cover
Contact Name
Rahmat Prayogi
Contact Email
rahmat.prayogi91@gmail.com
Phone
+6282282742253
Journal Mail Official
bindounila@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23388153     EISSN : 27981665     DOI : http://doi.org/10.23960/Kata
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas disiplin, serta sastra dan politik identitas.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 Sep (2017)" : 18 Documents clear
Pembelajaran Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Global Madani Bandar Lampung Septi Vina Mulya; Iqbal Hilal; Farida Ariyani
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 4 Sep (2017)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.974 KB)

Abstract

The purpose of this research is to describe the learning of writing biography text of grade VIII students of SMP Global Madani Bandar Lampung for academic year 2016/2017. Accordingly, this study aims to describe the planning, implementation, and assessment of learning. The method used is qualitative descriptive, the data source is in the form of lesson plan and learning appraisal. The result of the research shows that the learning plan is in accordance with the implementation plan of teacher made learning, but the selection of teaching materials at the meeting. Implementation of learning has been carried out by the teacher, but in the core activities of the first meeting, the teacher did not give time for students to present the results of writing biography texts. Assessments made by teacher include assessment of attitude competence, knowledge competency assessment, and skills competency assessment.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Global Madani Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang sumber datanya berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan penilaian pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran sudah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran buatan guru, namun pemilihan materi ajar pada pertemuan kedua kurang tepat. Pelaksanaan pembelajaran sudah dilaksanakan oleh guru, namun pada kegiatan inti pertemuan pertama, guru tidak memberikan waktu untuk siswa mempresentasikan hasil menulis teks biografi. Penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi penilaian kompetensi sikap, penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian kompetensi keterampilan.Kata kunci: menulis, pembelajaran, teks biografi
Naskah Drama Aeng Karya Putu Wijaya dan Implikasinya Widyasni Amanda; Munaris Munaris; Ali Mustofa
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 4 Sep (2017)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.456 KB)

Abstract

The purpose of this research was to describe the intrinsic elements in drama 'Aeng' worked by Putu Wijaya as the implication for a literary learning material in senior high school. This research used qualitative method. The results showed that this drama script has intrinsic element that can be used as a literary material in high school. The intrinsic element has theme indicators, characters, characterizations, plots, backgrounds, languages, and commands. The results of the research can be implicated in the Indonesian literary learning in high school on drama material.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik dalam naskah drama Aeng karya Putu Wijaya dan implikasinya sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa naskah drama Aeng memiliki unsur intrinsik yang dapat dijadikan bahan ajar sastra di SMA. Unsur intrinsik memiliki indikator tema, tokoh, penokohan, alur, latar, bahasa, dan amanat. Hasil penelitian dapat diimplikasikan pada pembelajaran Sastra Indonesia di SMA pada materi drama.Kata kunci: naskah drama Aeng, unsur-unsur intrinsik, dan implikasi.
Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Menulis Siswa Kelas X Reni Novasari; Iqbal Hilal; Eka Sofia Agustina
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 4 Sep (2017)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.22 KB)

Abstract

The problem in this research was the relationship of learning motivation with learning achievement of student writing. Accordingly, the purpose of this study was to examine the relationship of learning motivation with the achievement of writing grade X students. To achieve that goal, the research approach was quantitative using ex-post facto method. The population of the study was students of class X. The sample was taken by cluster random sampling. The results of this study obtained the average learning motivation of 77.8 and writing achievement achievement of 83.1. Pearson correlation test results obtained rcountvalue of 0.457, which means variable X correlated with variable Y. Through regression test coefficient of 20.9% and regression equation Y = 59.139 + 0.194X. It can be concluded that the higher the students' learning motivation, the higher the learning achievement of the writing they get. Conversely, the lower the motivation of their learning, the lower the learning achievement of writing acquired.Masalah dalam penelitian ini adalah hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar menulis siswa. Sehubungan dengan itu, tujuan penelitian ini adalah menguji hubungan motivasi belajar dengan prestasi menulis siswa kelas X. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendekatan penelitian adalah kuantitatif menggunakan metode ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas X. Sampel ini diambil secara cluster random sampling. Hasil penelitian ini memperoleh rerata motivasi belajar sebesar 77,8 dan prestasi belajar menulis sebesar 83,1. Hasil uji korelasi pearson diperoleh nilai rhitung sebesar 0,457, yang bermakna variabel X berkorelasi dengan variabel Y. Melalui koefisien uji regresi sebesar 20,9% dan persamaan regresinya Y= 59,139+0,194X. Dapat disimpulkan semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin tinggi prestasi belajar menulis yang mereka peroleh. Sebaliknya, semakin rendah motivasi belajar mereka, semakin rendah prestasi belajar menulis yang diperoleh.Kata kunci: hubungan, motivasi belajar, prestasi menulis.
Interferensi Morfologis pada Gelar Wicara Mata Najwa Periode Januari 2017 dan Implikasinya Ria Meriana; Farida Ariyani; Eka Sofia Agustina; Iing Sunarti
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 4 Sep (2017)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.894 KB)

