cover
Contact Name
Edduar Hendri, S.E., M.M
Contact Email
jmwahanaekonomika@gmail.com
Phone
+62812 7810 831
Journal Mail Official
jmwahanaekonomika@gmail.com
Editorial Address
Jurnal Media Wahana Ekonomika Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang Jln. Jend. A. Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang - Sumatera Selatan Sumatera Selatan Telp. 0711-510043 Faximile 0711-514782.
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Media Wahana Ekonomika
ISSN : 16934091     EISSN : 26221845     DOI : https://doi.org/10.31851/jmwe
Core Subject : Economy,
Jurnal Media Wahana Ekonomika Merupakan Jurnal Ilmu Ekonomi yang secara khusus mengkaji tentang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan. Terbit 4 kali dalam Setahun periode April, Juli, Oktober dan Januari. Terdaftar nomor di ISSN 1693-4091 (cetak) dan E-ISSN 2622-1845 (online) adalah Jurnal Ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Palembang. Dan Jurnal ini juga telah terdaftar dalam sistem Crossreff dengan Digital Object Identifier 10.31851/jmwe.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022" : 15 Documents clear
Pengaruh Mutu Produk Serta Penepatan Harga Terhadap Keputusan Pembeli Pada Usaha Mandiri Palembang Akila, Akila
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v19i3.9459

Abstract

ABSTRAK Tujuan riset mengetahui(1) Mutu produk serta keputusan pembeli pada Usaha Mandiri (2) Penetapan harga serta keputusan pembeli pada usaha mandiri,( 3) Pengaruh mutu produk serta penetapan harga terhadap keputusan pembeli pada usaha mandiri. Metode penelitian variable independen serta variable dependen. Populasi dalam riset ini110 pelanggan, pengambilan sampel bagian dari populasi 52 orang. Sumber informasi yang diperoleh inprimer serta skunder. Tehknik pengumpulan informasi kuesioner( Questionairre) serta skala pengukuran likert. Metode analisis informasi yang digunakan analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi R2 berganda dengan pengujian hipotesis uji t serta uji F di bantuan software SPSS 22 for windows.Dari hasil pengujian (1)Secara simultan berpengaruh signifikan mutu produk serta penetapan harga terhadap keputusan pembelipada usahamandiri 2) Secara parsial berpengaruh segtifikan mutu produk terhadap keputusan pembeli pada Usaha mandiri, 3) Secara parsial serta terdapat pengaruh penetapan harga terhadap keputusan pembeli pada usaha mandiri. Kata Kunci :Mutu Produk , Penetapan Harga, dan  Keputusan Pembeli.  ABSTRACTThe purpose of the research is to find out (1) product quality and buyer decisions in independent businesses, (2) pricing and buyer decisions in independent businesses, (3) the effect of product quality and pricing on buyer decisions in independent businesses. The research method is the independent variable and the dependent variable. The population in this research is 110 customers, sampling is part of the population of 52 people. Sources of information obtained are primary and secondary. Questionnaire information collection techniques (Questionnaire) and Likert measurement scale. The information analysis method used was multiple linear regression analysis, correlation coefficient analysis, multiple R2 determination coefficient analysis with hypothesis testing t test and F test in the help of SPSS 22 software for windows. From the test results (1) Simultaneously significant effect on product quality and pricing on buyer decisions on independent businesses 2) Partially significant influence on product quality on buyer decisions on independent businesses, 3) Partially and there is an influence of pricing on buyer decisions on business independent.Keywords: Product Quality, Pricing, and Buyer's Decision.
Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Inovasi Produk Sebagai Variabel Pemediasi Zahara, Zakiyah
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v19i3.9475

