cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
ISSN : 2088687X     EISSN : 26567040     DOI : 10.12928
Core Subject : Education,
Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics education.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1: Juni 2017" : 18 Documents clear
MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI MATEMATIKA SMP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UAD Istihapsari, Vita
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 1: Juni 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.572 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v7i1.7404

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Ahmad Dahlan pada materi-materi matematika SMP dengan memperbaiki praktik pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan melibatkan satu rombongan belajar mata kuliah Analisis Kurikulum Matematika SMP semester gasal tahun akademik 2016/2017. Siklus pertama fokus pada pembiasaan mahasiswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan standar isi, sedangkan siklus kedua fokus pada pendalaman konsep-konsep materi matematika SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 5,88% mahasiswa tuntas pada pretest. Pada posttest siklus I, banyaknya mahasiswa yang tuntas mencapai 68,63%. Sedangkan pada posttest II, banyaknya mahasiswa yang tuntas meningkat mencapai 80,39%. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memungkinkan mahasiswa mengeksplorasi konsep-konsep sesuai dengan pembagian materi secara lebih mendalam melalui diskusi kelompok ahli. Pada akhirnya, kelompok ahli tersebut kembali ke kelompok asal untuk saling membantu memahami materi secara keseluruhan. Simpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Jigsaw dapat memaksimalkan keaktifan siswa dalam mengumpulkan informasi, berdiskusi, dan saling membantu dalam belajar konsep-konsep matematika sehingga mampu meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.Kata Kunci: Pemahaman konsep, Analisis kurikulum matematika SMP, Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
SIRKUIT HAMILTON DALAM PERMAINAN CONGKLAK Utomo, Rukmono Budi
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 1: Juni 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.508 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v7i1.7400

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki adanya kemungkinan sirkuit Hamilton pada permainan congklak 14 dan 16 lubang. Penelitian dilakukan dengan mendeskripsikan terlebih dahulu mengenai permainan congklak, aturan-aturan dalam permainan congklak, istilah-istilah dalam permainan congklak dan cara memainkannya. Setelah memahami aturan, istilah dan cara memainkan permainan congklak, selanjutnya dilakukan penyelidikan untuk menemukan kemungkinan adanya siklus Hamilton pada permainan congklak 14 dan 16 lubang tersebut. Sirkuit Hamilton dalam permainan congklak diartikan sebagai perjalanan menyebarkan biji congklak pada suatu lubang dan habis pada lubang yang sama pada suatu kesempatan permainan. Dalam penelitian ini, disajikan contoh perjalanan biji congklak yang menghasilkan siklus Hamilton untuk congklak dengan 14 lubang, dan bentuk umum permainan congklak yang menghasilkan sirkuit Hamilton untuk congklak dengan 16 lubang.  Kata Kunci : Permainan Congklak Sirkuit Hamilton
PENGEMBANGAN MODUL TRIGONOMETRI BERCIRIKAN OPEN-ENDED PROBLEM Ismail, Agung Deddiliawan; Jamil, Anis Farida; Putri, Octavina Rizky Utami
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 1: Juni 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.529 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v7i1.7396

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan modul Trigonometri bercirikan open-ended problem yang dapat mendukung mahasiswa berpikir tingkat tinggi dengan kriteria kualitas valid, praktis, dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model 4D oleh Thiagarajan, dkk yang terdiri dari tiga tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah mahasiswa semester gasal 2016/2017. Modul, instrumen (lembar observasi aktivitas mahasiswa dan lembar angket respon mahasiswa), dan RPP yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid. Modul ini juga memenuhi kriteria praktis yang ditunjukkan oleh: (1) hasil pengamatan aktivitas mahasiswa yang memenuhi kategori sangat baik, dan (2) mahasiswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan modul Trigonometri bercirikan open-ended problem. Modul ini memenuhi kriteria efektif yang ditunjukkan oleh peningkatan hasil tes observasi awal dan tes setelah uji coba modul. Kata Kunci: pengembangan, modul trigonometri, open-ended problem
MENGHITUNG BUNGA KUR DAN NILAI KESETIMBANGAN HUTANG MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA Ghozi, Saiful
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 1: Juni 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (841.586 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v7i1.7401

