cover
Contact Name
Yogi Kuncoro Adi
Contact Email
pedagogi@uniku.ac.id
Phone
+6282323239779
Journal Mail Official
pedagogi@uniku.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia, 45513
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Published by Universitas Kuningan
ISSN : 24074837     EISSN : 26141728     DOI : https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1
Core Subject : Education,
Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & November) sebagai media diseminasi hasil penelitian akademisi dan praktisi pendidikan dasar. Kami mengundang penulis untuk men-submit karya ilmiah di bidang pendidikan dasar yang belum pernah diterbitkan atau tidak sedang ditinjau oleh jurnal lain. Ruang lingkup jurnal ini adalah artikel dari penelitian yang berkaitan dengan pendidikan dasar termasuk strategi pembelajaran, media pembelajaran, kurikulum dan pembelajaran, manajemen pembelajaran dan/atau pendidikan, evaluasi pembelajaran, dan bimbingan konseling di sekolah dasar.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2020)" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN KELAS VI SDN ANYELIR 1 DEPOK Muhammad Rijal Fadillah; Mimin Ninawati
Pedagogi Vol 7, No 2 (2020)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v7i2.3532

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop up book materi perkembangbiakan hewan kelas VI SDN Anyelir 1 Depok. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (RD). Penelitian ini menggunakan metode 4D dengan empat langkah, yaitu: 1) tahap Define (pendefinisian), 2) tahap design (perancangan), 3) develop (pengembangan), 4) dissiminate (penyebaran). Tempat penelitian ini adalah di SDN Anyelir 1 Depok. Subjek uji coba diterapkan kepada 33 peserta didik kelas VI A di SD tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, dan angket respon peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan produk adalah media pembelajaran pop up book materi perkembangbiakan hewan. Hasil validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 94% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli media mendapat skor rata-rata 95% dengan kategori “sangat layak”. Hasil tanggapan siswa berdasarkan uji coba lapangan mendapatkan skor rata-rata 82% yang termasuk kategori “sangat layak”. Karena siswa merasa tertarik untuk menggunakan media kontekstual pop up book. Berdasarkan hasil perolehan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book pada materi perkembangbiakan hewan ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA.Kata Kunci:  pengembangan; media pop up book; perkembangbiakan hewan.
PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATERI BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUBUH PADA HEWAN DAN TUMBUHAN Norma Azizah; Dian Permana Putri; Setiyani Setiyani
Pedagogi Vol 7, No 2 (2020)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v7i2.3564

Abstract

Pengembangan media pembelajaran merupakan serangkaian proses atau kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berdasarkan teori yang ada dan validasi sebuah produk agar layak digunakan untuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil desain pengembangkan media scrapbook pada materi bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan. (2) validasi dari para ahli mengenai pengembangan media scrapbook. (3) praktikalitas media scrapbook. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Model pengembangan yang digunakan model 4-D menurut Thiagaradjan. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu RD (Research and Development), Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, validasi, dan instrumen penilaian praktikalitas. Kelayakan media diperoleh dari dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media, sedangkan data praktikalitas diperoleh dari 5 orang guru sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media scrapbook layak untuk digunakan dengan perolehan skor oleh validator ahli materi sebesar 75 dengan presentase nilai 75% termasuk dalam kategori cukup valid dan untuk validator ahli media memberikan skor 97 dengan presentase nilai 97% termasuk dalam kategori sangat valid. dan untuk praktikalitas diperoleh rata-rata nilai 83,8 dengan presentase nilai 83,8% termasuk dalam kategori sangat praktis.                                             Kata Kunci: pengembangan; media; scrapbook.
KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA SISWA SEKOLAH DASAR Dita Rahayu; Ari Metalin Ika Puspita; Flora Puspitaningsih
Pedagogi Vol 7, No 2 (2020)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v7i2.3626

Abstract

Sikap kerjasama sangat penting ditanamkan dalam diri siswa siswa mudah agar bersosialisasi dimanapun mereka berada, selain itu akan menumbuhkan sikap terbuka dan mudah menerima perbedaan. Namun permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu sikap kerjasama antar siswa cenderung masih rendah dan mementingkan ego masing-masing, tidak mau menerima saran dari teman, mendominasi di dalam kelompok, dan pasif  pada saat mengerjakan tugas secara kelompok. Oleh sebab itu penelitian ini bertuujuan  untuk menguji keefektifan Model Project Based Learning terhadap sikap kerjasama siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan tipe penelitian  eksperimen dengan metode pre experimental design the one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 4 SDN 1 Bangun, yang berjumlah 13 siswa.  Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh, dimana semua populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan non tes yaitu lembar angket. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji non parametrik dengan formula Wilcoxon. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu ada pengaruh model project based learning terhadap sikap kerjasama siswa sekolah dasar. Model project based learning terbukti efektif meningkatkan sikap kerjasama siswa sekolah dasar. Efektivitas tersebut ditunjukkan oleh nilai posttest yang lebih tinggi dari nilai pretest sikap kerjasama.Kata Kunci:  model project based learning; sekolah dasar; sikap kerjasama.
ANALISIS IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DALAM MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PKN Agung Barkah; Tria Mardiana; Muhammad Japar
Pedagogi Vol 7, No 2 (2020)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v7i2.3426

