cover
Contact Name
Rahmat Prayogi
Contact Email
rahmat.prayogi91@gmail.com
Phone
+6282282742253
Journal Mail Official
bindounila@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23388153     EISSN : 27981665     DOI : http://doi.org/10.23960/Kata
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas disiplin, serta sastra dan politik identitas.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 4 (2013)" : 8 Documents clear
EJAAN PADA KARANGAN SISWA KELAS XII SMA PERINTIS 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Hendra Purnama; Nurlaksana Eko Rusminto; Eka Sofia Agustina
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 4 (2013)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.597 KB)

Abstract

The problem of this research is the spelling in Indonesian essay of students class XII at SMA Perintis 1 Bandar Lampung academic year 2012/2013. This research purposed to describe spelling in essay of students class XII. This research used desriptive method. The population of this research is students of class XII at SMA Perintis 1 Bandar Lampung academic year 2012/2013. The population in this research consisted of 321 students in 8 classes. The sample was taken from 15% of total population supposed the sample was 48 students. Collecting the data by using writen test like as task to make an essay that instructed its topic before. Based on the result of data analysis, it was known that the uses of spelling in data essay source class XII of SMA Perintis 1 Bandar Lampung academic year 2012/2013 was 1766 with total of accuracy was 1091 or 62%.Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah ejaan pada karangan bahasa Indonesia siswa kelas XII SMA Perintis 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ejaan pada karangan siswa kelas XII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Perintis 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Populasi berjumlah 321 siswa yang tersebar dalam 8 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 15% dari jumlah populasi sehingga sampelnya berjumlah 48 siswa. Data diambil melalui tes tertulis berupa tugas membuat karangan yang telah ditentukan topiknya terlebih dahulu. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui penggunaan ejaan pada sumber data karangan siswa kelas XII SMA Perintis 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 1766 dengan jumlah ketepatan sebanyak 1091 atau sebesar 62%.Kata kunci: ejaan, karangan, siswa.
KEMAMPUAN MENULIS RESENSI CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BENGKUNAT LAMPUNG BARAT Petra Sriyanti; Kahfie Nazaruddin; Ni Nyoman Wetty Suliani
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 4 (2013)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.963 KB)

Abstract

The problem in this research, is how student’s competence of writing short stories in the second grade of SMA Negeri 1 Bengkunat Lampung Barat. The aims of this research is to describe the student’s competence to write short stories second grade of SMA Negeri 1 Bengkunat Lampung Barat in 2012/2013. This research uses descripive method. The population of this research were the second grade of SMA Negeri 1 Bengkunat Lampung Barat. Data collection was done by using a test. The Conclusion is the competence of students to write short stories in the second grade of SMA Negeri 1 Bengkunat Lampung Barat in 2012/2013 is fair with the average value of 77.10.Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis resensi cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bengkunat Lampung Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis resensi cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bengkunat Lampung Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bengkunat Lampung Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes. Simpulan yang diperoleh adalah kemampuan menulis resensi cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bengkunat Lampung Barat Tahun Pelajaran 2012/2013 tergolong cukup dengan nilai rata-rata 77,10.Kata kunci: cerpen, kemampuan, menulis.
TUTURAN ASERTIF SISWA KELAS V SD NEGERI I RAJABASA RAYA BANDARLAMPUNG Heri Prihartono; Nurlaksana Eko Rusminto; Mulyanto Widodo
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 4 (2013)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.119 KB)

Abstract

The problem discussed in this research is the assertive speech learning interaction of the fifth grade in the elementary school 1 in Rajabasa Bandarlampung. The aim of this research is to describe the assertive speech that occured in the teaching learning interaction of the students in 5A, 5B, and 5C grades. The method that is used in this research is the qualitative descriptive method. The source of the data in this research is the speeches of the students and the teachers that occured in the teaching learning interaction in the class. Based on the research's result that is god the assertive speech as the assertive expression, the assertive speech as the directive speech act, and the assertive speech as the expressive speech act. The found of this research in the studying of Indonesian Language can be implicated to the speaking skill.Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tuturan asertif dalam interaksi belajar kelas 5 SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandarlampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrispsikan tuturan asertif terjadi pada saat interaksi belajar mengajar siswa kelas 5 A, 5 B dan 5 C. Metode dalam penelitian ini ,menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa tuturan siswa dan guru yang terjadi dalam interaksi belajar mengajar di kelas. Bedasarkan hasil penelitian, diperoleh tuturan asertif sebagai ekspresi asertif, tuturan asertif sebagai ekspresi tindak tutur direktif dan tuturan asertif sebagai ekspresi tindak tutur ekspresif. Temuan penelitian ini dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat diimplikasikan dengan ketrampilan berbicara.Kata kunci: asertif, ekspresi, tuturan.
PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN SISWA KELAS X SMAN 1 PALAS 2012/2013 Yulia Patumaya; Mulyanto Widodo; Eka Sofia Agustina
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 4 (2013)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.226 KB)

