cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 7 (2018)" : 20 Documents clear
ESTIMASI DALAM PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL PADA KELAS IV DI SD KHADIJAH 3 SURABAYA AZIZAH FAHMI, NUR; MARIANA, NENI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 7 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui estimasi dalam pemecahan masalah aritmatika sosial pada kelas IV. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Peneliti memilih subjek penelitian yaitu guru dan tiga peserta didik dengan kategori berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah yang dipilih berdasarkan penilaian harian dan tes matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memilih Rounding strategy dalam pembelajaran estimasi dan menggunakan model pembelajaran Role playing serta media pembelajaran berupa video. Sedangkan peserta didik berkemampuan matematika tinggi telah melaksanakan seluruh tahapan pemecahan masalah polya dengan baik. Begitu pula dengan peserta didik berkemampuan matematika sedang yang melaksanakan seluruh tahapan polya namun belum maksimal, dan pada peserta didik berkemampuan matematika rendah hanya melaksanakan beberapa tahapan saja dalam pemecahan masalah Polya.
EFEKTIVITAS MEDIA TIGA DIMENSI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN 2 KEDAMEAN GRESIK ARVENTIANTO, VICKY; HARIANI, SRI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 7 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media tiga dimensi tema kolonialisme dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN 2 Kedamean Gresik. Jenis penelitian menggunakan pre-experimental design dengan bentuk rancangan one group pretest-postest design. Sampel yang dipilih untuk penelitian ini adalah kelas V B yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian dapat dibuktikan melalui uji hipotesis, pada perhitungan T-test didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 yang artinya 0,00 lebih kecil dari 0,05. Jadi, penggunaan media tiga dimensi tema kolonialisme efektif digunakan dalam keterampilan menulis narasi siswa. Kata Kunci: media tiga dimensi tema kolonialisme, keterampilan menulis narasi Abstract This research aims to determine the effectiveness of colonialism themed three-dimensional media in learning to write the narrative of grade V Kedamean Gresik 2 Elementary school. This type of research uses a pre-experimental design with a pretest-posttest design. The sample for this research is the VB class with 23 students. The result of the research can be proved by hypothesis test, on the T-test the sig (2-tailed) value is 0.00, which means 0.00 is less than 0.05. Thus, the use of a colonialism themed three-dimensional media is effective in the students narrative writing skills. Keywords: three dimensional media theme of colonialism, narrative writing skills
PENERAPAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEBERAGAMAN RUMAH ADAT DI INDONESIA KELAS IV C SDN BUBUTAN IV SURABAYA NOVITA SARI, IVANA; S, SIRADJUDDIN
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 7 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan aktivitas guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung, serta mendeskripsikan hasil belajar siswa materi keberagaman rumah adat di Indonesia kelas IV C SDN Bubutan IV Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif oleh peneliti dan guru kelas dengan menggunakan tiga siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan , serta refleksi. Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I, II, dan III menggunakan media flip chart mengalami peningkatan dan mencapai indikator yang telah ditetapkan yakni ? 85 %. Kata Kunci : Flip Chart, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS. Abstract The purpose of this research is to increase the activity of the students and the teachers activity during learning activities take place, as well as description of the results of student learning the material diversity Indonesia Traditional House at class IV C SDN Bubutan IV Surabaya. This research uses a type of class action research conducted collaboratively by researchers and classroon teachers by using the three cycles namely planning, execution and observation, and reflection. The results of the research conducted in cycle I, II, and III use flip chart media have elevated and reach predefined indicator ? 85%. Keywords: Flip Charts, Learning Process, Social Science Learning
PENANAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI KELAS V DI SDN PATIANROWO 2 PUTRI SEPTIARI, TIAR; , BUDIYONO
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 7 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui penanaman konsep pada pembelajaran matematika materi geometri. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan rumusan masalah maka hasil dari penelitian sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Dalam penelitian ini langkah-langkah guru menanamkan konsep yang pertama dengan memulainya dari bangun persegi dan persegi panjang. Konsep bangun datar segiempat yang paling awal diajarkan oleh guru yaitu bangun datar trapesium. Guru meminta siswa untuk mengembangkan pola pikirnya dalam menemukan rumus luas trapesium melalui pendekatan luas bangun datar persegi panjang. Namun rencana dan pelaksanaan tersebut masih terdapat hambatan diantaranya siswa masih belum begitu paham mengenai jenis-jenis sudut. Maka upaya yang dilakukan guru yaitu dengan mengulang pembelajaran yang sama sampai anak benar-benar paham. Kata Kunci: Penanaman konsep, Pembelajaran Matematika, Materi Geometri, Deskriptif Kualitatif. Abstract This research aims to know the concept of planting in learning mathematics material geometry. The type of research is descriptive qualitative. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation studies. Based on the formulation of the problem then the results of the study is in accordance with the implementation plan of learning. In this study the steps of the teacher instill the first concept by starting from the building of square and rectangle. The concept of wake-up quadrilateral is the earliest taught by the teacher that is a flat trapezoidal wake. The teacher asks the students to develop their paradigms in discovering the trapezoidal width formula through a square wide rectangular approach. However, the plan and implementation are still obstacles such as students still do not really understand about the types of angles. So the effort that teachers do is to repeat the same learning until the child really understands. Keywords: Concept Planting, Mathematics Learning, Geometry Material, Qualitative Descriptive.
