cover
Contact Name
Yogi Kuncoro Adi
Contact Email
pedagogi@uniku.ac.id
Phone
+6282323239779
Journal Mail Official
pedagogi@uniku.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia, 45513
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Published by Universitas Kuningan
ISSN : 24074837     EISSN : 26141728     DOI : https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1
Core Subject : Education,
Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & November) sebagai media diseminasi hasil penelitian akademisi dan praktisi pendidikan dasar. Kami mengundang penulis untuk men-submit karya ilmiah di bidang pendidikan dasar yang belum pernah diterbitkan atau tidak sedang ditinjau oleh jurnal lain. Ruang lingkup jurnal ini adalah artikel dari penelitian yang berkaitan dengan pendidikan dasar termasuk strategi pembelajaran, media pembelajaran, kurikulum dan pembelajaran, manajemen pembelajaran dan/atau pendidikan, evaluasi pembelajaran, dan bimbingan konseling di sekolah dasar.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2021)" : 6 Documents clear
PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI MEDIA KOMIK SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI Tri Mulyati; Rida Fironika Kusumadewi; Nuhyal Ulia
Pedagogi Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v8i1.4054

Abstract

 Kegiatan belajar interaktif bukan menekankan pada hasil namun lebih ke proses belajar, sehingga bagaimana seorang guru dapat membuat siswa lebih mudah menguasai pelajaran yang tidak diperoleh dari kegiatan menghafal namun dari mengalami atau pengalaman. Dalam mempermudah memahami pelajaran perlunya alat atau media penunjang, pada masa pandemic media memiliki peran penting dalam meraih tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pembelajaran interaktif melalui media komik bagi siswa kelas II sebagai solusi pembelajaran dimasa pandemi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Data hasil penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan angket yang diambil dari beberapa responden sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran interaktif melalui media komik sebagai solusi pembelajaran dimasa pandemic cukup memenuhi kriteria dan memberikan nuansa baru dalam pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan pendidik menguasai strategi yang digunakan dan memaksimalkan dalam penggunaan media.Kata kunci: pembelajaran interaktif, media komik, pandemi
DEVELOPMENT OF LEARNING PROGRESSION MODELING-BASED TEACHING (LP-MBT) FOR STUDENTS WITH LEARNING DIFFICULTIES IN INCLUSIVE CLASSROOMS Teguh Prasetyo; Asep Supena; Rasmitadila Rasmitadila; Widyasari Widyasari
Pedagogi Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v8i1.4075

Abstract

Understanding student characteristics and the process of designing learning according to students with special needs are the main weaknesses of lecturers in inclusive classes. Students often complain that lecturers' learning is still monotonous, lack of variation in learning strategies, and the absence of learning media so that students experience difficulties in the process of visualizing the content of teaching materials in class. The research objective was to develop Learning Progression during Modeling-Based Teaching (LP-MBT) to help students with learning difficulties in higher education. The research method used in research and development follows Thiagarajan's (1974) 4-D model but is only applied to 3-D, namely the define, design, and developing stages. This preliminary research study involved three student respondents with special needs and twelve regular students from Elementary School Teacher Education students at Djuanda University. The research was conducted during the odd semester of the 2020/2021 academic year. The process of collecting research data was carried out using questionnaires and semi-structured interviews through online or online applications. The research results are as follows; (1) the define stage, the researcher analyzes the problems of students with special needs in the learning process in the classroom; (2) in the design stage, researchers designed Learning Progression during Modeling-Based Teaching (LP-MBT) in inclusive classroom learning based on theoretical studies and the needs of students with learning difficulties; and (3) the developing stage, the researcher validates the experts and conducts limited trials for 15 students online through the zoom application. Suggestions from this study, the Learning Progression during Modeling-Based Teaching (LP-MBT) design can be used for students with special needs, especially learning difficulties because it can activate the learning content visualization process for students and provide opportunities to express more equitable opinions.
KORELASI ANTARA KECERDASAN NATURALIS TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SEKITAR SISWA SD NEGERI PULOREJO 01 Indah Rahmawati; Fina Fakhriyah; Sekar Dwi Ardianti
Pedagogi Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v8i1.4118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kecerdasan naturalis terhadap sikap peduli lingkungan sekitar siswa di SD Negeri Pulorejo 01. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional yang berjenis korelasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling yaitu simple random sampling sebanyak 30 siswa. Pengambilan data menggunakan teknik non tes yaitu angket kecerdasan naturalis dan angket sikap peduli lingkungan. Berdasarkan uji prasyarat didapatkan bahwa data berdistribusi normal dan mempunyai hubungan yang linier antar kedua variabel. Uji hipotesis menggunakan teknik Product Momen Pearson mendapatkan nilai signifikan 0,027 0,05 sehingga terdapat hubungan antara kecerdasan naturalis terhadap sikap peduli lingkungan sekitar. Nilai rhitung 0,404 0,361 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat hubungan antara kecerdasan naturalis terhadap sikap peduli lingkungan sekitar siswa SD Negeri Pulorejo 01 dengan hubungan dalam kategori cukup. Sumbangan efektif yang diberikan dari kecerdasan naturalis terhadap sikap peduli lingkungan sebesar 16,3%.
PENGUATAN NILAI KARAKTER SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR Eliana Yunitha Seran; Mardawani Mardawani
Pedagogi Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v8i1.4142

