cover
Contact Name
Hakim
Contact Email
luqmanhyacob@gmail.com
Phone
+6281288884883
Journal Mail Official
widyagogik@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
ISSN : 2303307X     EISSN : 25415468     DOI : https://doi.org/10.21107/Widyagogik
Core Subject : Education,
Widyagogik, terbit dua kali setahun berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2019): Widyagogik" : 8 Documents clear
KONTRIBUSI PEMBELAJARAN PKn DALAM NATION CHARACTER BUILDING PADA SISWA KELAS V SDIT NURUL ISLAM SIDOARJO Erlina Anggraini; Mahmud Mahmud
Widyagogik Vol 7, No 1 (2019): Widyagogik
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2077.505 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v7i1.6258

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pembelajaran PKn dalam nation character building pada siswa kelas V SDIT Nurul Islam. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan analisis deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis korelasi prodact momen dan determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran PKn yang dilakukan oleh guru kelas V SDIT Nurul Islam memperoleh persentase sebesar 85,47 persen dengan kategori baik. Nation character building yang dimiliki oleh siswa kelas V SDIT Nurul Islam memperoleh persentase sebesar 91,22 persen dengan kategori kuat. Hasil korelasi diperoleh rhitung=0,655 dengan hubungan positif kategori kuat. Uji signifikansi diperoleh thitung=5,347 lebih dari ttabel= 2,014 diyatakan bahwa ada hubungan yang singnifikan antara pembelajaran PKn dalam nation character building. Hasil determinasi sebesar 42,902 persen Dapat dikatakan bahwa terdapat kontribusi  antara pembelajaran PKn dengan nation character building pada siswa.
MONOPOLI BERBASIS BUDAYA INDONESIA SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF 2013 Dessy Setyowati
Widyagogik Vol 7, No 1 (2019): Widyagogik
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2147.842 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v7i1.5866

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan monopoli berbasis budaya Indonesia yang layak, praktis, dan efektif sebagai media dalam pembelajaran tematik integratif pada kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikumpulkan, maka monopoli berbasis budaya Indonesia dinyatakan layak untuk digunakan. Ditinjau dari hasil lembar observasi guru dan peserta didik dengan persentase sebesar 90,9% dan 89,2% secara berurutan maka monopoli berbasis budaya Indonesia praktis digunakan. Hasil uji t  dengan “One-Sample Test” diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,010 kurang dari 0,05maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji t maka hipotesis alternatif diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa monopoli berbasis budaya Indonesia layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar pada kurikulum 2013.
ANALISIS BUKU SISWA KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR KELAS IV TEMA 4 “BERBAGAI PEKERJAAN” DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK Isna Ida Mardiyana; Ade Cyntia Pritasari
Widyagogik Vol 7, No 1 (2019): Widyagogik
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2667.627 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v7i1.6255

Abstract

Kurikulum 2013 membawa pergeseran pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Penerapan pembelajaran tingkat sekolah dasar berdasarkan kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik. Untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013, keberadaan perangkat pembelajaran sangat penting. Salah satu komponen perangkat pembelajaran adalah buku ajar. Buku ajar yang digunakan siswa dalam kurikulum 2013 disebut buku siswa. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 ditunjang juga oleh kualitas isi buku yang digunakan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pembelajaran yang mengacu pada pendekatan saintifik dalam buku siswa kelas 4 tema 4 berbagai pekerjaan. Metode yang digunakan adalah library research. Pengumpulan dan penelaahan referensi tentang aspek-aspek pendekatan saintifik dihubungkan dengan penyajian materi secara tematik. Peneliti menganalisis data-data terkait dengan menggunakan metode induktif dan deduktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aspek-aspek pendekatan saintifik terdapat dalam buku siswa sehingga dapat dimunculkan selama proses pembelajaran.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR Nuril Andini; Mimih Aminah; Hani Handayani
Widyagogik Vol 7, No 1 (2019): Widyagogik
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2009.39 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v7i1.6256

