing the students’ achievement on chemical bonding subject matter for post-test which were analysed by using t-test. Results of inferential statistical analysis were tcalculate (2.73) higher than ttable (1.67) on α ═0.05. Conclude that presenting quiz at the end of the meeting on cooperative Learning Numbered Heads Together gives effected to toward student’s achievement of class X MAN Lappariaja on Chemical Bonding subject matter. Keywords: Quiz, Numbered Heads Together, Student achievement, Chemical bonding
Pengaruh Metode Resitasi dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Makassar (Studi pada Materi Pokok Termokimia) Arnida Yusnalaeni; Ratnawati Maming; Army Auliah
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 20, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.879 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v20i1.13617

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Makassar dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (Studi pada materi pokok termokimia). Desain penelitian yang digunakan adalah “Pretest-Posttest Control Group Design”. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Makassar yang terdiri dari enam kelas. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan teknik class random sampling dengan asumsi bahwa kelas bersifat homogen dan terpilih kelas XI MIA 2 kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Penelitian terdiri dari dua variabel, yaitu pembelajaran kimia dengan metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan tanpa metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest. Tes yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 20 nomor yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Nilai ketuntasan untuk mata pelajaran kimia di SMA Negeri 1 Makassar adalah 77. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 77,17 dan kelas kontrol 76,15 dengan standar deviasi berturut-turut adalah 10,11 dan 8,84 dan ketuntasan sebesar 58,97% dan 48,72%. Hasil pengujian hipotesis menggunakan ANACOVA melalui program SPSS for Windows 20, diperoleh nilai signifikan 0.000. Nilai signifikan 0.000 < α= 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas SMAN 1 Makassar pada materi pokok termokimia. Kata kunci: Metode resitasi, hasil belajar ABSTRACT This study is a quasy experimental that aimed to investigate the effect of recitation method on student achievement MIA class XI student of SMAN 1 Makassar in cooperative learning model Team Assisted Individualization (Studies in the subject matter thermochemical). The study design used is "pretest-posttest control group design". The population is all students of class XI SMAN 1 Makassar MIA consist of six classes. Determination of control class and experimental class conducted by random sampling technique class with the assumption that the class is homogeneous and was elected class XI MIA 2 as experimental class and XI MIA 5 as the control class. The study consisted of two variables, namely learning recitation chemical methods in cooperative learning model Team Assisted Individualization and without a recitation method in a cooperative learning model Team Assisted Individualization as independent variables and the student achievement as the dependent variable. Data were collected by administering a pretest and posttest. The test used is an objective test as many as 20 numbers that have been validated. Data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The value of completeness for chemical subjects in SMAN 1 Makassar is 77. The analysis showed the average value of the experimental class is 77,17 and control class 76,15 with a standard deviation of respectively 10,11 and 8,84 and completeness by 58,97% and 48,72%. The results of hypothesis test using ANACOVA through SPSS for Windows 20, obtained significant value 0.000. Significant value 0.000
Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Makassar Studi pada Materi Pokok Sistem Koloid Ita Purnamasari Z; Anwar Anwar; Iwan Iwan
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 20, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.938 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v20i1.13619

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 1 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI dan model pembelajaran langsung serta variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 1 Makassar pada materi pokok sistem koloid. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA MAN 1 Makassar yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing siswa sebanyak 24 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok sistem koloid berupa post-test. Berdasarkan hasil analisis data Deskriptif diperoleh nilai rata rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 78,75 (SD = 9,90 ) sedangkan kelas kontrol 70,75 (SD = 9,84) dan hasil analisis statistika inferensial diperoleh thitung (3,54) > ttabel (1,682) pada ???? ═ 0,05. Disimpulkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN Makassar studi pada materi pokok sistem koloid. Kata kunci: SAVI , pembelajaran langsung, koloid ABSTRACT The research was a quasi-experimental that aimed to know effect of SAVI (Somatic, Auditory, Visualization and Intelctually) learning model to towards student’s achievement of class XI IPA MAN 1 Makassar. The independent variable in this research was SAVI learning model in experiment class and direct learning in control class and the dependent variable is the student achievement in class XI IPA MAN 1 Makassar study on colloid system. The population was class XI IPA MAN 1 Makassar which consists of 4 classes. The sample consisted of two classes, namely XI IPA 1 as an experimental and XI IPA 2 as the control with sum each as many 24 students. The data was obtained by using student achievement test on koloid system subject matter as posttest. Based on the descriptive data analysis the average values of student achievement class was 78,75 (SD = 9,90) while the control class was 70,75 (SD = 9,84) and inferential statistical analysis show that tcalculate (3,54) > ttable (1,682) on the α ═ 0.05. It was concluded that SAVI (Somatic, Auditory, Visualization and Intelctually) Learning Model had effect to student achievement in class XI IPA MAN 1 Makassar in koloid system subject matter. Keywords: SAVI, direct learning, colloid
Isolasi dan Identifikasi Senyawa Metabolit Sekunder Ekstrak Metanol Kulit Batang Kayu Jawa (Lannea coromandelica (Houtt.) Merr) Jumriati Syam; Muharram Muharram; Maryono Maryono
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 20, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.417 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v20i1.13613