Abstract

The research dealt with the problem of language usage in the writings of tenth-grade students of SMAN 1 Palas. The purpose is to describe the using of Indonesia language toward the student’s written. The research uses descriptive research design. The population is all of the students at tenth-grade, total students are 142. The sample was taken 15% from the total of population, there are 20 students. The result of the analyses include the following (1) the uses of capitals, clitic pronouns, the prefixes di- and ke-, periods, and commas totaled 1.388 cases with the accuracy percentage 81% (1.121 cases) and the inaccuracies 19% (267 cases); (2) word uses numbered 4.109 cases with an accuracy percentage of 99% or 4.058 cases and inaccuracies of only 1% or 51 cases; (3) sentences totaled 267 cases, in which 129 cases (48%) were accurate and 138 cases (52%) inaccurate.Masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan bahasa Indonesia pada karangan siswa kelas X SMAN 1 Palas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia pada karangan siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X yang berjumlah 142. Sampel diambil 15% dari jumlah populasi, yaitu 20. Setelah dianalisis, diperoleh simpulan (1) penggunaan ejaan meliputi penggunaan huruf kapital, kata ganti klitik, kata depan di dan ke, tanda titik, dan tanda koma berjumlah 1.388 dengan ketepatan 1.121 atau sebesar 81% dan ketidaktepatan 267 atau sebesar 19%; (2) penggunaan kata berjumlah 4.109 dengan ketepatan 4.058 atau sebesar 99% dan ketidaktepatan 51 atau sebesar 1%; (3) penggunaan kalimat berjumlah 267 dengan ketepatan 129 atau sebesar 48% dan ketidaktepatan 138 atau sebesar 52%.Kata kunci: ejaan, kalimat, kata.
KEMAMPUAN MEMPARAFRASAKAN PUISI KE DALAM BENTUK PROSA BEBAS Indah Mayasari; Ni Nyoman Wetty Suliani; Edi Suyanto
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 4 (2013)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.902 KB)

Abstract

The problem discussed in this research is how the ability paraphrasing poetry into prose free of students of grade X in SMA Negeri 1 Ambarawa school year 2012/2013. This study aimed to describe the level of ability paraphrasing poetry into prose free grade X. This reasearch uses descriptive method. The population of this research were 280 students’ distributed in 8 classes, 40 (15%) of them were randomly chosen to be taken as the research sampel. The data were collected by using the technique of writing test. Based on the research results, the ability paraphrasing poetry into prose free of students of grade X in SMA Negeri 1 Ambarawa quite well with the average 68%.Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan memparafrasakan puisi ke dalam bentuk prosa bebas siswa kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan memparafrasakan puisi ke dalam bentuk prosa bebas siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa yang berjumlah 280 siswa yang tersebar dalam 8 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini 15% dari jumlah siswa setiap kelas, sehingga jumlah sampelnya 40 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan memparafrasakan puisi ke dalam bentuk prosa bebas siswa kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa tergolong baik dengan rata-rata 68%.Kata kunci: kemampuan, memparafrasakan, puisi.
KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER SMP GAJAH MADA Pebriawan Pebriawan; Iqbal Hilal; Eka Sofia Agustina
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 4 (2013)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (51.589 KB)

Abstract

The problem discussed in this study is the ability of students to write a description of the Junior High School eighth grade students Gajah Mada Bandar Lampung Academic Year 2012/2013. The goal is to determine the ability of students to write descriptions. The method used descriptive method. Data sources used form of description text taken from 32 students proportional stratified random sampling technique from students overall. These results indicate the ability to write descriptions of students get total of 70.73 is quite. Score indicator of ideas presented contents 74.06; contents organizations 75; grammar score 68.29, Choice of words or diction score 69.03; obtained spelling and usage aspects 70, 12. Based on the research that has been done, it is known the student has not fully mastered the written description of procedure in accordance with the ideas, organization of content, grammar, word choice and spelling usage.Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis deskripsi siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data yang dipakai berupa karangan deskripsi yang diambil dari 32 Siswa melalui teknik proporsional stratifikasi random sampling dari jumlah siswa keseluruhan. Hasil penelitian ini menunjukan kemampuan menulis deskripsi siswa memperoleh nilai keseluruhan berjumlah 70,73 tergolong cukup. Skor masing-masing indikator penilaian sebagai berikut. Skor indikator isi gagasan yang dikemukakan  berjumlah 74,06; organisasi isi diperoleh skor 75; tata bahasa  skor berjumlah 68,29; sedangkan pilihan kata atau diksi skor berjumlah 69,03; dan aspek penggunaan ejaan diperoleh skor70,12. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan,diketahui bahwa siswa belum sepenuhnya menguasai tata cara menulis deskripsi yang sesuai dengan ide gagasan, organisasi isi, tata  bahasa,  pilihan kata dan penggunaan ejaan.Kata kunci: deskripsi, kemampuan, menulis.
KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKNIK PQRST KELAS XI SMAN 1 LABUHAN RATU 2012/2013 Pony Tikny Swisty; Siti Samhati; Mulyanto Widodo
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 4 (2013)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.804 KB)

