cover
Contact Name
Nehru Ahmad
Contact Email
nehrumillatahmad@gmail.com
Phone
+628112578882
Journal Mail Official
istifkar@stikkendal.ac.id
Editorial Address
Desa Jambearum, Jl. Raya Soekarno-Hatta Jambearum Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal Jawa Tengah 51319
Location
Kab. kendal,
Jawa tengah
INDONESIA
Istifkar: Media Transformasi Pendidikan
ISSN : 19792794     EISSN : 26556634     DOI : https://doi.org/10.62509/ji.v5i2
Core Subject : Religion, Education,
ISTIFKAR: Media Transformasi Pendidikan merupakan jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Islam Kendal yang fokus pada kajian pendidikan diantaranya mengenai; 1) Ilmu Pendidikan Islam, 2) Kurikulum Pendidikan Islam, 3) Evaluasi Pendidikan Islam, 4) Psikologi Pendidikan, 5) Filsafat Pendidikan, 6) Metode Pembelajaran dan Pengajaran, 7) Kajian Pendidikan Pesantren 8) Kajian Pendidikan Madrasah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2021): Istifkar: Media Transformasi Pendidikan" : 6 Documents clear
PENDEKATAN PENDIDIKAN DALAM STUDI ISLAM Labib, Ahmad
Istifkar: Media Transformasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Istifkar: Media Transformasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Islam Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62509/ji.v1i1.19

Abstract

In studying Islam, several approaches can be used, one of which is the educational approach. The educational approach in Islamic studies is one of the paradigms or one's point of view used in interpreting Islamic values through education with a focus on forming a complete human being and having faith in Allah SWT. Without an approach, it will be very difficult for everyone to understand and understand. The method used in this research is to use library research or library research which takes several references or libraries according to the themes discussed. The discussion of the educational approach in Islamic studies or studies is inseparable from the approach of moral education because actually in Islam or what is contained in the Qur'an or the hadith of the Prophet Muhammad himself has taught or described education whose educational orientation is to achieve goodness or happiness. in this world and the hereafter. And among the moral or moral education that can be achieved is the cultivation of values, cognitive moral   development, value analysis, value explanation, affection approach and cooperative learning approach.
UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS Rosidin
Istifkar: Media Transformasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Istifkar: Media Transformasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Islam Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62509/ji.v1i1.20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MTs. NU 04 Muallimin Weleri di Kabupaten Kendal provinsi Jawa Tengah. Peningkatan kompetensi guru dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan strategi siklus yang dilakukan dengan tahapan dari identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan identifikasi masalah bahwa masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam menyusun PTK dan melaksanakannya di kelas. Lemahnya kemampuan mereka dalam menyusun PTK disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan atau pemahaman mereka tentang PTK secara praktek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan evaluasi. Dalam pelatihan menunjukkan bahwa para guru berpartisipasi aktif untuk memiliki keseriusan, kemauan, dan motivasi yang tinggi untuk mengembangkan penelitian tindakan kelas. Dalam meningkatkan keberhasilan pada proses pembelajaran salah satunya melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Manfaat PTK di antaranya adalah membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran, meningkatkan profesionalisme guru dan meningkatkan kompetensi guru. Kegiatan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ini memberikan dampak terhadap peningkatan pengetahuan yang signifikan tentang pemahaman penelitian tindakan kelas, pengolahan dan analisis data penelitian tindakan kelas. Hasil akhir dalam penelitian ini adalah proses pelatihan memberikan manfaat bagi guru, yaitu dapat meningkatkan pemahaman guru pada Penelitian Tindakan Kelas, menumbuhkan motivasi dalam menyusun PTK dan melaksanakan PTK, serta bagi sekolah dapat meningkatkan kinerja sekolah melalui peningkatan profesionalisme guru. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan guru di sekolah lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru melalui Penelitian Tindakan Kelas.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI KEDISIPLINAN DI SDN 1 KADILANGU makromah, umi
Istifkar: Media Transformasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Istifkar: Media Transformasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Islam Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62509/ji.v1i1.24

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi sekolah terutama mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Kadilangu Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal tahun 2016/2018. Pelaksanaan kegiatan terbaik ini puncaknya ditahun 2018 sebelum masa pandemi Covid-19. Mengamati prestasi dan sikap kedisiplian peserta didik yang masih rendah. Prestasi sekolah belum nampak baik PAI maupun mata pelajaran lainnya. Pelatihan, kedisiplinan dan pemanfaatan watu di pagi hari pelatihan terhadap peserta didik belum optimal. Pada tahun 2016 SDN 1 Kadilangu memiliki jumlah 194 peserta didik. Prestasi sekolah 2016 meraih 8 kejuaraan, 5 dari mata pelajran PAI dan 3 dari mata pelajaran lainnya. Sekolah yang maju dapat dilihat dari prestasi sekolah, prestasi yang rendah, akan berdampak buruk bagi sekolah. Kedisiplinan, peran serta para pendidik dan kepala sekolah merupakan komponen yang sangat mendukung dalam mewujudkan prestasi di SDN 1 Kadilangu  sesuai yang direncanakan. Kedisiplinan peserta didik perlu ditanamkan sejak dini dan harus menjadi perilaku sehari-hari baik di sekolah, di rumah, dan dimana saja. Manfaat kedisiplinan yang diterapkan di SDN 1 Kadilangu: 1) dapat meningkatakn prestasi sekalah baik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam maupun mata pelajaran yang lain. 2) mengembangkan potensi sekolah lebih maju lagi. 3) sikap disiplin warga sekolah semakin meningkat. 4) warga sekolah  terbentuk karakter yang positif. Kedisiplinan dapat meningkatan prestasi.sekolah, terutama mata pelajaran PAI berhasil menjadi juara umum tingkat Kecamatan pada lomba Mapsi tahun 2018 yang meraih 14 kejuaraan. Dan masih ada kejuaraan lainnya hingga dalam 1 tahun meraih 19 kejuaraan. Peningkatan kedisiplinan. peserta didik dapat dilihat pada kesehariannya  disekolah seperti: 1) Dalam pembelajaran dikelas. 2) Dalam Kegiatan upacara bendera 3) Dalam Kegiatan pembiasaan pagi membaca surat pendek juz amma dan salim (berjabat tangan) dengan guru 4) Dalam mengikuti latihan ekstrkurikuler 5) Dalam kebersihan lingkungan sekolah.
KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KISAH LUQMAN (APLIKASI INTERTEKSTUALITAS JULIA KRISTEVA Q.S. AL-LUQMAN AYAT 12-19) Ahmad, Nehru Millat
Istifkar: Media Transformasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Istifkar: Media Transformasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Islam Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62509/ji.v1i1.40

