cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
BUNGAMPUTI
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Elektronik Prodi PG PAUD
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Bungamputi" : 11 Documents clear
PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING TERHADAP KREATIVITAS ANAK Marwany, Marwany
Bungamputi Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kreativitas anak di kelompok BI TK Mantikulore Lasoani, Kecamatan Palu Timur Kota Palu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kegiatan finger painting terhadap kreativitas anak di kelompok B1 TK Mantikulore Lasoani. Desain penelitian yang digunakan adalah “One Groups Pre-tes post-test Design” dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anak di kelompok B1 TK Mantikulore Lasoani, berjumlah 15 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji t (paired sample t-test). Berdasarkan dari hasil analisis data tentang kreativitas anak dari hasil rekapitulasi sebelum perlakuan dalam tiga aspek yang diamati diperoleh data rata-rata persentase kategori sangat tinggi (ST) hanya mencapai 6.66%, untuk kategori tinggi (T) mencapai 15,55%, kategori sedang (S) mencapai 42.22% dan kategori rendah (R) mencapai 35,55%. Sedangkan hasil pengamatan sesudah perlakuan menunjukkan presentase rata-rata kategori sangat tinggi (ST) mencapai 39.99%, untuk kategori tinggi (T) mencapai 33.33%, kategori sedang (S) mencapai 19.99% dan kategori rendah ( R) mencapai 6,66%. Berdasarkan hasil pengamatan sebelum dan sesudah perlakuan maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan finger pinting  dapat mempengaruhi kreativitas anak di kelompok B1 TK Mantilulore Lasoani Kecamatan Palu Timur Kota Palu. Berdasarkan hasil data perhitungan uji t di peroleh nilai t hitung ≥ t tabel (9.738 ≥ 1,761), dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H₁ diterima, yang berarti terdapat pengaruh kegiatan finger painting terhadap kreativitas  anak di Kelompok B1 TK Mantikulore Lasoani Kecamatan Palu Timur Kota Palu. Kata Kunci : Finger Painting,  Kreativitas, Anak Usia Dini, Eksperimen
PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK TERATAI PUTIH KELURAHAN KAMPAL KECAMATAN PARIGI TENGAH KABUPATEN PARIGI MOUTONG Agusniatih, Andi; Asmarita, Asmarita
Bungamputi Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah utama penelitian ini adalah perilaku sosial anak yang belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut, telah dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap perilaku sosial anak di Kelompok B TK Teratai Putih Kabupaten Parigi Moutong. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen. Subyek penelitian berjumlah 15 anak. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. hasil penelitian analisis deskriptif, nilai rata-rata perilaku sosial anak, terdapat 33,33% dalam kategori BSB, ada 51,11% dalam kategori BSH, ada 15,55% dalam kategori MB da nada 0% dalam kategori BB Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji-t. hasil penelitian dari uji-t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar -10,425 dengan signifikan 0,000, karena sig < 0,05, maka dapat dijelaskan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode bercerita berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial anak. Kata Kunci: Metode Bercerita, Perilaku Sosial Anak
PENGARUHASUPAN MAKANAN BERGIZI DAN SEIMBANG TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK DI KELOMPOK B PAUD BUAH HATI KECMATANLUWUK KABUPATEN BANGGAI Mursanib, Muraeni; Taufiknia, Putri
Bungamputi Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada anak di Kelompok B PAUD Buah Hati Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak dan Asupan makanan bergizi dan seimbang yang diterapkan orang tua kepada anaknya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asupan makanan bergizi dan seimbang terhadap Tumbuh Kembang Anak.Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan Ex Post facto dan jenis penelitian Kuantitatif.Adapun subjek penelitian ini adalah anak di Kelompok B PAUD Buah Hati Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai yang berjumlah 15anak.Teknik pengumpulan data Dilakukan melalui Angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan Asupan Makanan bergizi dan seimbang terhadap tumbuh kembang anak dimana nilai thitung sebesar 2,275 lebih besar dari ttabel > 2,160, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Ada pengaruh Asupan Makanan Bergizi dan Seimbang (X) Terhadap Tumbuh Kembang Anak (Y). Kata Kunci : Asupan Makanan Bergizi dan Seimbang; Tumbuh Kembang
PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL TIRTASARI KECAMATAN TOILI KABUPATEN BANGGAI Annuar, Haerul; Wulandari, Niken Ninda