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengkaji pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kepuasan konsumen Tea Break di Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kausal. Dalam penelitian ini populasi terdiri dari seluruh warga Kota Palu yang pernah membeli Tea Break. Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini, dengan jumlah sampel 100 responden. Wawancara, kuesioner, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Dalam pekerjaan ini, skala Likert digunakan sebagai skala, dan analisis rute dilakukan menggunakan perangkat lunak Smart PLS versi 3.0 sebagai alat analisis.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwabaiksecaralangsungmaupuntidaklangsungorientasipasardaninovasiprodukberpengaruhsignifikanterhadapkepuasankonsumenTea Break diKota Palu. KataKunci:Orientasipasar,inovasiproduk,kepuasankonsumen  ABSTRACT The purpose of this research is to identify and assess the impact of market orientation and product innovation on Tea Break consumer satisfaction in Palu City. The research method adopted is causal descriptive. In this study, the population consisted of all Palu City residents who had purchased Tea Break. Purposive sampling was utilized in this investigation, with a total sample of 100 respondents. Interviews, questionnaires, and observation were used to collect data. In this work, a Likert scale was employed as the scale, and route analysis was performed using Smart PLS software version 3.0 as the analytical tool. The results of this study indicate that either directly orindirectly market orientation and product innovation have a significant effect on TeaBreakconsumer satisfaction in Palu City. Keywords:Marketorientation,productinnovation,customersatisfaction
Analisis Pengakuan Pendapatan Berdasarkan PSAK 72 PT Mandiri Indonesia Agam Palembang Sari, Indah Permata; Nafsiah, Siti Nurhayati
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v19i3.9465

Abstract

ABSTRAK  Jenis informasi yang dikumpulkan oleh ilmuwan adalah sebagai informasi subjektif yang terdiri dari informasi penting dan informasi opsional. Strategi pemeriksaan informasi dengan mengumpulkan informasi, membedah informasi yang diperoleh dari organisasi dan membuat korelasi antara dua laporan fiskal. Organisasi merasakan pendapatan menggunakan strategi premis pengumpulan di mana organisasi merasakan pendapatan ketika pertukaran terjadi. Organisasi tidak memiliki pilihan untuk mengakui tenaga kerja dan produk yang diperlakukan sebagai komitmen eksekusi tunggal dan, yang mengejutkan, pengakuan pendapatan organisasi tidak sepenuhnya sesuai dengan PSAK No. 72. Pengakuan pendapatan perjanjian dengan klien PT. Mandiri Indonesia Agam tidak setuju dengan PSAK 72. Karena organisasi merasakan pendapatan di tempat berkumpul ketika pertukaran terjadi atau ketika perjanjian disahkan terlepas dari persyaratan dalam pengakuan pendapatan, sedangkan dalam PSAK 72 organisasi harus melihat pendapatan secara bertahap selama adanya perjanjian (sepanjang waktu) atau pada satu titik (pada suatu tempat waktu) dengan 3 tahap sesuai pedoman pembukuan moneter. Estimasi gaji yang diterapkan oleh PT. Mandiri Indonesia Agam tergantung pada kesepakatan yang ditandai dan sesuai dengan seluk-beluk biaya pertukaran terlepas dari porsi biaya pertukaran. Ini tidak sesuai PSAK No. 72 dalam perkiraan gaji. Organisasi belum sepenuhnya melaksanakan PSAK no. 72 dengan alasan bahwa organisasi tidak memiliki pilihan untuk sepenuhnya merasakan pendapatan secara bertahap selama adanya perjanjian (sepanjang waktu) atau pada satu titik (di tempat waktu). Administrasi organisasi menerima bahwa pengakuan pendapatan tidak dapat diterapkan pada perjanjian apa pun. Ada kondisi yang terkait dengan pemanfaatan keuntungan oleh klien, peningkatan nilai sumber daya di sisi klien, serta penyelesaian pada tahap angsuran perjanjian bahwa organisasi tidak memiliki pilihan untuk belajar. Kata Kunci: Pendapatan, Berdasarkan Psak 72, PT  Mandiri Indonesia agam  ABSTRACT The type of data collected by the researcher is in the form of qualitative data consisting of primary data and secondary data. Methods of data analysis by collecting data, analyzing data obtained from the company and making comparisons between the two financial statements. The company recognizes revenue using the accrual basis method where the company recognizes revenue when the transaction occurs. The company has not been able to distinguish goods and services that are treated as a single performance obligation and even the company's revenue recognition is not fully in accordance with PSAK No. 72. Recognition of contract revenue with customers of PT. Mandiri Indonesia Agam has not complied with PSAK 72. Because the company recognizes revenue on an accrual basis when the transaction occurs or when the contract is signed without regard to the terms in revenue recognition, while in PSAK 72 the company must recognize revenue in stages over the life of the contract (over the time) or at a certain point (at a point of time) with 3 steps according to financial accounting standards. Income measurement applied by PT. Mandiri Indonesia Agam is based on a signed contract and in accordance with the details of the transaction price without regard to the allocation of the transaction price. This is not in accordance with PSAK No. 72 in the measurement of income. The company has not fully implemented PSAK no. 72 because the company has not been able to fully recognize revenue in stages over the life of the contract (throughout the time) or at a certain point (at a mark of time). The company's management believes that revenue recognition cannot be applied to any contract. There are conditions related to the consumption of benefits by the customer, the increase in the value of assets on the customer's side, as well as the agreement on the payment stage of the contract that the company has not been able to study. Keywords: Income, Based on PSAK 72, PT Mandiri Indonesia agam
Pengaruh Penggunaan Absensi Fingerprint Dan Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Palembang Damayanti, Reina; Hendri, Edduar; Puspita, Ayu
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v19i3.9471

