cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
ISSN : 18295797     EISSN : 25499475     DOI : 10.21831
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 2 (2018): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial" : 10 Documents clear
Peran pengasuhan dalam pembentukan perilaku siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Galih Nugraheni; Darmiyati Zuchdy
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 15, No 2 (2018): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.007 KB) | DOI: 10.21831/socia.v15i2.22672

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) pengasuhan orang tua siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, (2) perilaku siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan (3) peran pengasuhan orang tua siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dalam pembentukan perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Desember 2014, dengan siswa sebagai subjek penelitian. Peneliti menggali informasi sampai pada titik jenuh menggunakan snowball sampling. Pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian menggunakan teknik informant review dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pengasuhan orang tua yang mengedepankan komunikasi tidak didukung lingkungan yang baik menyebabkan perilaku anak tidak baik. Pengasuhan yang cenderung mengarah ke penekanan tidak didukung lingkungan yang baik akan menyebabkan perilaku anak tidak baik. Apalagi pengasuhan yang memberi kebebasan tidak didukung dengan lingkungan yang baik otomatis akan menyebabkan anak yang tidak baik. Pendidikan IPS khususnya sosiologi berperan sangat penting dalam memperbaiki perilaku menyimpang terhadap remaja di sekolah, serta berperan strategis dalam mewujudkan perilaku yang baik.
Diversitas persepsi masyarakat terhadap pendidikan Fajar Wahyudi Utomo; Risma Sugihartati
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 15, No 2 (2018): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.479 KB) | DOI: 10.21831/socia.v15i2.22678

Abstract

Persepsi masyarakat tentang sesuatu hal dapat berbeda berdasarkan pengalaman baik yang dialami secara pribadi maupun kolektif. Dalam penelitian ini fokus utama adalah melihat dan mendeskripsikan secara mendalam, beragam persepsi yang ada khususnya pada masyarakat gang Mundu. Jarak yang tidak seberapa jauh dengan Kampus Gedong Unindra dapat menghasilkan beragam persepsi masyarakat mengenai pendidikan. Persepsi tidak hanya sekedar berbentuk opini, melainkan dapat terwujud dalam suatu aktivitas yang didorong oleh suatu keinginan yang ada dalam diri manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati dan mewawancarai sampel representatif yakni warga masyarakat Gang Mundu. Penelitian ini berusaha mengungkap serta menggambarkan berbagai macam persepsi yang dimiliki masyarakat Gang mundu dengan harapan dapat bermanfaat sebagai bahan refleksi kampus Gedong UNINDRA. Hasil riset di lapangan menemukan terdapat berbagai keberagaman persepsi yang dimiliki oleh masyarakat Gang Mundu. Persepsi tersebut terbagi menjadi beberapa pola. Pola – pola tersebut antara lain, pola sosial, pola ekonomi dan pola akademik. Berbagai macam pola ini tentunya tercipta sebagai hasil hubungan timbal balik antara masyarakat Gang Mundu dengan hadirnya Kampus Gedong UNINDRA. Lebih jauh, hubungan timbal balik yang terjadi bukan sekedar persepsi yang tercipta dari hasil tangkapan indera saja melainkan hasil dari interaksi yang sulit dari kegiatan seleksi, penyusunan dan penafsiran.
Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn Sri Purwanti; Abdul Gafur
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 15, No 2 (2018): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.158 KB) | DOI: 10.21831/socia.v15i2.22673

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achivement Divisions (STAD). Teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrument, observasi, angket dan soal tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif untuk motivasi belajar serta angket dan kuantitatif untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar. Dilihat dari kondisi awal siswa yang mencapai kriteria sangat aktif hanya 17,6%, kemudian bertambah menjadi 20,6% pada siklus 1, kemudian pada siklus kedua bertambah menjadi 58,8% dan di akhir siklus menjadi 91,2%. Sedangkan dalam hasil belajar,  pada tes awal belum ada atau (0%) siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan  Minimal (KKM) yaitu telah meraih nilai 75 ke atas, setelah tindakan  siklus pertama ada peningkatan 47,1% siswa.
Motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fahlia Fahlia; Endang Mulyani
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 15, No 2 (2018): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.736 KB) | DOI: 10.21831/socia.v15i2.22679

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berwirausaha mahasiswa dan perbedaan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Samawa dilihat dari pendidikan, pekerjaan dan pendapatan orang tua. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Samawa dan  sampel penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2014 sebanyak 49 orang yang dipilih dengan teknik  probability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik paramatrik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Samawa berada pada ketegori sedang (cukup kondusif) dengan persentase  (60,46%), (2) tidak ada perbedaan motivasi berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi dilihat dari pendidikan orang tua antara tamatan diploma/sarjana, tamatan SMA/SMK/MA/Sederajat dan SMP/MTs/Sederajat dengan nilai signifikansi (p: 0,925 0,05), (3) ada perbedaan motivasi berwirausaha mahasiswa pendidikan dilihat dari pekerjaan orang tua antara wirausaha dan non wirausaha dengan nilai signifikansi (p: 0,000 0,005), (4) tidak ada perbedaan motivasi berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi dilihat dari pendapatan orang tua antara pendapatan tertinggi, pendapatan sedang dan pendapatan terendah dengan nilai signifikansi (p: 0,9250,05).
Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa Madrasah Tsanawiyah Yusuf Kurniawan; Ajat Sudrajat
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 15, No 2 (2018): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.476 KB) | DOI: 10.21831/socia.v15i2.22674