Bungamputi Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam peneltian ini adalah kemampuan motorik halus anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan finger painting terhadap kemampuan motorik halus anak. Penelitian ini tentang penerapan Kegiatan Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tirtasari Kecamatan Toili Kabupaten Banggai. jenis penelitian ini yakni  penelitian kuantitatif, subjek dari penelitian ini adalah 16 orang anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan, terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui (1) observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Selanjutnya uji hipotesis penelitian yang digunakan yakni uji-t berpasangan (praired sampel t-tes)Hasil rekapitulasi kemampuan motorik halus anak sebelum diberikan, terdapat 4,17% kategori BSB, terdapat 20,83% kategori BSH, terdapat 45,83% kategori MB dan terdapat 29,17% kategori BB. Sesudah diberikan perlakuan terdapat 33,33% kategori BSB, terdapat 50% kategori BSH, terdapat 16,67% kategori MB dan 0% kategori BB.. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (7.971> 1.75305). Maka, H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tirtasari Kecamatan Toili Kabupaten Banggai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan finger painting terhadap kemampuan motorik halus anak. Kata kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Kegiatan Finger Painting, Kemampuan Motorik Halus
PERANAN PARENTING DALAM ISLAM TERHADAP NILAI AGAMA ANAK DI KELOMPOK B TK AL-KHAIRAAT BATUSUYA KECAMATAN SINDUE TOMBUSABORA KABUPATEN DONGGALA Nurhayati, Nurhayati; Putri, Elfiana
Bungamputi Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai agama anak dan peranan parenting dalam Islam serta adakah peranan parenting dalam Islam terhadap nilai agama anak belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan parenting dalam Islam terhadap nilai agama anak. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya, kemudian ditarik kesimpulan. Adapun sampel penelitian ini adalah 15 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki, dan 8 anak perempuan tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, lembar pengamatan dan dokumentasi. Pengelolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata kegiatan pada anak, presentasi rata-rata yaitu ada 17,67% kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), kategori BSH terdapat 42,33%, kategori MB terdapat 26,67%, dan ada 13,33%  kategori BB. presentasi rata-rata yaitu ada 17,67% kategori BSB, kategori BSH terdapat 42,33%, kategori MB terdapat 26,67%, dan ada 13,33%  kategori BB. Sedangkan hasil penghitungan uji-t dapat dijelaskan bahwa nilai t dari uji t dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung -4.230 dengan signifikan 0,000. Karena 0.000 <0.05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat peranan parenting dalam Islam terhadap nilai agama anak. Kata Kunci : Parenting Dalam Islam, Nilai Agama
PENGENALAN PENDIDIKAN SEKS MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BAGI ANAK USIA 4-6 TAHUN DI RA AL-IKHLAS BIROBULI KECAMATAN PALU SELATAN Amrullah, Amrullah; Izzah, Nadiah Nurul
Bungamputi Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pendidikan seks bagi anak usia dini melalui media audio visual. Penelitian ini dilakukan di kelompok B RA Al-Ikhlas Birobuli Kecamatan Palu Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam  penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 5 anak yang sudah mengetahui bagian tubuh mana saja yang boleh dan tidak boleh disentuh, siapa saja yang boleh dan tidak boleh menyentuh tubuh anak, dan apa yang harus dilakukan ketika ada yang mau menyentuh tubuh anak tanpa bantuan, dan 4 anak yang sudah mengetahui bagian tubuh mana saja yang boleh dan tidak boleh disentuh, siapa saja yang boleh dan tidak boleh menyentuh tubuh anak, dan apa yang harus dilakukan ketika ada yang mau menyentuh tubuh anak dengan benar masih dengan bantuan melalui 3 aspek yang diamati, yaitu aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor. Hasil penelitian tersebut didapatkan dari pengamatan 3 aspek yang digunakan adalah pertama, aspek kognitif yaitu anak menyebutkan anggota tubuh yang dapat disentuh, anak dapat menyebutkan anggota tubuh yang tidak dapat disentuh, anak dapat mengetahui siapa saja yang boleh menyentuh bagian tubuhnya, anak dapat mengetahui siapa saja yang tidak boleh menyentuh bagian tubuhnya, dan anak dapat menyebutkan bagian-bagian anggota tubuhnya. Kedua, aspek afektif yaitu anak mampu berteriak ketika bagian tubuhnya disentuh, anak menangis ketika bagian tubuhnya disentuh, anak diam saja ketika bagian tubuhnya disentuh, anak merasa tidak nyaman ketika bagian tubuhnya disentuh, dan anak merasa malu bila bagian tubuhnya dilihat orang lain. Ketiga, aspek psikomotorik yaitu anak mampu berlari ketika bagian tubuhnya mau disentuh orang lain, anak mampu memukul ketika bagian tubuhnya mau disentuh orang lain, anak mampu menendang ketika bagian tubuhnya mau disentuh orang lain, anak mampu mendorong ketika bagian tubuhnya mau disentuh orang lain, dan anak mampu menggigit ketika bagian tubuhnya mau disentuh orang lain..                                                                                                     Kata Kunci: Pengenalan Pendidikan Seks, Audio Visual, Anak Usia Dini
PENGARUH KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B TK IZZUL ISLAM WANI I Fitriana, Fitriana; Qaidah, Fadhila Zul
