Jurnal Pendidikan Matematika
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles (only for invited contributors) about mathematics education and its instructional for authors and readers worldwide. Start from July 2007, this journal publishes two times a year, in July and January. Besides regular writers, for each volume, the contents will be contributed by invited contributors who experts in mathematics education either from Indonesia or abroad. The journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics Realistic Mathematics Education (RME) or Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Design/Development Research in Mathematics Education, Mathematics Ability, and PISA Task.
Articles
8 Documents
Search results for
, issue
"Vol 13, No 2 (2019)"
:
8 Documents
clear
STRATEGI PROBING PROMPTING DALAM UPAYA MENGONSTRUKSI PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP FUNGSI DUA VARIABEL
Hapizah Hapizah;
Somakim Somakim;
M Yusup
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22342/jpm.13.2.6699.113-120
Tulisan ini memaparkan kevalidan bahan ajar yang didalamnya berupa rangkaian pertanyaan probing prompting dalam upaya mengonstruksi pemahaman mahasiswa terhadap fungsi dua variabel. Strategi probing prompting terdapat pada susunan pertanyaan-pertanyaan dalam bahan ajar yang membantu mahasiswa mengonstruksi pemahamannya. Penelitian ini menggunakan design research tipe development studies. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah walkthrough dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar berupa rangkaian pertanyaan untuk mengonstruksi pemahaman mahasiswa tentang domain, range, contour plot atau contour maps, surface, dan level of curve (ketinggian kurva) fungsi dua variabel, dan bahan ajar yang dihasilkan dilengkapi dengan bantuan aplikasi Geogebra. Rangkaian pertanyaan untuk materi domain dan range dimulai dari domain dan range fungsi satu variabel. Bahan ajar yang dihasilkan tersebut telah dikatakan valid berdasarkan tahapan yang telah dilaksanakan.
EKSPLORASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN KATEGORI PROSES LITERASI MATEMATIS
Rina Oktaviyanthi;
Ria Noviana Agus
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22342/jpm.13.2.7066.163-184
Pemahaman mahasiswa dalam mengerjakan prosedur pemecahan masalah matematika dapat ditelusuri melalui kegiatan eksplorasi. Tujuan utama dilakukannya penelitian ini adalah memaparkan dan menggali kemampuan pemecahan masalah mahasiswa ditinjau dari kategori proses literasi matematis. Metode yang digunakan yakni kualitatif deskriptif eksploratif dengan subjek penelitian yaitu tiga mahasiswa (kemampuan tinggi, sedang dan rendah) tahun pertama semester II pada program studi Pendidikan Matematika, Universitas Serang Raya dan mengambil mata kuliah Kalkulus II. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, sementara instrumen bantu berupa dua soal pemecahan masalah dari materi Aplikasi Turunan yang telah divalidiasi dan pedoman wawancara. Prosedur analisis data dilakukan melalui analisis kualitatif hasil tes tulis dan validasi data menggunakan triangulasi teknik. Hasil eksplorasi menunjukkan mahasiswa kemampuan rendah berada pada kategori kemampuan pemecahan masalah cukup dengan capaian penilaian 62,5%, sementara mahasiswa kemampuan sedang berada pada kategori cukup dan baik dengan capaian penilaian 87,5%, dan mahasiswa kemampuan tinggi berada pada kategori baik dengan capaian penilaian 93,75%.
PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN POLA BILANGAN MENGGUNAKAN PMRI DAN LSLC
Iga Octriana;
Ratu Ilma Indra Putri;
Nurjannah Nurjannah
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22342/jpm.13.2.6714.131-142
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dan LSLC pada materi pola bilangan di kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian desktriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Palembang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pemberian soal tes berjumlah 3 soal yang berbentuk uraian, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII.2 pada materi pola bilangan sudah banyak yang muncul meskipun masih ada siswa yang tidak memunculkan indikator kemampuan penalaran matematisnya. Indikator yang paling banyak muncul adalah indikator mengajukan dugaan pada soal nomor 1 dan indikator yang paling jarang muncul adalah indikator menarik kesimpulan logis pada soal nomor 3.
ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DITINJAU DARI TEORI KONTRUKTIVISME PADA MATERI SEGIEMPAT
Hanifah Nurus Sopiany;
Wida Rahayu
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22342/jpm.13.2.6773.185-200
Pembelajaran kontruktivisme adalah pembelajaran yang dirasakan mampu meminimalisir terjadinya miskonsepsi pada siswa, karena salah satu sintaks pembelajaran ini adalah adanya proses membangun kemampuan pemahaman dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hambatan belajar siswa yang menyebabkan munculnya miskonsepsi dengan ditinjau dari teori kontruktivisme. Subjek penelitian sebanyak 3 orang siswa kelas VII di MTs Asy-Syifa Karawang. Hasil penelitian menyatakan bahwa teori teori konstruktivisme inilah yang menyebabkan miskonsepsi pada siswa disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang muncul terdiri dari 4 jenis dan faktor eksternal terdiri dari 2 jenis yang kemudian diuraikan lebih lanjut. Pengembangan bahan ajar yang dikembangkan untuk materi segiempat, dapat dirancang berdasarkan hambatan dan kesalahpahaman yang terjadi. Faktor-faktor internal yang muncul dapat diantisipasi dengan persetujuan persepsi yang mampu membangkitkan pengetahuan awal siswa dan dapat mendorong siswa untuk berpikir tentang materi yang akan dipelajari itu penting karena berguna dan mengubah materi berikutnya.
PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING
Rr Kuntie Sulistyowaty;
Yaya S. Kesumah;
Bambang Avip Priatna
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22342/jpm.13.2.6829.153-162
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui pembelajaran CPS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini sebanyak 63 siswa SMA Gumay Talang. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran CPS, kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes representasi matematis siswa. Data dianalisis menggunakan perbedaan rerata dengan uji Mann-Whitney. Dari analisis data diperoleh bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran CPS lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
DEVELOPING PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE OF MATHEMATICS PRE-SERVICE TEACHER THROUGH MICROTEACHING LESSON STUDY
Wasilatul Murtafiah;
Marheny Lukitasari
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22342/jpm.13.2.7663.201-218
This research aimed to describe pedagogical content knowledge of mathematics pre-service teacher through the lesson study application in microteaching. This descriptive qualitative research was conducted in Universitas PGRI Madiun with Mathematics pre-service teachers as subjects. The data were collected through observation, unstructured interviews, and documentation. Data from learning practice and pedagogical content knowledge were analyzed based on a scoring criteria framework that refers to microteaching assessment guidelines. The results showed that there was an increase in mathematics pre-service teacher learning practice (lesson planning increased from average to good, pre-learning activities increased from average to good, while learning activities increased from average to good, and closing activities increased from average to good). There was an increase in mathematics pre-service teacher content knowledge (increased in concept mastery from average to good and increased in material understanding from average to good). There was also an increase in mathematics pre-service teacher pedagogical knowledge (increased in clarity of learning scenarios from average to excellent, increase in the ability to use learning media from average to good, increase in the appropriateness of assessment techniques with learning objectives from average to good).
APLIKASI METODE SCAMPER DALAM PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Siti Hawa;
Yosef Yosef
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22342/jpm.13.2.6749.143-152
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan metode SCAMPER terhadap kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan desain pembelajaran matematika di kelas rendah sekolah dasar. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, penelitian ini menerapkan metode pra-eksperimental berdesain pra tes-pasca tes satu kelompok. Data kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran diperoleh dengan menggunakan IPPSD yang terdiri atas 20 item. Analisis data ditujukan pada uji signifikansi pengaruh metode SCAMPER dengan membandingkan skor prates dan pascates. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan antara skor rerata prates dan pascates. Dari analisis data diperoleh kesimpulan metode SCAMPER berpengaruh positif terhadap kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan desain pembelajaran matematika di kelas rendah.
PERBEDAAN SKALA PADA SUMBU KOORDINAT KARTESIUS: APA DAMPAKNYA DALAM PEMBELAJARAN INTEGRAL TENTU?
Muhammad Win Afgani;
Retni Paradesa
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22342/jpm.13.2.6819.121-130
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dampak yang ditimbulkan dalam pembelajaran integral tentu ketika dosen menyajikan permasalahan dalam menentukan luas daerah di bawah grafik fungsi f(x) dengan dua partisi persegipanjang yang mana skala pada koordinat kartesius di sumbu-x berbeda dengan sumbu-y. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 32 mahasiswa pendidikan matematika yang mengikuti perkuliahan kalkulus integral di salah satu universitas di Palembang. Dalam penelitian ini, 32 orang mahasiswa tersebut dibentuk 6 kelompok. Instrumen dalam penelitian ini adalah dua soal yang didiskusikan secara kelompok. Data dikumpulkan melalui dokumentasi hasil pekerjaan mahasiswa, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan dampaknya pada mahasiswa, yakni mereka terlihat berusaha mengkonstruk pengetahuan matematikanya sendiri terlebih dahulu, menyampaikan gagasan-gagasan yang tidak diduga sebelumnya, dan dapat berpikir kritis atas permasalahan yang diberikan. Dampak positif tersebut muncul karena masalah yang disajikan pada mahasiswa dikaitkan dengan beberapa konsep.