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh Absensi Fingerprint dan  Pengawasan terhadap Disiplin Kerja. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel yang diteliti adalah 64 pegawai. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji f dengan menggunakan program Software spss 21 for windows.  Dari hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa ada Absensi Fingerprint (X1) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan Absensi Fingerprint terhadap Disiplin Kerja. Sedangkan Pengawasan dengan nilai signifikan 0,000 > 0,05, artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan Pengawasan terhadap Disiplin Kerja. Hasil pembahasan uji F secara simultan diperoleh oleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat diterangkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Absensi Fingerprint dan  Pengawasan terhadap Disiplin Kerja Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Palembang. Kata Kunci: Absensi Fingerprint, Pengawasan dan Disiplin Kerja  ABSTRACT  This study intends to determine the effect of Fingerprint Attendance and Supervision on Work Discipline. The method used in this study is a quantitative method with the number of samples studied is 64 employees. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis, correlation coefficient analysis, coefficient of determination analysis, t test and f test using the software program spss 21 for windows. From the results of the t-test research, it shows that there is Fingerprint Attendance (X1) with a significant value of 0.000 <0.05, meaning that partially there is a significant effect of Fingerprint Attendance on Work Discipline. While Supervision with a significant value of 0.000 > 0.05, it means that partially there is a significant effect of Supervision on Work Discipline. The results of the discussion of the F test simultaneously obtained by a significant value of 0.000 <0.05, meaning that H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be explained that there is a significant influence between Fingerprint Attendance and Supervision of the Work Discipline of the Education Office of the South Sumatra Province of Palembang. Keywords : Fingerprint Attendance, Supervision and Work Discipline
Pengaruh Ukuran Perusahaan, Beban Pajak Tangguhan Dan Leverage Terhadap Tindakan Penghindaraan Pajak (Tax Avoidance) Dengan Transparansi Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan ManufakturYang Terdaftar Di BEI Damayanti, Damayanti; Nafsiah, Siti Nurhayati
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v19i3.9460

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, beban pajak tangguhan dan leverage terhadap tindakan penghindaran (tax avoidance) dengan transparansi sebagai variabel moderating pada perusahaan manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang diproksikan dengan cash effective tax rate. Dengan populasi meliputi seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode pengamatan yaitu 2018-2021. Dari seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI, kami memilih 15 perusahaan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, semua data sekunder diolah sesuai indikator yang digunakan dan dilakukan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, beban pajak tangguhan, tidak berpengaruh terhadap tindakan penghindaran pajak (CETR) berdasarkan nilai signifikansi uji-t sebesar 0,185, 0,473, atau lebih besar dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis bahwa ukuran perusahaan, beban pajak tangguhan tidak berpengaruh terhadap tindakan penghindaran pajak. Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tindakan penghindaran pajak, ukuran perusahaan*transparansi dan beban pajak tangguhan*transparansi tidak memoderasi hubungan terhadap tindakan penghindaran pajak berdasarkan nilai signifikansi uji-t 0,180 dan 0,431. Sedangkan leverage*transparansi memperkuat terhadap tindakan penghindaran pajak berdasarkan nilai signifikansi uji-t sebesar 0,025 atau lebih kecil dari 0,05. Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Beban Pajak Tangguhan, Leverage, Tindakan Penghindaran Pajak (tax avoidance), Transparansi  ABSTRACT This study aims to determine the effect of firm size, deferred tax burden and leverage on tax avoidance with transparency as a moderating variable in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange as proxied by the cash effective tax rate. With a population covering all food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange during the observation period, 2018-2021. From all food and beverage companies listed on the IDX, we selected 15 companies using purposive sampling technique. To determine the effect of independent variables on variables, all secondary data was used according to the indicators used and multiple linear regression analysis was performed. The results of this study indicate that firm size, deferred tax expense has no effect on tax avoidance measures (CETR) based on the t-test significance value of 0.185, 0.473, or greater than 0.05. Thus, it is hypothesized that firm size, deferred tax expense has no effect on tax avoidance. Leverage has a negativeand significanteffect on tax avoidance measures, firm size*transparency and deferred expense*transparency do not moderate the relationship to tax avoidance actions based on the t-test significance valuesof 0.180 and 0.431. Meanwhile, leverage*transparency strengthens tax avoidance measures based on the t-test significance value of 0.025 or less than 0.05. Keywords: Firm Size, Deferred Tax Expense, Leverage, Tax Avoidance, Transparency
Pengaruh Covid 19 Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Klaim Asuransi Pada PT. Jasaraharja Putera Palembang Hartati, Mika; Heriyanto, Heriyanto
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v19i3.9467

