Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 16, No 1 (2022): Jurnal PASTI"
:
10 Documents
clear
ANALIS NUMERIK SIFAT MEKANIK BAHAN ABS & KOMPOSIT SERAT BAMBU APLIKASI PADA KOMPONEN ADJUSTER SEAT MOBIL
Keven Poul;
M. Sobron Yamin Lubis;
Silvi Ariyanti
Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) Vol 16, No 1 (2022): Jurnal PASTI
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1270.589 KB)
|
DOI: 10.22441/pasti.2022.v16i1.002
Komposit merupakan material yang tersusun atas campuran dua atau lebih material dengan sifat kimia dan fisika berbeda, dan menghasilkan sebuah material baru yang memiliki sifat-sifat berbeda dari material penyusunnya. Bambu merupakan salah satu serat alam yang dapat digunakan untuk bahan reinforcement pada bahan polymer untuk menjadi material komposit polimer. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sifat-sifat mekanik secara numerik bahan ABS yang digunakan pada komponen adjuster seat mobil terhadap komposit serat bambu. Penelitian dilakukan menggunakan software Autodesk fusion 360 dengan memvariasikan pembebanan sebesar 50, 75 dan 100 N untuk simulasi Von Misses, 1st principle dan 3rd principle, displacement. Dari hasil analisis diketahui bahwa pada simulasi discplacement material komposit bambu memiliki nilai deformasi lebih tinggi yaitu 0,4 mm berbanding material akrilonitril butadiene stiren (ABS) sebesar 0,3 mm pada pembebanan 100N. Material komposit serat bambu dapat digunakan sebagai material pengganti material utama yaitu Akrilonitril butadiene stiren (ABS).
PERAN CITRA MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH INFLUENCER INSTAGRAM TERHADAP NIAT BELI PRODUK PAKAIAN PADA KAUM WANITA GENERASI Z DI KOTA BANDUNG
Chandra Kuswoyo;
Cen Lu;
Felicia Abednego;
Sherly Veronica
Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) Vol 16, No 1 (2022): Jurnal PASTI
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (347.777 KB)
|
DOI: 10.22441/pasti.2022.v16i1.007
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor influencer pada sosial media Instagram terhadap niat beli yang dimediasi oleh citra merek. Pengaruh kredibilitas influencer pada berbagai platform sosial media berupa kepercayaan, keahlian, dan daya tarik diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk perusahaan, khususnya pada produk pakaian yang dibeli kaum wanita generasi Z. Citra merek yang meliputi citra perusahan, citra pengguna, dan citra produk juga merupakan pertimbangan awal konsumen sebelum memutuskan membeli suatu produk. Desain penelitian bersifat cross sectional. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling sebanyak 159 orang yang berdomisili di Bandung. Variabel Y dalam penelitian ini adalah niat beli dan variabel X adalah instagram influencer. Variabel Z sebagai variabel mediasi yang digunakan adalah citra merek. Metode analisis dalam penelitian ini yaitu Path Analysis. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa instagram influencer memengaruhi secara langsung niat beli konsumen, dan berpengaruh secara tidak langsung terhadap niat beli konsumen melalui citra merek sebagai variabel mediasi.
METODE QEC UNTUK PENILAIAN POSTUR TUBUH PEKERJA DI MENARA LOGAM
Iva Mindhayani
Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) Vol 16, No 1 (2022): Jurnal PASTI
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (593.154 KB)
|
DOI: 10.22441/pasti.2022.v16i1.008
Tuntutan pekerjaan, minimnya pengetahuan serta keterbatasan menyebabkan pekerja tidak memperhatikan postur tubuh saat bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah suatu jenis pekerjaan memiliki risiko cedera sistem muskuloskeletal secara keseluruhan. Metode yang digunakan untuk menilai postur tubuh pekerja adalah QEC. Metode QEC mempertimbangkan pendapat pekerja yang dianalisis. Penelitian diawali dengan observasi langsung untuk melihat dan mengamati postur tubuh pekerja saat bekerja, kemudian mengumpulkan data dengan mengisi lembar kuisioner QEC oleh pekerja dan pengamat, memasukkan data kuisioner ke QEC Calculation Tool Template untuk mendapatkan nilai exposure score, lalu menghitung nilai exposure level pekerja bagian pengelasan dan pengecatan. Hasil perhitungan sebanyak 85,7% pekerja memiliki nilai exposure level >70% yang berarti perlu penyelidikan dan perubahan secepatnya. Sedangkan 14,3% memiliki nilai exposure level sebesar 69, 3% yang berarti perlu penyelidikan dan perubahan segera. Saran yang diberikan untuk meminimalisir risiko cedera adalah memberikan pelatihan K3, merancang meja dan kursi ergonomis serta dapat diatur ketinggiannya.
