JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap tahunnya.
Articles
19 Documents
Search results for
, issue
"Vol 7, No 3 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)"
:
19 Documents
clear
STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL SFAE DAN TPS DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA
Rita Lestari;
Yon Rizal;
Tedi Rusman
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 3 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The purpose of this research was to find out the difference of IPS study result, interaction in SFAE learning model, and TPS by seeing the initial ability. The research method was quasi experiment by appraoching comparatively. This research was done in SMPN 10 Bandar Lampung with the population of 340 students and 63 students as samples which were determined through cluster random sampling. Data analysis techniques are t-Test formula and ANOVA manually and SPSS. The result of the analysis showed F count F table or 7.594 4.00 which means there is difference study result through SFAE learning model and TPS and F count F table or 38.855 4.00 which means there is a learning model interaction with initial ability. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Terpadu, interaksi penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan Think Pair and Share (TPS) dengan memperhatikan kemampuan awal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Bandar Lampung dengan populasi sebanyak 340 siswa dengan sampel 63 siswa (2 kelas) yang ditentukan melalui Cluster Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan rumus t – Test dan ANAVA menggunakan perhitungan manual dan SPSS. Hasil analisis data menunjukkan Fhitung Ftabel atau 7,594 4,00 berarti ada perbedaan hasil belajar mengunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Think Pair and Share dan Fhitung Ftabel atau 38,855 4,00 berarti terdapat interaksi model pembelajaran dengan kemampuan awal. Kata Kunci : hasil belajar, kemampuan awal, sfae, tps.
Pengaruh Budaya Baca, Minat Baca, Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar dengan Memperhatikan Emotional Quotient
Desy Ayu Kartika Dewi;
Tedi Rusman;
Albet Maydiantoro
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 3 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The research aims to determine the effect of reading culture, reading interest, and availability of learning facilities on the students’ learning outcomes of integrated social science by paying attention to students’ emotional quotient. The population in this research is all students at the eighth grade in JHS 1 Kibang which with the total of 216 students and a sample of 140 respondents. This research used descriptive verification method with ex post facto and survey approach. Data collection was done by using quistionnaire of analysis technique by linear regression and path analysis. The resultof the analysis showed that there is a significant effect of reading culture, reading interest, and availability of learning facilities on the students’ learning outcomes of integrated social science by paying attention to students’ emotional quotient by 65%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya baca, minat baca, dan ketersediaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu dengan memperhatikan emotional quotient siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kibang sebanyak 216 siswa dan sampel sebanyak 140 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan teknik analisis menggunakan regresi linier dan analisis jalur. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh budaya baca, minat baca, ketersediaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar dengan memperhatikan emotional quotient sebesar 65%. Kata kunci: budaya baca, emotional quotient, hasil belajar IPS Terpadu,ketersediaan fasilitas belajar, minat baca
KETERAMPILAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL TSTS DAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL
Noviea Setyowati;
Erlina Rufaidah;
Albet Maydiantoro
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 3 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The objective of this research was to investigate the comparison students' social skill by using Two Stay Two Stray and Group Investigation learning model by observ students' interpersonal and intrapersonal intelligences at the first grade of SMP N 3 Jati Agung. The population of this research were all of VII classes which consist of 160 students and the sample of 64 respondents using simple random sampling. In this research, anova manually and t-test two sample independent was used to analyze the data. This research employed factorial design. The result of this research showed that there were significant differences between TSTS and group investigation learning model by observing the students' interpesonal and intrapersonal intelligences. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keterampilan sosial siswa menggunakan model pembelajaran two stay two stray dan group investigation dengan memperhatikan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Jati Agung. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jati Agung yang berjumlah 160 orang dan sampel 64 responden yang ditentukan dengan menggunakan simple random sampling. Teknik analisis dengan menggunakan Anova Dua Jalan dan T-test Dua Sampel Independen. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri Jati Agung.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini adalah desain faktorial. Hasil penelitianmenunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara moel pembelajaran two stay two stray dan group investigation dengan memperhatikan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa.Kata kunci: group investigation, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, keterampilan sosial, two stay two stray.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD, TGT, DAN PAP
Riana Riana;
Yon Rizal;
I Komang Winatha
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 3 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The study aims to find out the comparison between the social students’ learning results using Student Teams Achievement Division, Team Games Tournament, and Picture and Picture learning model at the ninth grade of SMPN 1 Karya Penggawa academic year of 2018/2019. The population in this research is all of the ninth grade students which consist of 94 students and the sample is 71 students by using cluster random sampling. The technique analysis was done by using one way anova, tukey test and bonferroni. The research method used in this research is quasi experiment method with comparative approach. The result showed that there is differences between the social students’ learning results using Student Teams Achievement Division, Team Games Tournament, and Picture and Picture learning model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), TGT (Team Games Tournament) dan Picture and Picture pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 1 Karya Penggawa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX berjumlah 94 siswa dan sampel berjumlah 71 siswa dengan dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis dengan menggunakan analisis varian satu jalan dan uji lanjut tukey-test dan bonferroni. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division, team games tournament, dan picture dan picture.Kata kunci: hasil belajar, ips terpadu, student teams achievement division, team games tournament, dan picture and picture.