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh covid 19 terhadap kinerja karyawan bagian klaim asuransi, sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang responden yang merupakan karyawan PT.Jasaraharja Putera cabang Palembang, metode penarikan sampel yang digunakan peneliti adalah metode sensus (sampling jenuh), jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Teknik analisis regresi sederhana, uji validitas dan uji reabilitas, pengujian hipotesis melalui uji t, serta analisis koefisien korelasi dan determinasi.Dari hasil penelitian ini adalah pengaruh Covid 19 secara parsial berpengaruh signifikansi sebesar thitung 2.510 > ttabel sebesar  2,024 dengan signifikansi sebesar 0,016 < 0,05 dapat disimpulkan secara parsial ada pengaruh positif signifikan antara covid 19 terhadap kinerja karyawan bagian klaim asuransi. Berdasarkan nilai koefisien determinasi R square (R) sebesar 0,142 atau 14,2% artinya kontribusi sumbangan pengaruh covid 19 (X) terhadap kinerja karyawan bagian klaim asuransi (Y) sisa nya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. KataKunci:Covid 19, Kinerja Karyawan  ABSTRACT This study aims to determine the effect of covid 19 on the performance of employees of the insurance claim section, the sample in this study was 40 respondents who were employees of PT.Jasaraharja Putera Palembang branch, the sampling method used by researchers was the census method (saturated sampling), this type of research is a quantitative research using simple regression analysis technique, validity and reliability test, hypothesis testing through t test, and correlation coefficient analysis and determination.From the results of this study, the effect of Covid 19 partially has a significant effect of tcount 2,510 > ttable of 2,024 with a significance of 0.016 <0.05, it can be concluded that partially there is a significant positive effect between covid 19 on the performance of employees in the insurance claims section. Based on the coefficient of determination R square (R) of 0.142 or 14.2%, it means that the contribution of the impact of covid 19 (X) on the performance of employees in the insurance claim section (Y) is influenced by other factors. Keywords: Covid 19, Employee Performance
Pengaruh Kemampuan Adaptasi, Komunikasi Persuasif Terhadap Kualitas Kerja Karyawan Pada PT KAI (Persero) Divre III Palembang Suhada, Suhada; Damayanti, Reina; Juniarti, Analisa
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v19i3.9472

