Mutiara Guru: Jurnal Model Pembelajaran
Mutiara Guru: Jurnal Model Pembelajaran (e-ISSN: 3030-9980) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Pada tanggal 20 November 2023, jurnal Mugu memperoleh e-ISSN dengan Nomor 3030-9980, dengan SK No. 30264790/II.7.4/SK.ISSN/11/2023 yang berlaku untuk terbitan online. Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian dan karya ilmiah dengan cakupan pendidikan dan pembelajaran yang berfokus pada hasil penelitian yang mengeksplorasi, mengembangkan, dan mengevaluasi model pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar, menengah, hingga perguruan tinggi. Jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Nusantara, Bandung. Focus and Scope Focus Jurnal Mutiara Guru berfokus hasil penelitian yang mengeksplorasi, mengembangkan, dan mengevaluasi model pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar, menengah, hingga perguruan tinggi. Scope Berikut adalah contoh beberapa tema mengenai model-model pembelajaran, namun tidak terbatas pada: Model Pembelajaran Inovatif Pengembangan dan penerapan model pembelajaran seperti blended learning, hybrid learning, project-based learning, problem-based learning, flipped classroom, research-based learning. Model pembelajaran yang mendorong keterampilan abad ke-21: berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, dan lain-lain. Integrasi Teknologi dalam Model Pembelajaran Pemanfaatan teknologi digital, kecerdasan buatan (AI), analitik pembelajaran (learning analytics), integrasi VR/AR, dan lain-lain dalam mendukung proses pembelajaran. Inovasi model pembelajaran berbasis platform digital yang interaktif, kolaboratif, inklusif, dan lain-lain. Evaluasi dan Dampak Model Pembelajaran Analisis efektivitas model pembelajaran terhadap capaian belajar, keterampilan, karakter peserta didik. Perbandingan antara model pembelajaran konvensional dan inovatif. Dampak penerapan model pembelajaran terhadap motivasi, keterlibatan, kesiapan kerja lulusan, dan lain-lain.
Articles
5 Documents
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Studi Pada Kelas IX SMP Negeri 2 Soreang)
Permana, Deri;
Nurhafifah, Niftah
Mutiara Guru: Jurnal Model Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Mutiara Guru: Jurnal Model Pembelajaran (June)
Publisher : LPPM Universitas Islam Nusantara
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30999/mugu.v1i1.2619
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IX-H Semester Gasal SMP Negeri 2 Soreang tahun pelajaran 2022/ 2023. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Desember 2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-H sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes tertulis. Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir soal tes, dan dokumen daftar nilai. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Pengamatan, dan (4)Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, nilai bahasa Inggris rata-rata prestasi belajar bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 69,90, pada siklus I sebesar 74,18 dan pada siklus IIsebesar 80,12 Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitusebelum tindakan sebesar 56,25%, siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 87,5%.Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar membaca teks report bahasa Inggris siswa kelas IX-H Semester Gasal SMP Negeri 2 Soreang tahun pelajaran 2022/ 2023”.
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIFE STAD (Penelitian pada siswa kelompok B lembaga PAUD Nurul Huda Kutawaringin Bandung)
Hayati, Ai;
Nur, Meli Baetika
Mutiara Guru: Jurnal Model Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Mutiara Guru: Jurnal Model Pembelajaran (June)
Publisher : LPPM Universitas Islam Nusantara
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30999/mugu.v1i1.2622
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar anak usiadini setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD) pada anak kelompok B di salah satu TK di Kabupaten Bandung Tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmisdan MC Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian berjumlah 12 anak. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar anak dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pada siklus I sebesar 56%, pada siklus II menjadi 69.8%. maka sesuai dengan taraf ketuntasan tindakan bahwa 51-75% berada pada kualifikasi baik dan pelaksanaan tindakan dinyatakan berhasil.Kata kunci: STAD, Motivasi Belajar, Anak Usia Dini.
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN STRUKTUR BAHASA
Apriani, Iit Lita
Mutiara Guru: Jurnal Model Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Mutiara Guru: Jurnal Model Pembelajaran (June)
Publisher : LPPM Universitas Islam Nusantara
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30999/mugu.v1i1.2654
Penelitian ini didasarkan pada pentingnya suatu evaluasi dalam pembelajaran. Evaluasi dibutuhkan untuk memonitor keberhasilan pembelajar dan pengajar dalam mencapai tujuannya. Sehingga pembelajar bisa mengetahui sejauh mana pemahamannya terkait materi yang dipelajari. Sedangkan pengajar bisa mengetahui keefektifan pendekatan, model, dan metode yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan contoh instrumen penilaian pengetahuan bahasa yang berfokus pada struktur bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka. Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu contoh instrumen pengetahuan bahasa berupa tes tulis, yang dilengkapi dengan pembuatan soal, kunci jawaban, serta rubrik penilaian.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK BERBANTUAN 3D PAGEFLIP PROFESIONAL PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI
Hayati, Nur
Mutiara Guru: Jurnal Model Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Mutiara Guru: Jurnal Model Pembelajaran (June)
Publisher : LPPM Universitas Islam Nusantara
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30999/mugu.v1i1.2668
purpose of writing this article is to (1) describe the meaning of teaching materials (2) describe the professional 3D phageflip e-book application (3) describe the discussion of research results using the learning device development model, namely the ADDIE model which includes five things, namely: Analysis, design , development, implementation, and evaluation. This research uses a descriptive descriptive method that does not require statistics. This method is carried out by collecting library data and then studying it. E-Module Development Digital teaching materials using e-book teaching materials assisted by 3D Pageflip Professional in Indonesian subjects were developed through research and development (R&D) research. The process of developing e-book teaching materials is assisted by 3D Pageflip Professional. carried out through several stages before producing learning media that is good and suitable for use in the learning process to achieve the minimum completeness criteria (KKM). Teaching materials using e-books assisted by 3D Pageflip Professional are new innovations to facilitate the learning process and receive positive responses from students because they simplify the learning process. This shows that learning using 3D Pageflip Professional assisted teaching materials can be a solution in the learning process.
Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas melalui Diskusi Kelompok Kecil
Karnelis, Karnelis
Mutiara Guru: Jurnal Model Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Mutiara Guru: Jurnal Model Pembelajaran (June)
Publisher : LPPM Universitas Islam Nusantara
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30999/mugu.v1i1.2737
Rumusan masalah dalam penelitian tindakan sekolah ini yaitu Apakah dengan diterapkannya model forum diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan guru TK Seroja dan TK Bunga Bangsa dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung? Bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran forum diskusi kelompok kecil di TK Seroja dan TK Bunga Bangsa Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung? Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada pra siklus yaitu 63 meningkat menjadi 76.66 terjadi peningkatan sebesar 13.66 ketika dilanjutkan pada siklus II terjadi peningkatan lagi sebesar 7.66 menjadi 84.33, indikator keberhasilan penelitian yaitu 80. Penerapan forum diskusi kelompok kecil yang dilakukan oleh pengawas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas ini di buktikan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat berjalan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan hasil berupa laporan penelitian tindakan kelas dari seluruh guru. Terjadinya peningkatan pada aktivitas Guru TK dalam pelaksanaan PTK yaitu pada siklus I sebesar 75% menjadi 100% terjadi peningkatan sebesar 25%. hasil tersebut menandakan keberhasilan peneliti dalam menerapkan diskusi kecil pada penelitian tindakan kelas.