Abstract

Berkembangnya suatu zaman atau pesatnya era globalisasi sangat berpengaruh pada aktifitas manusia dalam interaksi kepada sesama. Peristiwa tersebut yang menimbulkan berbagai dampak yang terjadi. Salah satu dampak yang sering marak terjadi yaitu terkait merosotnya moral dan akhlak terpuji. Dalam penelitian ini, kajian yang akan difokuskan mengenai bagaimana umat Islam selalu menjalani perkembangan zaman dengan berdasarkan nilai yang terkandung dalam al-Qur`an. Dengan judul konsep akhlak dalam kisah Luqman, diharapkan akan diambil sebuah pelajaran bagi orang tua dalam mendidik anaknya sejak usia dini. Pada penelitian ini, menganalisa konsep akhlak yang terdapat dalam al-Qur`an menggunakan toeri intertekstualitas yang dikemukan oleh Julia Kristeva. Adapun dalam penelitian ini termasuk kedalam kategori pustaka, yang mana sumber yang dihasilkan dari berbagai tulisan mengenai tema yang dikaji. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Nilai-nilai pendidikan akhlak yang tercantum dalam surat Al Luqman ayat 13-19 antara lain Pendidikan Akhlak Kepada Allah (Ketauhidan), Bersyukur kepada Allah, Melaksanakan Shalat, Amar ma’ruf nahi munkar (termasuk berbakti pada orangtua).
PENERAPAN MARKETING MIX DALAM STRATEGI REKRUITMEN SISWA BARU SEKOLAH BERBASIS PESANTREN Suciptono
Istifkar: Media Transformasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Istifkar: Media Transformasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Islam Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62509/ji.v1i1.56

Abstract

Every school must always try to be exist, develop, and be able to progress for next era. So schools need to determine and implement strategies or methods, as well as carry out marketing activities. Educational services marketing activities carried out by schools can change people's assessment of school quality in the long run and are a way to build the school's image as a whole. Seeing the current phenomenon, schools at least prepare an unusual strategy for marketing educational services, one of which is by trying new techniques and business-based marketing strategy in educational institutions, namely the marketing mix. Based on the data presentation and discussion, it can be found and described the marketing strategy for Islamic boarding school-based education services in increasing customer loyalty. It was found that educational services marketing strategy planning in increasing customer loyalty was arranged in the school public relations program and school strategic plan. Next is the implementation of educational services marketing strategy in increasing customer loyalty. In its implementation, this is done by providing excellent service, good relations between schools and customers of education services as well as publication of unique school learning, namely module-based with reference to the Islamic boarding school-based curriculum.
METODE PENDIDIKAN PRESPEKTIF MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI Nurfaizah; Nur Mahmudi Ismail
Istifkar: Media Transformasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Istifkar: Media Transformasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Islam Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62509/ji.v1i1.57

Abstract

Tujuan penelitian ini, ingin mengetahui konsep, metode dan relevansi pendidikan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftip dengan menggunakan studi pustaka (library research). Hasil penelitian ini Konsep pendidikan islam Athiyah Al-Abrasyi dalam kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah Wafalasifatuha pendidikan Islam memeliki prinsip kebebasan dan kesempatan yang sama dalam pembelajaran. Metode yang ditawarkan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi yaitu: (1) Tidak ada pembatasan umur (2) Tidak ada batasan lamanya belajar (3) Berbedanya cara yang digunakan dalam memberikan pelajaran; (4) Dua ilmu jangan dicampur adukan (5) Menggunakan contoh yang dapat dicapai dengan panca indera (6) Memperhatikan pembawaan anak dalam beberapa mata pelajaran (7) Memulai dengan pelajaran bahasa arab kemudian pelajaran al-Qur’an; (8) Pengertian terhadap pembawaan insting anak-anak (9) Permainan dan hiburan; (10) Mendidik perasaan. Selanjutnya Relevansi Pendidikan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi dan Pendidikan Nasional tidaklah semata-mata hanya pembelajaran di dalam kelas, tetapi bagaimana cara peserta didik mendapat sesuatu hal yang baik dari proses pembelajaran, seperti kedekatan psikologis dan emosional antara guru dan peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 6