Abstract

The purpose of this research was to describe morphological interference found in Mata Najwa talkshow period January 2017 and its implication to Indonesian language learning in SMA. The method used in this research is descriptive qualitative. The results showed that there was morphological interference of Javanese language in Mata Najwa talkshow period of January 2017. The interference was affixation and repetition or reduplication. Morphological interference is affixed, including affixation to the prefix and affixation in the suffix. Morphological interference in the form of repetition of partial repetition. The results of this study are implicated in learning Indonesian in high school class XII on editorial text material.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan interferensi morfologis yang terdapat pada gelar wicara Mata Najwa periode Januari 2017 dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interferensi morfologis bahasa Jawa dalam gelar wicara Mata Najwa periode Januari 2017. Interferensi tersebut berupa afiksasi dan pengulangan atau reduplikasi. Interferensi morfologis berupa afiksasai, meliputi afiksasi pada prefiks dan afiksasi pada sufiks. Interferensi morfologis berupa pengulangan yakni berupa pengulangan sebagian. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XII pada materi teks editoril.Kata kunci: interferensi morflogis, gelar wicara, implikasi.
Pengelolaan Kelas oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas VII K Raden Imas Aguslina; Siti Samhati; Farida Ariyani
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 4 Sep (2017)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.372 KB)

Abstract

The purpose of this research was to describe the class management by Indonesian Language teacher in class VII K of Junior High School 8 Bandar Lampung year 2017/2018. In relation with the concern, this research was intended to describe, create and maintain the condition of the class in order to achieve optimal learning. The method that is used is qualitative. The sources of the data in this research are how the teacher create the condition of the class to achieve optimal learning and how the teacher maintain the condition of the class to obtain the optimal learning. The result showed that the class management by Indonesian Language teacher had been implemented properly, teacher with the competence is able to manage the class optimal to achieve the effective learning by the way of two processes that are; creating the class condition to achieve the effective learning and maintain the condition of the class to obtain the effective learning.Tujan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas oleh guru Bahasa Indonesia di kelas VII K SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas untuk mencapai pembelajaran yang optimal. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini terdiri atas bagaimana guru menciptakan kondisi kelas untuk mencapai pembelajaran yang optimal, dan bagaimana guru mempertahankan kondisi kelas untuk mencapai pembelajaran yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas oleh guru Bahasa Indonesia sudah dilaksanakan dengan baik, guru dengan kemampuannya dapat mengondisikan kelas dengan optimal untuk mencapai pembelajaran yang efektif melalui dua proses yaitu menciptakan kondisi kelas untuk mencapai pembelajaran yang efektif dan mempertahankan kondisi kelas untuk mencapai pembelajaran yang effective.Kata kunci: pengelolaan kelas, menciptakan kondisi kelas yang optimal, mempertahankan kondisi kelas yang optimal.
Kesantunan Bertutur Customer Service Bank Lampung dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Diyah Berta Alpina; Mulyanto Widodo; Eka Sofia Agustina
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 4 Sep (2017)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.16 KB)

Abstract

The purpose of this study was to describe the politeness of customer service at Bank Lampung and its implications in learning Indonesian in high school. This study used descriptive qualitative method. The results showed that there is maximal politeness that obeys and violates, that is maxim of wisdom, generosity, humility, sympathy, and agreement. The linguistic politeness contained in this research is characterized by markers of politeness, pragmatic politeness characterized by declarative speech and introgative. The result of this research was implicated in learning Indonesian in high school class X on negotiation text material. The data serve as an example of a negotiated text dialog.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesantunan bertutur customer service di Bank Lampung dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat maksim kesantunan yang menaati dan melanggar, yaitu maksim kearifan, kedermawanan, simpati, dan kesepakatan. Kesantunan linguistik yang terdapat dalam penelitian ini ditandai dengan penanda kesantunan, kesantunan pragmatik ditandai dengan tuturan deklaratif dan introgatif. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X pada materi teks negosiasi. Data penelitian dijadikan sebagai contoh dialog teks negosiasi.Kata kunci: customer service, kesantunan, linguistik, maksim, pragmatik.
Tindak Tutur Memerintah dalam Bahasa Lampung Orang Tua kepada Anak dan Implikasinya Marisa Marisa; Iqbal Hilal; Eka Sofia Agustina
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 4 Sep (2017)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.329 KB)