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa di MTs YAPI Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Analisis data menggunakan analisis model yang dikembangkan oleh Miles Huberman. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1. Teman sebaya memiliki berbagai peran penting bagi siswa MTs YAPI Pakem, yaitu: a. memberikan dukungan terhadap siswa, b. mengajarkan berbagai keterampilan sosial, c. menjadi agen sosialisasi bagi siswa, dan d. menjadi model atau contoh berperilaku bagi siswa lain. 2. Teman sebaya memiliki peran dalam membentuk berbagai karakter siswa, yaitu religius, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, bersahabat, peduli lingkungan, peduli sosial, membangkang, dan agresif.
Strategi KPU Kabupaten Bogor dalam Meningkatkan Partisipasi pada Pemilihan Umum Tahun 2019 Triana Pertiwi; Siti Rahmawati
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 15, No 2 (2018): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.412 KB) | DOI: 10.21831/socia.v15i2.21962

Abstract

Strategy of The General Election Commission (KPU) of Bogor Districts in Raising The Voters Participation on General Election 2019. The citizen's participation in politics that can be measurable is the citizen's behaviour in the election. The low level of participation is considered as an unfavourable sign that the government only serves the interest of some groups. The General Election Commission (KPU) as the election conventions plays a critical role as the facilitator between the candidates and the voters, they have to ensure the access of information and all the society's information necessities. Therefore, it needs to have the right strategy in raising the voters participation. The purpose of this research is to identify factors of the internal and external environments in raising the voters participation, to formulate the alternative strategies based on the internal and external factors and to define the right strategy that can be implemented by The General Election Commission (KPU) of Bogor districts. The research sample is chosen by using the nonprobability sampling method with a certain considerations (purposive sampling). The research methodology uses analysis of the IFE matrix, EFE matrix, IE matrix, SWOT and QSPM as the final decision the research resulting the main strategy that can be implemented, which is composing decisions the technique of election convention that is customized with Bogor district condition which based on the rules of regulations
Efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar Geografi berdasarkan locus of control di SMA Kota Palembang Cintami Cintami; Mukminan Mukminan
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 15, No 2 (2018): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.714 KB) | DOI: 10.21831/socia.v15i2.22675

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar geografi berdasarkan locus of control di SMA Kota Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment. Teknik analisis data menggunakan analisis two way anova. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan locus of control terhadap hasil belajar kognitif sehingga outdoor study lebih efektif untuk peserta didik bertipe extrovert dan outdoor study tidak efektif untuk peserta didik bertipe introvert, dan 2) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan locus of control terhadap sikap peduli lingkungan sehingga outdoor study lebih efektif untuk peserta didik bertipe extrovert dan outdoor study tidak efektif untuk peserta didik bertipe introvert.
Pengembangan profesionalisme guru IPS Akh. Syaiful Rijal
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 15, No 2 (2018): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.593 KB) | DOI: 10.21831/socia.v15i2.22677

Abstract

Profesionalisme guru dalam proses pendidikan merupakan salah satu kunci penting kesuksesan belajar siswa. pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. tulisan ini bertujuan untuk menemukan makna eksistensi pendidik atau guru bidang IPS yang profesional. Metode yang digunakan menggunakan bersifat anilisis deskriptif. Dari hasil kajian tersebut disimpulkan bahwa guru profesional adalah mereka yang telah memenuhi persyaratan, di antaranya, (1) Guru IPS harus berpegang teguh pada kode etik keguruan sebagai acuan dalam melakukan tugas dan fungsinya; (2) Guru IPS memiliki klien atau obyek layanan yang tetap seperti dokter dengan pasiennya, (3) Diakui oleh masyarakat karena memang diperlukan jasanya di masyarakat.
Analisis model pembelajaran ARIAS dalam seting berbagai tipe kolaboratif bagi peningkatan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran MBS di PGSD FIP UNIMED Efendi Manalu; Ease Arent
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 15, No 2 (2018): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/socia.v15i2.22676

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) motivasi belajar sebelum dan setelah diterapkan model ARIAS dalam setting kolaboratif tipe: TS-TS, Think Pair Share (TPS), Pair Check (PC), dan Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran. (2) implementasi model ARIAS dalam seting kolaboratif tipe: TS-TS, Think Pair Share (TPS), Pair Check (PC), dan Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran, memberi pengaruh yang berlainan terhadap peningkatan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran perencanaan pengajaran PGSD  FIP. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Mahasiswa PGSD semester VI sebanyak 7 rombongan belajar. Dari teknik samplingnya diambil kelas A Reg dan C Eks dan menjadi unit sampel sebanyak 60 orang. Mahasiswa regular maupun ekstensi adalah sama-sama menunjukkan peningkatan motivasi belajar atas model ARIAS melalui pembelajaran kolaboratif tipe TS-TS, TPS, PC, dan CS yang di aktualisasi dalam melakukan aktivitas belajar dalam mata kuliah perencanaan pembelajaran. Akan tetapi intensitasnya dalam perilaku belajar berbeda yaitu lebih aktif mahasiswa regular dibandingkan mahasiswa ekstensi dalam pembelajaran perencanaan pengajaran.
Pengaruh kemandirian belajar, minat belajar, disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa Fitri Rahayu
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 15, No 2 (2018): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/socia.v15i2.22680

Abstract

Penelitian ini meneliti apakah ada pengaruh kemandirian belajar,minat belajar,disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa khusunya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII Di SMPN 2 Pakel tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, produk momen, uji t, uji F dan uji R2 dengan menggunakan bantuan program SPSS 23.0, for windows. Dilihat dari analisis linier berganda dengan hasil kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 1,300 lebih besar dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0,661 nilai signifikan 0,002, minat belajar sebesar 0,738 lebih besar dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0,835  nilai signifikan 0,003, disiplin belajar sebesar 1,466 lebih besar dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0.716 nilai signifikan 0,001 dan lingkungan belajar 0,087 lebih kecil dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0,604 nilai signifikan 0,004.

Page 1 of 1 | Total Record : 10