Bungamputi Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak belum berkembang sesuai harapan.Tujuan adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap kemampuan motorik halus anak.Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dan jenis  penelitian eksperimen.Adapun subjek penelitian ini adalah anak di Kelompok B TK Izzul Islam Wani I Kecamatan Tanantovea yang berjumlah 15 anak.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji t (Paired Sample t-test).Data hasil rekapitulasi pengamatan kemampuan motorik halus sebelum diberikan perlakuan berupa kegiatan Mewarnai Gambar, dalam tiga aspek yang telah diamati, terdapat 15,56% pada kategori BSB, 20% pada kategori BSH, 28,89% pada kategori MB, dan 35,55% pada kategori BB. Setelah diberikan perlakuan berupa kegiatan Mewarnai Gambar, dari hasil rekapitulasi pengamatan kemampuan motorik halus anak, pada tiga aspek yang telah diamati, diperoleh rata-rata 37,77% pada kategori BSB, 48,89% pada kategori BSH, 11,11% pada kategori MB, dan 2,23% pada kategori BB. Berdasarkan hasil data perhitungan uji t diperoleh nilai  ≥   (8.702 ≥ 1.761), dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 Maka dapat disimpulkan bahwa ditolak dan  diterima, yang berarti terdapat pengaruh kegiatan Mewarnai Gambar terhadap kemampuan motorik halus anak di Kelompok B TK Izzul Islam Wani I Kecamatan TanantoveaKata Kunci : Anak Usia Dini; Kegiatan Mewarnai Gambar; Kemampuan Motorik Halus; Pendekatan Kuantitatif; Penelitian Eksperimen
IMPLEMENTASI HANDWASHING DANCE SEBAGAI LITERASI KESEHATAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELOMPOK B2 PAUD TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI Nirmala, Besse; Saraswati, Maitha
Bungamputi Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan handwashing dance sebagai literasi kesehatan anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan di kelompok B2 PAUD TK Negeri Model Terpadu Madani. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 5 anak yang sudah mampu melakukan langkah-langkah mencuci tangan dengan benar tanpa bantuan, dan 4 anak yang mampu melakukan langkah-langkah mencuci tangan dengan benar masih dengan bantuan melalui 3 aspek yang diamati, yaitu aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor. Hasil penelitian tersebut didapatkan dari pengamatan 3 aspek yang digunakan adalah pertama, aspek kognitif yaitu anak mampu menyebutkan saat yang tepat untuk menyuci tangan, anak dapat mengetahui manfaat mencuci tangan, dan anak dapat menyebutkan urutan mencuci tangan yang benar. Kedua, aspek afektif yaitu anak mau mencuci tangan menggunakan sabun, anak tidak membuang-buang air saat mencuci tangan, anak merasa senang saat mencuci tangan, anak mau mengantri pada saat mencuci tangan, anak mau mengeringkan tangannya menggunakan tisu, dan anak mau membuang tisu yang digunakan ke tempat sampah. Ketiga, aspek psikomotorik yaitu anak dapat melakukan langkah-langkah mencuci tangan dengan benar. Kata Kunci: Handwashing Dance, Literasi Kesehatan, Anak Usia Dini
PENANAMAN AKHLAK MULIA PADA ANAK MELALUI PEMBIASAAN DI KELOMPOK B TK LESTARI SIKARA KECAMATAN SINDUE TOBATA KABUPATEN DONGGALA Awalunisah, Sita; Fadlia, Fadlia
Bungamputi Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pernanaman akhlak mulia pada anak belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kegiatan pembiasaan terhadap penanaman akhlak mulia pada anak. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya, kemudian ditarik kesimpulan. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 13 anak, terdiri dari 5 anak laki-laki dan 8 anak perempuan tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji-t dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung -9,431 > t tabel 1.78229 dengan signifikan 0.000,  karena 0.000 < 0.05, maka dapat dijelaskan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan, dari hasil analisis deskriptif nilai rata-rata kegiatan pembiasaan pada anak, terdapat 22,67% dalam kategori BSB, ada 50% dalam kategori BSH, ada 17,33% dalam kategori MB, dan ada 10% dalam kategori BB. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penanaman akhlak mulia pada anak melalui pembiasaan di kelompok B TK Lestari Sikara Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala. Kata Kunci : Akhlak Mulia, Pembiasaan
PENGARUH KEGIATAN PAPER QUILLING TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B RA AL-IKHLAS BIROBULI KECAMATAN PALU SELATAN Suwika, I Putu; Aryati, Pungky
Bungamputi Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan paper quilling terhadap kemampuan motorik halus anak. Paper quilling yaitu kegiatan menggulung kertas yang kemudian disusun dalam gambar atau kertas berpola. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 18 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan, terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui : (1) lembar observasi; (2) Wawancara; dan (3) Dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase uji t (paired sample t-tes). Berdasarkan hasil data perhitungan uji t, diperoleh nilai thitung  ≥ ttabel (14.547 > 1,740), maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima, berarti kegiatan paper quilling berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B RA Al-Ikhlas Birobuli Kecamatan Palu Selatan. Berdasarkan hasil rekapitulasi motorik halus anak sebelum maupun sesudah diberikan perlakuan kegiatan paper quilling terdapat 1,85 % menjadi 24,07 % dalam kategori BSB, ada 22,23 % menjadi 61,11 % dalam kategori BSH, ada 55,55 % menjadi 14,81 % dalam kategori MB, dan ada 20,37 % menjadi tidak ada anak lagi dalam kategori BB. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan paper quilling berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B RA Al-Ikhlas Birobuli Kecamatan Palu Selatan. Kata Kunci : Kegiatan Paper Quilling, Motorik Halus Anak

Page 1 of 2 | Total Record : 11