Abstract

The aim of this research was to describe commanding expressions in Lampungnese from parents to children and its implication as an Indonesian lesson sources in Senior High School. This research used descriptive qualitative method. The result showed that commanding expressions from parents to children were in the form of direct and indirect commands. Furthermore, there was language politeness with politeness principle using generositymaxims, wisdom, sympathy, appreciation, and conciliation. In indirect commands, there were interrogative, reporting, and commanding modes. This research's result could be implicated to the Indonesian lessons in Senior High School especially languange politeness in conversation.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tindak tutur memerintah dalam bahasa Lampung dari orang tua kepada anak dan implikasinya pada pembelajaran bahasa di SMA. Sehubungan dengan itu, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tindak tutur memerintah orag tua kepada anak berbentuk langsung dan tidak langsung. Selain itu, terdapat kesantunan berbahasa dengan prinsip sopan santun menggunakan maksim kedermawanan, kebijaksanaan, simpati, penghargaan, dan permufakatan. Dalam tuturan memerintah tidak langsung, terdapat modus tanya, berita dan perintah. Hasil penelitian dapat diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA khususnya kesantunan berbahasa dalam pertuturan.Kata kunci: implikasi, kesantunan berbahasa, dan tindak tutur memerintah.
Majas dalam Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? dan Kelayakannya Sebagai Bahan Ajar Endah Prihastuti; Kahfie Nazaruddin; Edi Suyanto
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 4 Sep (2017)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.286 KB)

Abstract

The problem discussed in this research was how the figure of speech in the collection of short stories Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? and its feasibility as a teaching material in high school. The purpose of this study to describe figure of speech in the collection of short stories and its feasibility as a literary material in high school. The method used was qualitative descriptive method. Sources of research data was short stories in a collection of short stories Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta. Data analysis technique in this research was text analysis. The results showed that the figure of speech contained in a collection of Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? short stories was the figure of speech of simile, metaphor, personification, depersonification, hyperbole, lytotes, irony, allusion, sinekdoke, and metonimia. A collection of short stories Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? deserves to be a teaching material because it meets the criteria in the selection of teaching materials based on curriculum aspects, character building, and literature.Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah majas dalam cerpen Kompas 2015 Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan majas dalam cerpen padacerpen tersebut dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah cerpen-cerpen Kompas 2015 Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta?. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa majas yang terdapat dalam cerpen Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? adalah majas simile, metafora, personifikasi, dipersonifikasi, hiperbola, litotes, ironi, alusi, sinekdoke, dan metonimia. Kumpulan Cerpen Kompas 2015 Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? layak dijadikan sebagai bahan ajar karenasudah memenuhi kriteria dalam pemilihan bahan ajar berdasarkan aspek kurikulum, pendidikan karakter, dan sastra.Kata kunci: bahan ajar, cerita pendek, majas.
Campur Kode pada Status Facebook Mahasiswa Batrasia Kelas A 2013 dan Implikasinya Eka Susanti; Mulyanto Widodo; Bambang Riadi
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 4 Sep (2017)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.24 KB)