PENGARUH TIME TOKEN ARENDS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR NURLINDASARI, ELLI; , MULYANI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 7 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Time Token Arends terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 2 Kedamean Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Kedamean Gresik. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B berjumlah 23 sebagai kelas kontrol. Nilai rata-rata pada posttest kelas kontrol 74,04 dan pada kelas eksperimen sebesar 85,04. Hasil perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji t atau t-test diperoleh angka tersebut lebih kecil dari ?=0,05 (sig.(2-tailed)0,000<0,05) sehingga hasil yang diperoleh adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat dikatakan ada pengaruh model pembelajaran time token arends terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS yang dilihat dari nilai pretest dan posttest pada kelas IV di SDN 2 Kedamean Gresik. Kata Kunci: Time Token Arends, Berpikir kritis Abstract The purpose of this study is to determine the effect of Time Token Arends learning model on students critical thinking skills on IPS subjects of grade IV students in SDN 2 Kedamean Gresik. This research uses quantitative research type with experiment approach. The population of this research is the fourth grade students of SDN 2 Kedamean Gresik. The sample of this study is the students of class IV A amounted to 24 students as the experimental class and class IV B amounted to 23 students as the control class. The mean score of the posttest in the Scontrol class was 74.04 and in the experimental class was 85.04. The result of the hypothesis test using t test or t-test obtained that the number is smaller than ? = 0,05 (sig. (2-tailed) 0,000 <0,05) so that the result acquired is Ha is accepted and Ho is rejected. So it can be said that there is influence of time token arends learning model on students critical thinking ability on IPS subject which is seen from pretest and posttest score in class IV in SDN 2 Kedamean Gresik. Keywords: Time Token Arends, Critical thinking
PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN RABDOLOGIA MODIFIKASI PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS III TAMARA PRATIWI, DEWI; INDRAWATI, DELIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 7 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengembangan media papan rabdologia modifikasi pada materi perkalian serta kelayakan media papan rabdologia modifikasi. Dalam mengembangkan media peneliti menggunakan model penelitian ADDIE. Model ADDIE memiiki lima tahapan yakni : Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subyek yang digunakan dalam ujicoba produk media yaitu siswa kelas III di SDN Banaran I yang beranggotakan 28 siswa. Sebelum media diujicobakan kepada siswa, media tersebut diujicobakan terlebih dahulu pada tim ahli yakni ahli media dan ahli materi. Untuk kelayakan materi terhadap media memiliki persentase 84% artinya materi dalam pembelajaran matematika materi perkalian dinyatakan valid, sedangkan kelayakan media papan rabdologia modifikasi memiliki persentase 85% yang menunjukkan bahwa media tersebut valid atau layak digunakan untuk siswa kelas III SD. Berdasarkan hasil angket yang diberikan oleh siswa, diketahui bahwa respon setelah menggunakan media papan rabdologia modifikasi memiliki kategori sangat layak dengan persentase skor 96,45% artinya siswa merasa senang menggunakan media tersebut. Kata Kunci: modifikasi, papan rabdologia, perkalian SDAbstract This study aims to describe the development of modified rabdologia board media on multiplication materials and the feasibility of modified rabdologia board media. In developing the media researchers use the ADDIE research model. The ADDIE model has five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects used in media product trial are class III students at SDN Banaran I with 28 students. Before the media were tested to students, the media was first tested on a team of experts, media experts and material experts. For the medias material feasibility 84% means that the material in the mathematics learning material is declared valid, while the feasibility of the modified rabdologia board media has 85% percentage indicating that the media is valid or suitable for third grade students. Based on the results of questionnaires given by the students, it is known that the response after using the modified rabdologia board media has a very decent category with a percentage score of 96.45% means students feel happy using the media. Keywords: modifications, rabdologia boards, multiplication SD.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD UMMAH, KHOIROH; , SUPRIYONO
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 7 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Karangpilang Surabaya. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVC SDN Kebraon I/436 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa dan SDN Kedurus III sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy eksperiment Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data terdiri dari validitas, reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis terhadap nilai pretest dan posttest siswa kelas eksperimen dan kontrol diperoleh perbandingan (5% = 5,940 > 1,683). Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Karangpilang Surabaya. Kata Kunci: kooperatif, The Learning Cell, hasil belajar Abstract The aim of this research is to determine the effect of aplication of cooperative learning model type of Learning Cell on the social science learning results of fourth grade students of elementary school in Karangpilang district, Surabaya. The sample of this research is the students of grade IVC SDN Kebraon I / 436 as the control class which is 22 students and SDN Kedurus III as the control class which is 20 students. The research type used quasy experiment research. Collective data of this research is using purposive sampling. Data analysis techniques consist of validity, reliability, normality test, and hypothesis testing. The result of hypothesis test on pretest and posttest value of experimental and control class students obtained comparison (5% = 5,940> 1,683). According to the result of the study there is a significant influence of the use of cooperative learning model type of Learning Cell on the social studies learning result of fourth grade of elementary school in Karangpilang district, Surabaya. Keywords: cooperative, The Learning Cell, learning results