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksplorasi yang bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi senyawa metabolit sekunder dari ekstrak metanol Kulit Batang Kayu Jawa. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu maserasi dengan metanol, partisi dengan n-heksan, fraksinasi, pemurnian, dan identifikasi. Hasil penelitian berupa isolat murni berbentuk serbuk berwarna putih. Isolat memeberikan hasil positif terhadap pereaksi Wagner dan Meyer. Berdasarkan hasil uji pereaksi serta analisa data spektrum IR menunjukkan bahwa isolat yang diperoleh merupakan golongan senyawa alkaloid dengan titik leleh 138,1oC. Kata kunci : lannea coromandelica (Houtt) Merr, senyawa alkaloid ABSTRACT This study is exploratory research that aimed to isolate and identifie the secondary metabolite compound from methanol extract of Kayu Jawa bark. This research was carried out in several steps, they were maceration with methanol, partition with n-hexane, fractination, purification and identification. The result was pure isolate in white powder. The isolate gave positive result to both wagner and meyer reagent test. Based on reagent test and IR spectral data analysis showed that isolate is group of alkaloid compounds with a melting point 138,10C. Keywords : lannea coromandelica (Houtt) Merr, alkaloid compound
Kapasitas Adsorpsi Arang Aktif Kulit Buah Kakao (Theobroma Cacao L) terhadap Kromium (Cr) Total Radiyawati Radiyawati; Diana Eka Pratiwi; Muh. Yunus
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 20, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.287 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v20i1.13620

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu kontak optimum, dan kapasitas adsorpsi arang aktif kulit buah kakao terhadap Cr total. Penentuan kadar air dan kadar abu arang aktif kulit buah kakao menggunakan metode gravimetri, waktu kontak optimum menggunakan metode batch dengan variasi waktu yaitu 10, 20, 40, 60 dan 120 menit dan penentuan kapasitas adsorpsi menggunakan pola isotherm Freundlich dan Langmuir dengan variasi konsentrasi Cr 10, 25, 50, 75, dan 100 ppm. Banyaknya konsentrasi Cr total yang terserap diukur menggunakan Spektrofotometer Serepan Atom (SSA). Hasil penelitian yang diperoleh berupa kadar air sebesar 7,74%, dan kadar abu sebesar 8,76%. Waktu kontak optimum tercapai pada menit ke-40 dengan mengikuti pola isotherm Freundlich dengan kapasitas adsorpsi sebesar 0,0129 mg/g. Kata kunci: Adsorpsi, Arang aktif, Cr total, Kapasitas adsorpsi ABSTRACT The aims of this study was to know optimum contact time and adsorption capacity of cacao shell (Theobroma cacao L) activated charcoal towards total chromium (Cr). Determination of water and ash content use gravimetric method, optimum contact time use batch method with variation time of 10, 20, 40, 60 and 120 minutes, and adsorption capacity by use isotherm absorption of Freundlich and Langmuir with metal variation concentration of 10, 25, 50, 75, and 100 ppm. The amount of Cr total adsorpted was measured by using Atomic Absorption Spectrophotometers (AAS). The results of research obtained water content of 7.74% and ash content of 8,76%. The optimum contact time achieved in 40 minutes which follow isotherm absorption of Freundlich with adsorption capacity of 0,0129 mg/g. Keywords: Adsorption, Active charcoal, Cr total, Adsorption capacity
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 8 Bulukumba (Studi Pada Materi Pokok Reaksi Oksidasi-Reduksi) Pebri Ramdani; Sumiati Side; Ramdani Ramdani
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 20, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.023 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v20i1.13615