Abstract

This study aims to describe the mixed code on the facebook status of students of Batrasia Class A Force 2013 and the implications at learning Indonesian senior high school. The research method used is descriptive qualitative. Data were obtained from facebook status of students of Lampung University of Education Program of Language and Literature Indonesia Class 2013 A class containing mixed code. Based on the results of the research note that the mixed code contained in the facebook status of students of the Indonesian Language and Literature Education Studies Class 2013 class A in 2016 in the form of words, phrases, baster, idiom, and clauses. Mixed code is caused by the attitude factor of speakers and linguistic. The implication of this research is used in learning Indonesian grade XI even semester high school in KD 4.6 Construct lecture about the actual problems by looking at the language aspect and using the right structure.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan campur kode pada status facebook mahasiswa Batrasia Kelas A Angkatan 2013 dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitiannya berupa status facebook mahasiswa Universitas Lampung Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2013 kelas A yang mengandung campur kode. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa campur kode yang terdapat dalam status facebook mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2013 kelas A tahun 2016 berupa kata, frasa, baster, ungkapan, dan klausa. Campur kode tersebut disebabkan oleh faktor sikap penutur dan kebahasaan. Implikasi dari penelitian ini digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMA semester genap pada KD 4.6 mengonstruksiceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat.Kata kunci : campur kode, status facebook, implikasi
Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Biologi SMP Negeri 1 Candipuro Fransiska Retno Widiarti; Nurlaksana Eko Rusminto; Edi Suyanto
Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 4 Sep (2017)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.371 KB)

Abstract

The purpose of this research was to describe the politeness of speech act at the learning interaction Biology grade VIII SMP Negeri 1 Candipuro Lampung Selatan in academic year of 2016/2017. This research used qualitative descriptive method. The data resources were collection data which said tecaher and student in learning interaction. It was found that based of analysis of data (1) Agreement and violation of maxim with agreement maxim was a dominant maxim and generosity maxim was not found in this research, (2) linguistics politeness with ayo and coba were the dominant and tolong and biar was found least in this research,(3) pragmatics politeness with declarative speech as an expression of pragmatics politeness suruhan was dominant, declarative speech as an expression permohonan and interogative speech as an expression ajakan was found least in this research.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam interaksi pembelajaran biologi kelas VIII di SMP Negeri 1 Candipuro Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah kumpulan data yang dituturkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan (1) penaatan dan pelanggaran maksim kesantunan dengan penaatan maksim kesepakatan yang paling dominan ditemukan dan penaatan maksim kedermawanan tidak ditemukan dalam penelitian ini. Pelanggaran maksim pujian paling dominan ditemukan dan pelanggaran maksim kerendahan hati tidak ditemukan dalam penelitian ini, (2) kesantunan linguistik dengan penanda kesantunan ayodancobapaling dominan ditemukan sedangkan tuturan yang menggunakan penanda kesantunan tolongdanbiarpaling sedikit ditemukan dalam penelitian ini, (3) kesantunan pragmatik dengan tuturan deklaratif sebagai ekspresi kesantunan pragmatik suruhan paling dominan ditemukan dalam penelitian ini, tuturan deklaratif sebagai ekspresi kesantunan pragmatik permohonan dan tuturan interogatif sebagai ekspresi ajakan paling sedikit ditemukan dalam penelitian ini.Kata kunci: kesantunan, interaksi pembelajaran, maksim.

Page 1 of 2 | Total Record : 18


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 Apr (2024): JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA) Vol 11, No 2 Sep (2023): JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA) Vol 10, No 2 Sep (2022): Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 10, No 1 Apr (2022): JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA) Vol 9, No 2 Sep (2021): JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA) Vol 9, No 1 Apr (2021): JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA) Vol 8, No 2 Sep (2020): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 8, No 1 Ap (2020): Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 8, No 1 Apr (2020): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 8, No 1, Apr (2020): Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 7, No 2, Nov (2019): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 7, No 2 Sep (2019): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 7, No 2, Sep (2019): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 7, No 1 Apr (2019): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarnnya) Vol 6, No 4 Sep (2018) Vol 6, No 3 Jul (2018) Vol 6, No 2 Apr (2018) Vol 6, No 1 Jan (2018) Vol 5, No 4 Sep (2017) Vol 5, No 3 Jul (2017) Vol 5, No 2 Apr (2017) Vol 5, No 1 Jan (2017) Vol 4, No 4 Sep (2016) Vol 4, No 3 Jul (2016) Vol 4, No 2 Apr (2016) Vol 4, No 1 Jan (2016) Vol 3, No 5 (2015) Vol 3, No 4 (2015) Vol 3, No 3 (2015) Vol 3, No 2 (2015) Vol 3, No 1 (2015) Vol 2, No 4 (2014) Vol 2, No 3 (2014) Vol 2, No 2 (2014) Vol 2, No 1 (2014) Vol 1, No 9 (2013) Vol 1, No 8 (2013) Vol 1, No 7 (2013) Vol 1, No 6 (2013) Vol 1, No 5 (2013) Vol 1, No 4 (2013) Vol 1, No 3 (2013) Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 1, Apr (2013): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 1, Sep (2013): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) More Issue