Abstract

Dalam artikel ini akan dibahas penggunaan aplikasi Geogebra dalam persoalan matematika keuangan. Persoalan pertama adalah menentukan nilai bunga anuitas dari sebuah tabel yang dikeluarkan oleh lembaga jasa keuangan bank. Persoalan kedua adalah menentukan nilai kesetimbangan antara utang dengan bunga majemuk dan tabungan anuitas dengan bunga dan tenor yang sama. Melalui applet yang dibuat dengan aplikasi Geogebra, didapatkan penyelesaian dari persoalan diatas. Penggunaan Geogebra menghasilkan beberapa pendekatan dalam penyelesaian persoalan, yaitu secara aljabar dan geometri. Seain itu fasilitas slider pada Geogebra bermanfaat dalam eksplorasi perubahan nilai parameter.   Kata kunci : geogebra, keseimbangan hutang, anuitas, bunga. 
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Hodiyanto, Hodiyanto
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 1: Juni 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.297 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v7i1.7397

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui: Pengertian kemampuan komunikasi matematis, indikator-indikator dalam mengukur kemampuan komunikasi matematis, bentuk soal yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis, dan model, strategi, dan pendekatan yang bisa diaplikasikan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan telaah pustaka ilmiah maka dalam artikel ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kemampuan komunikasi matematis terdiri atas, komunikasi lisan dan komunikasi tulisan. Komunikasi lisan seperti: diskusi dan menjelaskan. Komunikasi tulisan seperti: mengungkapkan ide matematika melalui gambar/grafik, tabel, persamaan, ataupun dengan bahasa siswa sendiri. (2) Indikator kemampuan komunikasi matematis: menulis (written text), menggambar (drawing), dan ekspresi matematika (matematical ekpression). (3) Soal essai dapat digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis, seperti: soal uraian eksploratif, transfer, elaboratif, dan aplikatif. (4) Model atau pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis, diantaranya: pendekatan PMR, model pembelajaran problem posing dengan pendekatan PMR, model pembelajaran problem solving dengan pendekatan PMR, dan reciprocal teaching. Kata kunci : kemampuan komunikasi matematis, menulis, menggambar, ekspresi matematika.
MODIFIKASI PERKALIAN BERSUSUN UNTUK MENENTUKAN KOEFISIEN TRINOMIAL SERTA KONSTRUKSINYA PADA KERUCUT Jufri, Jufri; Gamal, M.D.H; Gemawati, Sri
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 1: Juni 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (776.299 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v7i1.7398

Abstract

Dalam berbagai literatur pada umumnya untuk menentukan koefisien trinomial dengan mudah dapat ditentukan dengan menggunakan konsep kombinasi dan koefisien binomial, hal ini disebabkan karena koefisien trinomial sangat erat hubungannya dengan koefisien binomial dan konsep kombinasi. Untuk konstruksi koefisien trinomial biasanya dikonstruksi pada limas Pascal yang asalnya adalah dari segitiga Pascal. Pada tulisan ini akan diberikan alternatif menentukan koefisien trinomial dan alternatif konstruksinya. Alternatif yang diberikan adalah dengan modifikasi perkalian bersusun. Modifikasi perkalian bersusun yang dimaksud adalah dengan hanya menuliskan bagian proses perkalian bersusun pada bentuk trinomial, kemudian menyisipkan nol diantara koefisien-koefisien trinomial pada bagian proses perkalian bersusun trinomial pangkat . Selanjutnya alternatif konstruksi koefisien trinomial dikonstruksi pada kerucut. Kata kunci: Koefisien, Trinomial, Pascal.
INVESTIGATING PRESERVICE SECONDARY MATHEMATICS TEACHERS’ PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE: A CASE STUDY IN MICROTEACHING COURSE Rianasari, Veronika Fitri
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 1: Juni 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.026 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v7i1.7403

Abstract

Effective teachers have a deep knowledge about the content of the subject matter they teach. As well as a deep knowledge of the material being taught, teachers must also have a deep knowledge about the processes and practices of teaching and learning. Pedagogical content knowledge is the intersection of discipline specific subject content knowledge and pedagogical knowledge. The purpose of this study is to examine Pedagogical Content Knowledge (PCK) of 30 preservice secondary mathematics teachers in microteaching course. The participants of this research are third-year preservice secondary mathematics teachers at Sanata Dharma University undertaking microteaching course. The data were collected in the form of observation, quesstionare, and written document. During the microteaching course, researcher observed preservice teachers’ comprehension of PCK components. The observation sheet is designed based on the conceptual framework for analysing PCK developed by Chick, Baker, Pham, and Cheng (2006). The findings revealed that many students have developed their PCK. However there were also some skills and knowledge that should be improved. Keywords: preservice secondary mathematics teachers, PCK, microteaching
MODEL COX EXTENDED UNTUK MENGATASI NONPROPORTIONAL HAZARD PADA KEJADIAN BERSAMA Vitriana, Anita Nur; Kusumawati, Rosita
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 1: Juni 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (643.606 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v7i1.7399