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 8 Bulukumba studi pada materi pokok reaksi oksidasi-reduksi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan “pretest posttest design”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 8 Bulukumba yang terdiri dari lima kelas. Dari populasi diambil sampel secara acak sehingga terpilih kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing- masing 34 orang. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran langsung, serta variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada pretest dan posttest berturut-turut yaitu 28,56 dan 73,21 dengan rata-rata N-Gain 0,6250. Kelas kontrol yaitu 27,14 dan 67,5 dengan rata-rata N-Gain 0,5536. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 4,059 pada taraf signifikan α = 0,05 dan diperoleh ttabel = 1,668. Oleh karena thitung > ttabel menunjukkan bahwa H0 ditolak atau H1 diterima. Ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 8 Bulukumba pada materi pokok Reaksi Oksidasi- Reduksi. Kata kunci: TAI, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar, N-Gain ABSTRACT This research aims to determine the effect of cooperative learning model type Team Assisted Individualization (TAI) toward Learning Outcomes of Students Class X MIA at SMA Negeri 8 Bulukumba studies on oxidation-reduction reaction. This research is a quasi- experimental research that using "Pretest-Posttest Design". The population in this research are all class X SMA Negeri 8 Bulukumba which consists of 5 classes. From the population is taken random sample which X MIA 4 as an experiment class and X MIA 5 as an control class with 34 students in each class. Experiment class learned using cooperative learning model type of TAI and the control class learned using direct instruction model. The independent variable in this research are cooperative learning model type TAI and direct instruction model. The dependent variable is the learning outcomes. Gathering data of learning outcomes is conducted by giving a pretest and posttest. Learning outcome data are analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The average students learning outcomes in the experiment class at pretest and posttest are 28.56 and 73.21, respectively and average N-Gain is 0.6250. The average students learning outcomes in the control class at pretest and posttest are 27,14 and 67.5, respectively and average N-Gain is 0.5536. The results of hypothesis testing using t-test obtained tcount = 4.059 at level α = 0.05 significance and obtained ttable = 1.668. Therefore, tcount > ttable that show H0 is rejected or H1 is accepted. There are significance effect of cooperative learning model type Team Assisted Individualization (TAI) toward Learning Outcomes of Students Class X MIA at SMA Negeri 8 Bulukumba on oxidation-reduction reaction. Keywords: TAI, Direct Instruction, Learning Outcomes, N-Gain
Uji Stabilitas Pigmen Merah Antosianin Dari Daun Jati Muda (Tectona grandis Linn f) terhadap pH sebagai Pewarna Alami Surianti Surianti; Halimah Husain; Sulfikar Sulfikar
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 20, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.817 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v20i1.13623

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksplorasi yang bertujuan untuk mengetahui kestabilan pigmen merah antosianin dari daun jati muda (Tectona grandis Linn f) terhadap pH. Daun jati muda diperoleh dari perkebunan jati Dusun Bera, Desa Laringgi, Kec. Marioriawa Kab.Soppeng. Penelitian ini menggunakan metode maserasi dengan pelarut asam sitrat 10% dalam aquades (1:5), kestabilannya diuji dengan menggunakan pH 1, 3, 5 dan 7 yang ditinjau secara visual perubahan warna dan spektroskopi UV-Vis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak pigmen warna antosianin pada pH 1 secara visual berwarna kuning, pH 3 berwarna merah, pH 5 dan pH 7 berwarna oranye. Hasil spektrofotometri menunjukkan λmaks warna oranye yaitu 418,10-461,70 nm. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh, disimpulkan bahwa pigmen merah antosianin dari daun jati muda kemungkinan stabil pada pH 3. Kata kunci: stabilitas antosianin, daun jati, pH ABSTRACT This research was an exploratory research that aimed to determine the stability of the anthocyanin red pigment from young leaf of teak (Tectona grandis Linn f) toward pH. Young teak leaf was obtained from teak garden Dusun Bera, Desa Laringgi, Kec. Marioriawa, Kab. Soppeng. This research used maceration method using 10% citric acid solvent in distilled water (1: 5), its stability was examined using a pH of 1, 3, 5 and 7 which reviewed its colourly change spectroscopy of UV-Vis. The resulted that the red pigment extracts in pH 1 visually yellow colour, pH 3 red, pH 5 and pH 7 orange. The spectrofotometry resulted of orange λmaks colourly. Was 418.10-461.70 nm.Based on research data obtained, concluded that the anthocyanin red pigment from young leaf of teak was maybe stable at pH 3. Keywords: stability of anthocyanin, teak leaf, pH

Page 1 of 2 | Total Record : 11