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INDAH SARI, AVISTA; HUSNI ABDULLAH, MOHAMMAD
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 7 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakDalam upaya mencapai tujuan pendidikan harus melibatkan beberaa hal yang mempengaruhi, namun kenyataan yang dihadapi dalam dunia pendidikan tidak semua siswa dengan cepat mengerti akan materi yang dijelaskan oleh guru. Beberapa yang menjadi kendala adalah pembelajaran yang dilakukan oleh guru terlihat kurang menarik karena hanya satu arah. Hal ini membuat hasil belajar siswa jelek. Banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu adanya model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya ialah model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming, peningkatan hasil belajar siswa, dan kendala-kendala yang ditemui dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Lokasi penelitian ini adalah SDN Kebraon I/436 Surabaya. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IVC.Kata Kunci: Round Robin Brainstorming, hasil belajar, ptk. AbstractIn the effort to achieve the goal of education must involve some things that affect, but the reality faced in the world of educationnot all students quickly understand the material described by teacher. Some of the obstacles are the lessons made by the teacher look less attractive because only one direction. This makes the student larning outcomes ugly. Many students score under the criteria. To overcome this, the need for a learning model that can improve student learning outcomes. On of them is cooperative learning model of round robin brainstorming type. The purpose of this research is to describe the implementation of cooperative learning of round robin brainstorming type, the improvement of student learning outcomes, and the constraints encountered in the learning. This study uses a classroom action research with two cycles. The location of this research is elementary school Kebraon I/436 Surabaya. The subject is a teacher and a IVC class student. Keywords: round robin brainstorming, learning media , classroom action research.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULISKAN KEMBALI CERITA SISWA KELAS IV SD LAILIYAH, NUR; SUKARTININGSIH, WAHYU
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 7 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Saat ini media pembelajaran yang interaktif sangat dibutuhkan untuk kegiatan pembelajaran agar mempermudah dalam menyampaikan materi pada siswa dan memudahkan siswa memahami materi dengan cepat. Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan media pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui proses dari pengembangan media pembelajaran interaktif serta bagaimana kualitas dari produk yang akan digunakan untuk mengembangkan keterampilan menuliskan kembali cerita fiksi dengan tujuan untuk mengetahui kualitas dari produk yang akan dijadikan media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan dari Four-D dengan menggunakan empat tahap dalam kegiatannya. Hasil yang diperoleh dari adanya penelitian ini adalah media pembelajaran yang berkualitas yakni media yang valid dengan presentase 89,5 % dari ahli materi dan ahli media , kepraktisan media dengan skor 75% dengan kategori praktis. Dan kefeektivan dari produk untuk digunakan pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran interaktif, keterampilan menuliskan cerita Abstract Currently interactive learning media is needed for learning activities to facilitate in delivering lesson to students and facilitate students to understand the lesson quickly. The problem that exists in this research is how the process of developing learning media with the aim to know the process of the development of interactive learning media and how the quality of the product will be used for learning activities skills to rewrite the fiction story with the aim to know the quality of products that will be used as learning media . This study was conducted using the Four-D development model using four stages in its activities. The results obtained from this research is a quality media learning that is a valid media with 89.5% percentage of material experts and media experts, practicality of the media with a score of 75% with the practical category. And the kefeektivan of the product to be used in fourth graders in elementary school. Keywords: Development, Interactive Learning Media, Skill of writing stories.
PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF FALSH MATERI PERKEMBANGBANGBIAKAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS VI SD KHOIRUNNISA, FADLIYAH; , MINTOHARI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 7 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru kelas VI di beberapa SD, diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan kebanyakan berupa buku ajar dan gambar yang kurang memperjelas mengenai secara nyata proses perkembangbiakan tumbuhan. Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan media interaktif berbasis macromedia flash yang layak dan efektif. Dalam pengembangannya, digunakan model DDD-E yang terdiri dari 4 tahapan yaitu decide, design, develop dan evaluate. Untuk mengetahui kelayakan, digunakan instrumen angket yang dicari nilai persentase kelayakannya. Kemudian untuk mengetahui efektifitas, dicari perbandingan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui instrumen berupa tes. Uji coba tersebut dilakukan pada skala kecil maupun skala besar. Hasil persentase angket siswa pada skala kecil dan skala besar berturut-turut sebesar 97,5% dan 87%, yang berarti media termasuk layak. Berdasarkan hasil post-test dan pre-test pada uji skala kecil, terdapat peningkatan dari 52,3 menjadi 73,4 sedangkan dalam uji skala besar terdapat peningkatan dari 60,7 menjadi 80,1 yang berarti media yang dihasilkan termasuk efektif. Kata Kunci: Macromedia flash, media interaktif, perkembangbiakan

Page 1 of 2 | Total Record : 20