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keserbagunaan dan korespondensi yang memikat terhadap sifat pekerjaan perwakilan di PT KAI (Persero) DIVRE III PALEMBANG. Strategi yang yang digunakan dalam review ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah tes yang dipertimbangkan adalah 40 delegasi. Pemeriksaan kekambuhan langsung dasar, pemeriksaan kekambuhan langsung, pemeriksaan koefisien kepastian, uji t dan uji F dengan program produk spss 22 for windows. Dari hasil penelitian uji-t menunjukkan bahwa tidak ada keserbagunaan (X1) dengan nilai tidak relevan sebesar 0,587 > 0,05, menyiratkan bahwa agak tidak ada dampak besar fleksibilitas terhadap sifat kerja perwakilan. Sedangkan variabel korespondensi meyakinkan (X2) dengan nilai kritis 0,029 < 0,05, agaknya terdapat pengaruh korespondensi yang menarik terhadap sifat pekerjaan representatif. Akibat percakapan uji F tersebut diperoleh nilai kritis 0,035 < 0,05 yang berarti H0 ditolak, Ha diakui. Kata kunci: Kemampuan Adaptasi, Komunikasi Persuasif, Kualitas Kerja  ABSTRACT  This study was to decide the impact of flexibility and powerful correspondence on the nature of work of representatives at PT KAI (Persero) DIVRE III PALEMBANG. The quantity of tests examined is 40 workers. The information examination method utilized in this exploration is straightforward direct relapse examination, different straight relapse investigation, coefficient of assurance examination, t test and F test with the product program spss 22 for windows. From the aftereffects of the t-test research, it shows that there is no flexibility (X1) with an immaterial worth of 0.587 > 0.05, implying that somewhat there is no huge impact of versatility on the nature of work of representatives. While the variable of enticing correspondence (X2) with a huge worth of 0.029 <0.05, somewhat there is a critical impact of convincing correspondence on the nature of work of representatives. The consequences of the conversation of the F test at the same time got a critical worth of 0.035 <0.05, implying that H0 is dismissed, Ha is acknowledged. Keywords:Adaptability, Persuasive Communication, Quality of Work
Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Bank SumseI BabeI Kantor Cabang Jakabaring PaIembang Erdiansyah, Erdiansyah; Robyardi, Erfan; Mayasari, Veny; Sari, Intan Dwi
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v19i3.9461

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari peneIitian ini adaIah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh komunikasi interpersonaI dan motivasi kerja terhadap peningkatan kinerja karyawan pada Bank SumseI Cabang BabeI Jakabaring PaIembang dengan jumIah popuIasi 44 orang. Teknik pengambiIan sampeI daIam peneIitian ini menggunakan metode sampIing purposive yaitu penentuan sampeI dengan memperhatikan kriteria. DaIam peneIitian ini sampeI berdasarkan jumIah karyawan tetap Bank SumseI BabeI cabang Jakabaring PaIembang yang berjumIah 35 orang yang menjadi responden. Metode yang digunakan untuk pengumpuIan data adaIah angket (kuesioner), wawancara dan observasi. Teknik anaIisis data yang digunakan daIam peneIitian ini adaIah regresi Iinier berganda, anaIisis koreIasi, anaIisis determinasi, uji hipotesis t, dan uji hipotesis F menggunakan SPSS 21 for Windows.HasiI peneIitian menunjukkan bahwa secara parsiaI dan simuItan terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonaI dan motivasi kerja terhadap peningkatan kinerja karyawan pada Bank SumseI BabeI Cabang Jakabaring PaIembang. HaI ini terbukti dari uji-t variabeI komunikasi interpersonaI yaitu 0,004 < 0,05 dan variabeI motivasi kerja 0,002 < 0,05. Berdasarkan hasiI uji F yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti semua variabeI bebas mempengaruhi variabeI terikat secara simuItan. Kata kunci : Komunikasi lnterpersonaI, Motivasi Kerja , Kinerja Karyawan  ABSTRACT The purpose of this study was to determine whether there is an infIuence of interpersonaI communication and work motivation on improving empIoyee performance at Bank SumseI BabeI Jakabaring PaIembang Branch with a popuIation of 44 peopIe. The sampIing technique in this study used purposive sampIing method, nameIy the determination of the sampIe by taking into account the criteria. ln this study, the sampIe was based on the number of permanent empIoyees of the Bank SumseI BabeI branch of Jakabaring PaIembang, which amounted to 35 peopIe who became respondents. The method used for data coIIection is a questionnaire (questionnaire), interviews and observations. The data anaIysis techniques used in this study were muItiple linear regression, correIation anaIysis, determination anaIysis, t hypothesis testing, and F hypothesis testing using SPSS 21 for Windows.The resuIts showed that partiaIIy and simuItaneousIy there was a significant infIuence between interpersonaI communication and work motivation on improving empIoyee performance at Bank SumseI BabeI, Jakabaring PaIembang branch. This is evident from the t-test of interpersonaI communication variabIes, nameIy 0.004 <0.05 and work motivation variabIe 0.002 <0.05. Based on the results of the F test, nameIy 0.000 <0.05, which means that aII independent variabIes affect the dependent variabIe simuItaneousIy. Keywords:lnterpersonaI Communication, Work Motivation, EmpIoyee Performance
Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Mitra Husada Air Kumbang Banyuasin Najib, Muhammad; Oktariansyah, Oktariansyah; Heryati, Heryati
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v19i3.9468