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang dilakukan guru kelas di SD Negeri Sidorejo pada mata pelajaran PKn di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pengambilan data berupa wawancara yang dilakukan kepada kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua, observasi kepada kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua, serta pencermatan beberapa dokumen pendukung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan merupakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan analisis metode pembelajaran yang digunakan oleh guru di SD Negeri Sidorejo pada mata pelajaran PKn di masa pandemi Corona/COVID-19. Metode yang digunakan guru diantaranya ceramah melalui voicenote, demonstrasi secara langsung secara terbatas maupun demonstrasi melalui video, pemberian contoh melalui foto, penugasan secara tertulis yang diberikan via WhatsApp maupun siswa atau orang tua mengambil tugas di sekolah, dan praktek yang divideokan dan dikirim melalui aplikasi WhatsApp.Kata Kunci: metode pembelajaran; pembelajaran daring; pandemi covid-19.
ANALISIS MATERI POKOK BAHASA INDONESIA PADA BUKU AJAR TEMATIK KELAS IV EDISI REVISI 2018 Seka Andrean; Muhammad Sufyan Ats-Tsauri; Muhamad Farizal
Pedagogi Vol 7, No 2 (2020)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v7i2.3578

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi dari materi bahasa Indonesia pada buku tematik kelas IV edisi revisi 2018 dengan beberapa aspek yaitu ruang lingkup materi berdasarkan Permendikbud No 21 tahun 2016; HOTS (Higher Order Thinking Skills); 4Cs (creative thinking, critical thinking, communication, collaboration); literasi membaca-menulis; literasi digital dan analisis karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis analisis wacana pada materi bahasa Indonesia di buku tematik kelas IV edisi revisi 2018. Hasil penelitian ini menunjukan adanya relevansi antara buku tematik kelas IV pada aspek yang sudah disebutkan dengan hasil 48% materi sudah disajikan, keterampilan HOTS belum relevan dengan hasil analisis yakni C3 sebanyak 25 indikator, dan C4 sebanyak 3 indikator, relevansi 4C sudah cukup merata dari 9 tema tersebut, literasi baca-tulis berdasarkan KD telah ditanamkan dengan cukup baik, literasi digital dalam pengembangan KD sudah cukup relevan dengan mengajak siswa untuk melihat sesuatu yang baru yang bersumber dari berbagai media visual teknologi, dan relevansi karakter yang dikembangkan meliputi peduli, disiplin, tanggung jawab, jujur, percaya diri, ketelitian, menghargai, cermat, rasa ingin tahu yang tinggi, dan dapat bekerja sama.Kata Kunci: relevansi; materi; bahasa indonesia; buku tematik kelas iv.
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGURANGAN DENGAN ALAT PERAGA POHON PENGURANGAN (POHRANG) SISWA KELAS I MI/SD Fatkhul Arifin; Windi Yanti; Fauzan Fauzan
Pedagogi Vol 7, No 2 (2020)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v7i2.3363

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi pengurangan dengan menggunakan alat peraga Pohon Pengurangan (POHRANG). Penelitian ini dilaksanakan pada kelas I SDN Sudimara 7 Ciledug. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 kali tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi (evaluasi). Pengumpulan data pemahaman konsep pengurangan atau instrumen yang dipakai pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Tes berupa pengerjaan soal pada setiap siklus, sedangkan non tes berupa observasi dan pengamatan kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep pengurangan siswa dengan alat peraga Pohon Pengurangan (POHRANG). Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata kelas 81,4 pada siklus I dan 89,7 pada siklus II atau ada peningkatan 8,3 dari rata-rata nilai awal. Dengan demikian dapat disimpulkan bawa pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga Pohon Pengurangan (POHRANG) dapat meningkatkan pemahaman konsep pengurangan siswa. Kata Kunci:  media pembelajaran; pohon pengurangan (pohrang); pemahaman konsep.

Page 1 of 1 | Total Record : 6