PENGARUH PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEINGINAN MEMBELI PRODUK OTOMOTIF DI ERA PANDEMI COVID-19 DENGAN PROMOSI DAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Muhammad Ibrahim Ats-Tsauri;
Muhammad Syahri Nur Afif;
Yulizan Rizki;
Alfa Firdaus
Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) Vol 16, No 1 (2022): Jurnal PASTI
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (565.703 KB)
|
DOI: 10.22441/pasti.2022.v16i1.006
Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak besar pada penjualan produk otomotif. Kontribusi industri manufaktur mobil terhadap PDB pada 2020 tercatat mengalami penurunan sebesar 14,10% atau setara Rp 23,7 triliun. Hal ini karena penjualan mobil mengalami penurunan 48.4%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kualitas terhadap keinginan membeli produk otomotif di era pandemi COVID-19 dengan promosi dan brand image sebagai variabel moderating. Variabel yang dipilih adalah persepsi kualitas produk dan keinginan membeli, dengan promosi dan brand image sebagai variabel moderating. Uji statistik dan pengolahan data dilakukan dengan metoda SEM-PLS pada software SmartPLS 3.0, disertai dengan bootstrapping. Temuan penelitian menunjukan bahwa: (1) Persepsi kualitas berpengaruh secara moderat terhadap promosi; (2) Persepsi kualitas berpengaruh secara moderat terhadap keinginan membeli; (3) Persepsi kualitas tidak berpengaruh terhadap brand image; (4) Promosi berpengaruh secara moderat terhadap brand image; (5) Promosi tidak memiliki pengaruh terhadap keinginan membeli; dan (6) Brand image berpengaruh secara moderat terhadap keinginan membeli.
PENGURANGAN WAKTU PROSES PREPARATION TOOLS DALAM EVENT WORLD SKILLS COMPETITION DENGAN SINGLE MINUTE EXCHANGE OF DIES
Aditya Hartanto;
Uly Amrina
Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) Vol 16, No 1 (2022): Jurnal PASTI
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1350.319 KB)
|
DOI: 10.22441/pasti.2022.v16i1.004
Waktu adalah sebuah hal berharga yang tidak dapat diulang kembali. Kompetisi pun juga menggunakan batas waktu dalam pelaksanaan dan pencapaiannya baik dari secara proses maupun kualitas. Dalam pelaksanaan kompetisi, waktu dibagi menjadi 3 yaitu programming, prepare dan machining. Terfokus kepada kegiatan prepare selama 15 menit yang tidak terpenuhi (melewati batas), hal ini menyebabkan penggunaan waktu machining untuk mencukupi waktu proses kerja di kegiatan prepare. Oleh karena itu perlu dilakukan analisa proses dengan micromotion study dan reduksi waktu dengan single minute exchange of dies. Setelah dilakukan observasi terhadap kegiatan prepare selama 18 menit 56 detik, dan telah dilakukan penerapan metode yang tepat, waktu proses preparation time berhasil masuk didalam limit waktu 15 menit menjadi 11 menit 56 detik yang berarti telah melakukan reduksi waktu sebesar 7 menit 0 detik (36.9%).
PERENCANAAN LINE BALANCING PROSES PRODUKSI PADA SHEARING LINE PLANT DENGAN MENGGUNAKAN METODE RANK POSITION WEIGHT
Arif Budi Sulistyo
Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) Vol 16, No 1 (2022): Jurnal PASTI
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (378.115 KB)
|
DOI: 10.22441/pasti.2022.v16i1.005
PT. XYZ merupakan perusahaan baja di Cilegon yang memproduksi dua jenis produk baja yaitu slab dan plate. Permasalahan yang terjadi di area shearing line plant adalah sering terhambatnya aktifitas produksi akibat meningkatnya delay time produksi. Penyebab peningkatan delay time adalah efektifitas proses produksi stasiun kerja yang kurang seimbang sehingga jumlah produksi menurun sebanyak 5% dan menyebabkan target perusahaan tidak tercapai. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan keseimbangan lini pada setiap stasiun kerja dengan menggunakan metode ranked position weight. Hasil yang didapat semua nilai mengalami peningkatan, yaitu nilai efisiensi lini dari 66,44% menjadi 77,50%, idle time dari 6.04 menjadi 2,65 menit dan smoothness index dari 2.66 menjadi 1,63. Kesimpulan penelitian ini adalah penggabungkan dua stasiun kerja menjadi satu, dari 7 menjadi 6 stasiun dapat mengurangi delay time dan meningkatkan efisiensi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah produksi untuk mencapai target.
DETERMINATION OF DIGITAL MARKETING STRATEGY WITH APPLICATION OF QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) IN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) SYSTEM COMPANY’S SNELL X
Muhammad Isa Lufti;
Rizaldi Mu'min;
Jakfat Haekal
Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) Vol 16, No 1 (2022): Jurnal PASTI
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (254.237 KB)
|
DOI: 10.22441/pasti.2022.v16i1.003
Marketing is one of the most important instruments in doing business, because marketing is the cornerstone of buying and selling transactions. Meanwhile, in the digital era, there have been several adjustments to marketing strategies according to market needs and behavior. Snell X is a company engaged in ERP system implementation services in companies. In developing its business, Snell X needs to do digital marketing. The method that is used on this research is the analysis of the SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats), this analysis includes internal and external factors which then to be examined by numbers and ratings. The other tool that will be used is QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) instruments which then examined based on what is found on SWOT matrix. Through these instruments, Snell X can determine their digital marketing strategies precisely and accurately. This research helps companies to develop digital marketing that will be carried out to build a brand image for customers. This research shows the significance of product and service development in Snell X’s advertising is rather important compared to market development.
PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PENGERINGAN TEH HITAM (ORTHODOKS) MENGGUNAKAN METODE DMAIC DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA VIII KEBUN GEDEH MAS, CIANJUR
Demi Ramadian;
Reza Asra Hidayat;
Mutiara Yetrina
Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) Vol 16, No 1 (2022): Jurnal PASTI
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (492.979 KB)
|
DOI: 10.22441/pasti.2022.v16i1.001
PT. Perkebunan Nusantara VIII Kebun Gedeh Mas, Cianjur merupakan perkebunan yang bergerak pada pengolahan bahan baku teh hitam (Orthodoks). Permasalahan yang sering terjadi adalah pengendalian kualitas proses pengeringan kurang maksimal dan belum memenuhi standar perusahaan sehingga mempengaruhi produk yang dihasilkan. Agar kerugian dapat diminimalisir, maka perlu dilakukan tindakan perbaikan agar produk yang dihasilkan sesuai dengan standar perusahaan. Konsep DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) pada metode Six Sigma merupakan salah satu metode dalam perbaikan kualitas. Hasil pengolahan dan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan pada proses pengeringan produksi teh hitam terdapat cacat produk. Faktor yang menyebabkan kualitas kurang bagus adalah pertama material yang digunakan. Faktor kedua yaitu manusia atau operator, dan faktor ketiga adalah mesin yang digunakan. Langkah peningkatan kualitas dilakukan dengan menggunakan alat implementasi five M-Checklist. Faktor - faktor yang menyebabkan kualitas produk kurang bagus dibuatkan rencana perbaikannya agar tidak terjadi lagi cacat pada produk.
PENERAPAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM MENENTUKAN SUPPLIER BATU DAN TANAH
Haryadi Sarjono;
Antonius Antonius;
Hilman Rizky;
Faulika Ridani
Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) Vol 16, No 1 (2022): Jurnal PASTI
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (154.563 KB)
|
DOI: 10.22441/pasti.2022.v16i1.010
Tujuan penelitian ini untuk dapat menganalisa dan mencari supplier batu dan tanah yang tepat bagi perusahaan menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) di PT. Jaya Abadi Makmur*), perusahaan konstruksi berbasis lokal, yang didirikan tahun 2011, dimana dalam pengembangan bisnisnya, selalu bekerja sama dengan perusahaan lokal lainnya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alat analisis yang digunakan adalah FAHP dengan melakukan penelitian berdasarkan keprioritas-an dimensi. Dimensi prioritas merupakan dimensi harga, ketepatan jumlah, customer care, ketepatan pengiriman, dan dimensi kualitas. Dalam merealisasikan metode FAHP penulis mengumpulkan data dari hasil wawancara dari pihak perusahaan, dan data internal yang di berikan perusahaan terkait dalam pengerjaan proyek pengerukan tanah. Hasil penlitian dari perhitungan yang dilakukan, PT. Mitra B*) merupakan supplier terbaik dibandingkan dengan supplier lainnya dengan nilai 0,334.
PEMBUATAN PROGRAM MACHINING TIME GUARD MESIN CNC UNTUK MENJAGA CYCLE TIME MESIN PADA PROSES PRODUKSI SEPEDA MOTOR MATIC
Agus Sanjaya Putra;
Popy Yuliarty
Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) Vol 16, No 1 (2022): Jurnal PASTI
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (694.496 KB)
|
DOI: 10.22441/pasti.2022.v16i1.009
Perusahaan tempat dilakukan penelitian ini adalah PT. X yang bergerak dibidang manufaktur kendaraan roda dua yang terletak di Jakarta. Permasalahan yang terjadi di PT. X saat ini adalah salah satunya cycle time produksi yang melebihi standar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja penyebab Cycle Time yang melebihi standar, menemukan solusi permasalahan Cycle Time agar selalu dalam keadaan standar, mengetahui hasil penerapan perbaikan yang dilakukan. Dalam pelaksanaan penelitian ini, digunakan konsep Kaizen dengan pendekatan metode PDCA untuk menyelesaikan serta mengendalikan suatu permasalahan dengan pola yang runtun dan sistematis. Selain itu untuk kegiatan continuous improvement dalam rangka memperpendek alur kerja dan menghapuskan pemborosan ditempat kerja dan meningkatkan produktivitas. Hasil dari penelitian ini berupa program machining time guard yang berguna untuk menjaga cycle time agar tetap dalam kondisi standar. Program machining time akan memberikan sinyal alarm apabila machining time melebihi atau kurang dari standar.