Abstract

The problem discussed in this research is how the students reading comprehension through PQRST technique. This research is aimed describe the students’ reading comprehension throught PQRST technique. The researcher uses descriptive method. The population is the XI class which consists of 156 students’ distributed is 5 classes. The sample is 25% of the total students’ of each class, so the total of the sample is 40 students. Data collecting technique is done by objective test technique. Based on the result, the students’ reading comprehension through PQRST technique is categorized as quite enough with the mean. The students’ reading comprehension through PQRST technique in the aspect of literal is categorized as quite enough with the mean score is 69. In the aspect of interpretative is categorized as quite enough with the mean score is 68, in the aspect of critic/creative is categorized as quite enough with the mean score is 68.Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan membaca pemahaman siswa melalui teknik PQRST. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui teknik PQRST. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 156 siswa yang tersebar dalam 5 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini 25% dari jumlah siswa setiap kelas, sehingga jumlah sampelnya 40 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes objektif. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan membaca pemahaman siswa melalui teknik PQRST Kelas XI SMA Negeri I Labuhan Ratu Tahun Pelajaran 2012/2013 tergolong cukup dengan nilai rata-rata 68. Kemampuan membaca pemahaman siswa melalui teknik PQRST pada aspek literal tergolong cukup dengan nilai rata-rata 69. Pada aspek interpretatif tergolong cukup dengan nilai rata-rata 68 dan pada aspek kritis/kreatif tergolong cukup dengan nilai rata-rata 68.Kata kunci: kemampuan, membaca, pemahaman, teknik PQRST
UNSUR-UNSUR PARAGRAF PADA BERITA MAJALAH TEMPO DAN IMPLIKASINYA Nani Gustina; Nurlaksana Eko Rusminto; Ni Nyoman Wetty Suliani
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 4 (2013)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Problems in this researchis elements in paragraph on news of Tempo magazine 25-31 March 2013 edition and implication of the Indonesian language learning in SMA. The research aims to descripe the elements of a paragraph on the news magazines Tempo. The research method is descriptive qualitative. The data source in this research was a news on Tempo magazine. Data colleting method of this study is engineering documentation. Data analysis refers to a theory by Milles and Huberma, with three stages: (1) redution of data, (2) the represetation of the data, (3) draw conclusions/verivication. The result of the research showed that elements of a paragraph which contained in the news magazine Tempo are elements of transition, a topic sentence, an improves sentence and confirmative sentence. The implication of learning about the elements of paragraph contained on (SK) and (KD) in SMA the study of deductive and inductive paragraph distinguishing. Masalah dalam penelitian ini adalah unsur-unsur paragraf pada berita dalam majalah Tempo edisi 25-31 Maret 2013 dan implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur paragraf pada berita dalam majalah Tempo. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah berita dalam majalah Tempo. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi. Analisis data mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, dengan tiga tahapan yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur paragraf yang terdapat dalam berita majalah Tempo yaitu unsur transisi, kalimat topik, kalimat pengembang, dan kalimat penegas. Implikasi pembelajaran mengenai unsur-unsur paragraf tertuang pada (SK) dan (KD) SMA, yaitu pembelajaran membedakan paragraf deduktif dan induktif.Kata kunci: kalimat penegas, kalimat pengembang, kalimat topik, transisi

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 Apr (2024): JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA) Vol 11, No 2 Sep (2023): JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA) Vol 10, No 2 Sep (2022): Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 10, No 1 Apr (2022): JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA) Vol 9, No 2 Sep (2021): JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA) Vol 9, No 1 Apr (2021): JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA) Vol 8, No 2 Sep (2020): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 8, No 1 Apr (2020): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 8, No 1, Apr (2020): Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 8, No 1 Ap (2020): Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 7, No 2, Sep (2019): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 7, No 2, Nov (2019): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 7, No 2 Sep (2019): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 7, No 1 Apr (2019): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarnnya) Vol 6, No 4 Sep (2018) Vol 6, No 3 Jul (2018) Vol 6, No 2 Apr (2018) Vol 6, No 1 Jan (2018) Vol 5, No 4 Sep (2017) Vol 5, No 3 Jul (2017) Vol 5, No 2 Apr (2017) Vol 5, No 1 Jan (2017) Vol 4, No 4 Sep (2016) Vol 4, No 3 Jul (2016) Vol 4, No 2 Apr (2016) Vol 4, No 1 Jan (2016) Vol 3, No 5 (2015) Vol 3, No 4 (2015) Vol 3, No 3 (2015) Vol 3, No 2 (2015) Vol 3, No 1 (2015) Vol 2, No 4 (2014) Vol 2, No 3 (2014) Vol 2, No 2 (2014) Vol 2, No 1 (2014) Vol 1, No 9 (2013) Vol 1, No 8 (2013) Vol 1, No 7 (2013) Vol 1, No 6 (2013) Vol 1, No 5 (2013) Vol 1, No 4 (2013) Vol 1, No 3 (2013) Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 1, Apr (2013): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 1, Sep (2013): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) More Issue