Abstract

Kegiatan penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 3 tahun 2020 terkait dengan pandemi Covid 19. Masalah umum dalam penelitian ini adalah penguatan nilai karakter dalam proses kegiatan belajar mengajar masa Pandemi Covid-19 siswa tingkat sekolah dasar di Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan nilai karakter dalam kegiatan belajar mengajar  Masa Pandemi Covid 19 siswa tingkat sekolah dasar di Sintang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi yang dilakukan kepada guru, siswa, dan orangtua. Dan wawancara yang dilakukan kepada siswa, guru, dan orangtua serta penelaahan beberapa dokumen terkait. Teknis analisa data yang digunakan  adalah teknik analisa data kualitatif Miles dan Huberman yang terdiri dari mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dan memverifikasi. Kegiatan penelitian ini menghasilkan  penguatan nilai karakter dalam kegiatan belajar mengajar masa pandemi covid 19  menguat pada empat nilai karakter yaitu nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, dan bertanggungjawab. Sedangkan peran guru sebagai fasilitator, motivator, informator, inisiator, dan evaluator dalam kegiatan belajar mengajar  masa pandemi covid 19 tingkat sekolah dasar di Sintang.  Serta peran orangtua dalam penguatan nilai karakter pada kegiatan belajar mengajar masa pandemi covid 19 siswa Sekolah Dasar di Sintang yaitu sebagai pendidik, sebagai pendorong, sebagai pengawas dan sebagai konselor. Hasil dari kegiatan penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi dan pengembangan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar kearah yang lebih baik dengan penguatan nilai karakter.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI SAINS PADA ORGAN PERNAPASAN HEWAN DAN MANUSIA Dian Permana Putri; Setiyani Setiyani; Rita Anggraeni
Pedagogi Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v8i1.3771

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar modul untuk meningkatkan litersi sains pada siswa. Metode penelitian ini adalah Research And Development (RD). Model dalam penelitian ini dengan menggunakan model ADDIE pada materi organ pernapasan hewan dan manusia. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan dua analisis data diantaranya analisis data kuantitatif dan analisis dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahan ajar modul mendapatkan penilaian dari validator ahli materi dengan persentase 75%, penilaian dari validator ahli bahan ajar dengan persentase 86.3%, dan penilaian validasi guru adalah dengan persentase 84,7%. Sedangkan hasil penilain praktikalitas dari 5 guru adalah penilaian yang diberikan oleh S-1 dengan persentas 91,1%, lalu penilaian yang diberikan oleh S-2 dengan persentase 83,8%, selanjutnya penilaian yang diberikan oleh S-3 dengan persentase 88,2%, sedangkan penilaian yang diberikan oleh S-4 dengan persentase  82,3%, dan yang terakhir penilaian dari S-5 dengan persentase 83,8%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul telah masuk dalam kriteria sangat layak atau sangat praktis dalam meningkatkan literasi sains pada peserta didik dengan persentase di antara 75%-100%.
PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET PADA PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR Sendi Fauzi Giwangsa
Pedagogi Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v8i1.3992

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu kuartet pada pembeljaran IPS di sekolah dasar. Peneltian ini merupakan penelitian dan pengembangan (RnD). Penelitian ii menggunakan metode 4D dengan empat langkah yaitu 1) tahap Define (pendefinisian), 2) tahap design (perancangan), 3) tahap develop (pengambangan) dan 4) tahap dissiminate (penyebaran). Penelitian in dilaksankana di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Cimanggung dengan subjek kelas IV SD yang berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penilaian angket validasi dari ahli media, materi dan respon peserta didik. Data hasil penelitian kemudian dinalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembnagan produk yaitu media kartu kuartet untuk pembelajaran IPS di SD ada materi keragaman budaya di Indonesia. Hasil validasi ahli media mendapat skor presentasi sebesar 95% dengan kategori “sangat layak. Hasil validasi ahli materi mendapat skor presentasi sebesar 90% dengan kategori “sangat layak”. Dan hasil validasi dari respon peserta didik berdasarkan uji coba lapangan terbatas mendapatkan skor presentase sebesar 95% dengan kategori “sangat layak”. Hal itu menunjukan bahwa media kartu kuartet sangat layak digunakan untuk media pembelajran IPS di sekolah dasar karena media tersebbut mudah digunakan oleh siswa, menyenangkan, dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.Kata kunci: media kartu kuartet, pembelajaran IPS

Page 1 of 1 | Total Record : 6