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan media tangram pada materi luas dan keliling bangun datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuasi eksperimen dengan  nonequivalent pretest-posttest control group design dengan teknik pengumpulan data tes yang berbentuk pretes dan postes. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas III SDN Jatihurip tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 54.  Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t’ diperoleh , karena  berada di daerah penolakan , maka  ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan media tangram dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan media tangram pada materi luas dan keliling bangun datar. Siswa yang mendapat pembelajaran dengan media tangram memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya tanpa media tangram.
ANALISIS CRITIKAL UNDERSTANDING DALAM LITERASI MEDIA SOSIAL MAHASISWA PGSD UMM Delora Jantung Amelia
Widyagogik Vol 7, No 1 (2019): Widyagogik
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1566.239 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v7i1.5967

Abstract

Pada masa Era Revolusi industri 4.0 yang mulai diterapkan di Indonesia berada dalam titik puncak kehidupan manusia, apalagi dengan lahirnyateknologi digital yang berdampak masif terhadap hidup manusia diseluruh dunia. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kriteria yang mempengaruhi kemampuan critical understanding mahasiswa PGSD terkait literasi digital dan mendeskripsikan tingkat kemampuan critical understanding mahasiswa PGSD dalam literasi media digital. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap mahasiswa PGSD dalam setiap kesempatan, untuk berkomunikasi suara maupun komunikasi data. Tingginya penggunaan media digital ini harus diimbangi pula dengan pemahaman yang baik akan fungsi media tersebut.  Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan 60 orang sebanyak 33,15% pada katagori basic dengan kemampuan critical understanding, responden sejumlah 114 orang atau sebanyak 62,98% berada dalam kategori Medium dalam kemampuan critical understanding responden sejumlah 7 orang atau sebanyak 3,87% berada dalam kategori Basic dalam kemampuan critical understanding
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV Dayana Dayana; Muhsinah Annisa; A.Wilda Indra Nanna
Widyagogik Vol 7, No 1 (2019): Widyagogik
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2391.754 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v7i1.6257

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV-B SDN 041 tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK).. Penelitian dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian yaitu lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik.Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV-B SDN 041 Tarakan. Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa (kognitif) 47%, siklus II menjadi 78%. Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa (afektif) 41%, siklus II menjadi 86%. Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa (psikomotorik) 15%, siklus II meningkat secara signifikan menjadi 84%. Maka penelitian dikatakan sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
ANALISIS PERENCANAAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MAHASISWA PGSD Ima Wahyu Putri Utami; Beti Istanti Suwandayani
Widyagogik Vol 7, No 1 (2019): Widyagogik
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.983 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v7i1.5958

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penyusunan perencanaan pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal mahasiswa PGSD dan juga mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat serta menganalisis upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam penyusunan perencanaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa menyusun rancangan pembelajaran menyesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing. Faktor penghambatnya adalah mahasiswa masih kurang mendalam dalam pengembangan indikator dan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi kearifan lokal. Faktor pendukungnya adalah pengetahuan mahasiswa tentang kearifan lokal yang ada di daerah masing-masing memperkaya materi bahan ajar.
OPTIMASI HASIL BELAJAR GEOMETRI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SD KELAS RENDAH MELALUI MODEL EXAMPLE-NON EXAMPLE BERBASIS ETNOMATEMATIKA BATIK MADURA Rika Wulandari
Widyagogik Vol 7, No 1 (2019): Widyagogik
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran example-non example berbasis etnomatematika batik Madura yang dapat meningkatkan hasil belajar geometri bangun datar sederhana serta aktivitas belajar siswa sekolah dasar kelas rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian yang digunakan plan, act, observe, dan reflect. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas II SDN Kramat I Bangkalan sebanyak 21 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, serta angket respon siswa. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh 80,95% hasil belajar geometri siswa di atas nilai 70, rata-rata aktivitas siswa mencapai 80,36% (kategori baik). Sedangkan pada siklus II, hasil belajar sebesar 90,47% namun untuk akitivitas siswa masih belum mencapai kriteria yaitu memperoleh nilai rata-rata 82,44%. Pada siklus III persentase hasil belajar siswa yang memperoleh nilai di atas 70 sebesar 100% dan aktivitas belajar siswa mencapai 87,50% dalam kategori sangat baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8