Abstract

Model Cox extended merupakan modifikasi dari model Cox proportional hazard ketika asumsi proportional hazard tidak dipenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur pembentukan model Cox extended pada kejadian bersama dan penerapannya pada kasus individu berhenti bekerja. Estimasi parameter pada model Cox extended menggunakan maximum partial likelihood estimation (MPLE) dan pendekatan metode Breslow untuk mengatasi kejadian bersama. Data yang digunakan adalah data berhenti bekerja dari 201 individu dengan 4 variabel bebas, yaitu jenis kelamin, umur, status pernikahan dan pendidikan terakhir. Dari hasil perhitungan dengan bantuan software R 3.1.2, diperoleh model Cox extended dengan fungsi waktu  adalah model terbaik dengan hasil variabel yang berpengaruh signifikan, yaitu umur, status pernikahan, umur terikat waktu dan status pernikahan terikat waktu, dimana setiap penambahan umur 1 tahun menurunkan risiko individu berhenti bekerja sebesar 0,9 kali dan setiap individu yang sudah menikah memiliki risiko berhenti bekerja 0,55 kali lebih kecil daripada yang belum menikah. Kata Kunci: model Cox proprotional hazard, model Cox extended, maximum partial likelihood estimation, kejadian bersama, metode Breslow
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) PADA TUTORIAL STATISTIKA PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS TERBUKA Prastiti, Tri Dyah; Yumiati, Yumiati; Mairing, Jackson Pasini; Handayani, Estu Puji
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 1: Juni 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.186 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v7i1.7402

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) untuk tutorial Statistika Pendidikan bagi mahasiswa  UT, yang valid, praktis dan efektif. Pendekatan tutorial dengan menggunakan LKM berbasis REACT ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan memudahkan mahasiswa secara konseptual memahami Statistik Pendidikan serta meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan soal-soal sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (developmental research) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian 40 mahasiswa UPBJJ-UT Jember Program S1 PGSD yang mengambil mata kuliah Statistika Pendidikan. Pengembangan LKM menggunakan tahap Plomp yang terdiri dari (1) penelitian awal, (2) perancangan, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi dan revisi, dan (5) implementasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKM berbasis REACT yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Lebih lanjut, hasil angket menunjukkan bahwa 76% mahasiswa merasa senang, dan 81% mahasiswa termotivasi belajar mandiri setelah belajar dengan pembelajaran berbasis strategi REACT. Kata kunci : REACT , Statistika Pendidikan , pemahaman konseptual,  motivasi.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) PADA TUTORIAL STATISTIKA PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS TERBUKA Tri Dyah Prastiti; Yumiati Yumiati; Jackson Pasini Mairing; Estu Puji Handayani
AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan Vol 7, No 1: Juni 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.186 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v7i1.7402

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) untuk tutorial Statistika Pendidikan bagi mahasiswa  UT, yang valid, praktis dan efektif. Pendekatan tutorial dengan menggunakan LKM berbasis REACT ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan memudahkan mahasiswa secara konseptual memahami Statistik Pendidikan serta meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan soal-soal sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (developmental research) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian 40 mahasiswa UPBJJ-UT Jember Program S1 PGSD yang mengambil mata kuliah Statistika Pendidikan. Pengembangan LKM menggunakan tahap Plomp yang terdiri dari (1) penelitian awal, (2) perancangan, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi dan revisi, dan (5) implementasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKM berbasis REACT yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Lebih lanjut, hasil angket menunjukkan bahwa 76% mahasiswa merasa senang, dan 81% mahasiswa termotivasi belajar mandiri setelah belajar dengan pembelajaran berbasis strategi REACT. Kata kunci : REACT , Statistika Pendidikan , pemahaman konseptual,  motivasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 18