Abstract

ABSTRAK Data yang diamati merupakan data lingkungan kerja dan data kinerja karyawanpada CV. Mitra Husada Air Kumbang Banyuasin. Analisis data dan pembahasan dilakukan dengan menggunakan metode analsis kuantitatif yaitu dengan membandingkan hasil perhitungan lingkungan kerja dengan kinerja karyawan menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana.Hasil pembahasan didapat persamaan regresi linier sederhana yaitu Y = 10,346 + 0,772X. nilai konstanta sebesar  10,346 artinya lingkungan kerja (X) nilainya adalah 0, maka kinerja karyawan nilainya 10,346. Sedangkan koefisien regresi variabel lingkungan kerja (X) sebesar 0,772, artinya jika lingkungan kerja mengalami kenaikan sebesar 1, maka kinerja karyawan (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,772. Koefisisen determinasinya (R2) = 0,811 hal ini berarti korelasi variabel lingkungan kerja dengan kinerja karyawani adalah kuat,  besarnya kontribusi ini dapat dilihat dri nilai r2 = 0, 657, yang berarti besar kontribusi variabel lingkungan kerja terhadap variabel kinerja karyawani adalah sebesar 65,7% sedangka sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil pengujian hipotesis diperoleh  thitung = 13, 274, dan ttabel = 2,0098, berarti thitung lebih besar dari pada ttabel, dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan variabel lingkungan kerja terhadap variabel kinerja karyawan. Karena terdapat pengaruh yang nyata antara variabel lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, maka lingkungan kerja karyawanpada CV. Mitra Husada Air Kumbang Banyuasinperlu perhatikan lagi. Kata Kunci: Lingkungan Kerja dan Kinerja.  ABSTRACT The observed data are work environment data and employee performance data on CV. Partners of Husada Air Kumbang Banyuasin. Data analysis and discussion was carried out using quantitative analysis methods, namely by comparing the results of the calculation of the work environment with employee performance using simple linear regression data analysis techniques. The results of the discussion obtained a simple linear regression equation that is Y = 10.346 + 0.772X. the constant value of 10.346 means that the work environment (X) value is 0, then the employee's performance is 10.346. While the regression coefficient of the work environment variable (X) is 0.772, meaning that if the work environment increases by 1, then employee performance (Y) will increase by 0.772. The coefficient of determination (R2) = 0.811 this means that the correlation of the work environment variable with employee performance is strong, the magnitude of this contribution can be seen from the value of r2 = 0.657, which means that the contribution of the work environment variable to the employee performance variable is 65.7% while the rest is influenced by other variables not included in this study. The results of hypothesis testing obtained tcount = 13, 274, and ttable = 2.0098, meaning that tcount is greater than ttable, in other words there is a significant effect of work environment variables on employee performance variables. Because there is a real influence between work environment variables on employee performance, the employee work environment at CV. Husada Air Kumbang Banyuasin partners need to pay attention again. Keywords: Work Environment and Performance
Pengaruh Kepribadian Individu Dan Locus Of Control Terhadap Persepsi Kinerja Karyawan Pada Koperasi Kredit Himpunan Usaha Bersama (KOPDIT HUB) Cinta Manis Baru Darmawati, Tri; Usman, Benny; Muhrodi, Andi
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v19i3.9473

Abstract

ABSTRAK Dalam ulasan ini, dampak dari karakter individu dan locus of control pada cinta baru cinta manis membantu asosiasi kredit (KOPDIT HUB). Strategi yang digunakan dalam review ini adalah strategi kuantitatif dengan jumlah tes yang dipertimbangkan adalah 42 delegasi. Strategi pengecekan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian langsung langsung ulangan, penilaian langsung beda, koefisien keyakinan, uji t dan uji f dengan menggunakan program SPSS. 22 for windows. Dari hasil penelitian uji-t menunjukkan bahwa tidak ada karakter tunggal (X1) dengan nilai immaterial 0,592 > 0,05, menyiratkan bahwa agaknya tidak ada dampak kritis karakter individu terhadap kearifan eksekusi representatif. Sedangkan variabel locus of control pada representatif eksekusi kearifan (X2) dengan nilai besar 0,027 < 0,05, ini menyiratkan bahwa agak ada dampak kritis locus of control pada wawasan eksekusi pekerja. Konsekuensi percakapan uji F sekaligus mendapat nilai kritis 0,032 < 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diakui. Kata Kunci : Kepribadian Individu, Locus Of Control, Persepsi Kinerja Karyawan.  ABSTRACT  In this review, the impact of individual character and locus of control on the new love sweet love agreeable credit association (KOPDIT HUB. The strategy utilized in this study is a quantitative technique with the quantity of tests considered is 42 workers. The information examination procedure utilized in this exploration is basic direct relapse investigation, different straight investigation, coefficient of assurance, t test and f test involving SPSS 22 programming for windows. From the aftereffects of the t-test research, it shows that there is no singular character (X1) with an inconsequential worth of 0.592 > 0.05, implying that somewhat there is no huge impact of individual character on representative execution insights. While the locus of control variable on representative execution insights (X2) with a huge worth of 0.027 <0.05, it implies that somewhat there is a critical impact of locus of control on worker execution discernments. The consequences of the conversation of the F test all the while got a critical worth of 0.032 <0.05, meaning Ho is dismissed and Ha is acknowledged. Keywords: Individual Personality, Locus Of Control, Employee Performance Perception.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 22 No. 2 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2025 Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025 Vol. 21 No. 4 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2025 Vol. 21 No. 3 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2024 Vol. 21 No. 2 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2024 Vol. 21 No. 1 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2024 Vol. 20 No. 4 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2024 Vol. 20 No. 3 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2023 Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023 Vol. 20 No. 1 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2023 Vol. 19 No. 4 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2023 Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022 Vol 19, No 2 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2022 Vol. 19 No. 2 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2022 Vol 19, No 1 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2022 Vol 18, No 4 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2022 Vol 18, No 3 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2021 Vol 18, No 2 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2021 Vol 18, No 1 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2021 Vol 17, No 4 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2021 Vol 17, No 3 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2020 Vol 17, No 2 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2020 Vol 17, No 1 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2020 Vol 16, No 4 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2020 Vol 16, No 3 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2019 Vol 16, No 2 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2019 Vol 16, No 1 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2019 Vol 15, No 4 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2019 Vol 15, No 3 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2018 Vol 15, No 2 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2018 Vol 15, No 1 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2018 Vol 14, No 4 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2018 Vol 13, No 4 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, 4, Januari 2017 Vol 14, No 3 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2017 Vol 14, No 2 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2017 Vol 14, No 1 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2017 Vol 13, No 3 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2016 Vol 13, No 2 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2016 Vol 13, No 1 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2016 Vol 12, No 4 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2016 Vol 12, No 3 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2015 Vol 12, No 2 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2015 Vol 12, No 1 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2015 Vol 11, No 4 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2015 Vol 11, No 3 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2014 Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2014 Vol 11, No 1 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2014 Vol 10, No 4 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2014 Vol 10, No 3 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 10 No. 3, Oktober 2013 Vol 10, No 2 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 10 No. 2, Juli 2013 Vol 9, No 4 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 4, Januari 2013 Vol 10, No 1 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2013 Vol 9, No 3 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 3, Oktober 2012 Vol 9, No 2 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 2, Juli 2012 Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012 Vol 8, No 4 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 4, Januari 2012 Vol 8, No 3 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 3, Oktober 2011 Vol 8, No 2 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 2, Juli 2011 Vol 8, No 1 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 1, April 2011 Vol 7, No 4 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 4, Januari 2011 Vol 7, No 3 (2010): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 3, Oktober 2010 Vol 7, No 2 (2010): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 2, Juli 2010 Vol 5, No 1 (2008): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 5 No. 1, April 2008 Vol 3, No 4 (2007): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 4, Januari 2007 Vol 3, No 3 (2006): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 3, Oktober 2006 Vol 3, No 2 (2006): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 2, Juli 2006 More Issue