Perbandingan Keterampilan Sosial Siswa Menggunakan Model Time Token dan Snowball Throwing
Mustofiarudin Mustofiarudin;
Nurdin Nurdin;
Rahmah Dianti Putri
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 3 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The purpose of this research is to find the differences of social competence towards the learning model. The methods used in this research is experimental research method with comparative approach. The population of this research is 135 students with 68 students as the sample. The technique of the research is Cluster Random Sampling. The data was collected by the observation. Hypothesis testing was done by two sample independent t-test formula. The result of the analysis indicates: (1) there are social competence differences in the students who learn using cooperative learning model - time token type model compared to those who learn using cooperative model - snowball throwing type, and (2) the social competence of the students who warn using time token learning model was higher compared to using snowball throwing by considering the ability to share information, talk in turns, give opinion, work together, help one another, solve problems by discussion, and accept/respect others. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial terhadap model pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian ini 135 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 68 siswa. Teknik penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukan (1) Terdapat perbedaan keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe snowball throwing. (2) Keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran time token akan lebih tinggi dibandingkan menggunakan snowball throwing dilihat dari kemampuan berbagi informasi, berbicara secara bergiliran, menyampaikan pendapat, bekerja sama, saling menolong, menyelesaikan masalah dengan berdiskusi, dan menerima/respek terhadap pendapat orang lain.Kata kunci: Keterampilan Sosial, Time Token, Snowball Throwing
Pengaruh Lingkungan Kerja, Bonus, Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja
Remond Joey Paywala;
Erlina Rufaidah;
Rahmah Dianti Putri
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 3 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The background of this research motivated by a rapid of economic growth in both of domestic and international sector in globalization era. This research used descriptive verification method. The population in this research amounted to 100 employees and a sample of 80 respondents used probability sampling with proportional simple random sampling. Data collection was done by using observation, questionnaire, and interview. The result showed that there are partial effect of work environment to work motivation, bonuses to work motivation, and leadership style to work motivation, also work environment on employees' performance. There is also a relation between work environment, bonuses, and leadership style Penelitian ini dilatar belakangi oleh perekonomian yang semakin pesat di era globalisasi membuat keadaan persaingan bisnis baik di pasar domestik maupun di pasar internasional semakin ketat. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 karyawan. sampel yang diperoleh sebanyak 80 karyawan dengan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan proposional simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh 1. Parsial lingkungan kerja terhadap motivasi kerja 2. Parsial bonus terhadap motivasi kerja 3. Parsial gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja 4. Hubungan lingkungan kerja, bonus, dan gaya kepemimpinan 5. Parsial lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Kata kunci : lingkungan kerja, bonus, gaya kepemimpinan, kinerja karyawan.
HASIL BELAJAR IPS TERPADU, (TGT) DAN MAKE A MATCH MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR
Aulia Bagas Pratikna;
Nurdin Nurdin;
Tedi Rusman
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 3 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The purpose of this study was to determine differences of learning outcomes and interactions between learning models and learning motivation towards learning outcomes in integrated social science subjects. The method used in this study is a quasi-experimental approach. The results of data analysis showed that there were differences in the integrated social science subjects learning outcomes of students who have high, medium, and low learning motivation in students learned using the (TGT) model with Make A Match, and there were interactions between learning models and learning motivation towards learning outcomes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen semu. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model (TGT) dengan Make A Match dan ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Kata kunci: hasil belajar, Motivasi belajar, Make A Match, (TGT).
PENGARUH METODE MENGAJAR, PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL, MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI AKTIVITAS
Enzo Reinada Purba;
Nurdin Nurdin;
I Komang Winatha
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 3 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The purpose of this study was to determine the effect of teacher teaching method, the utilitization of audio visual learning media, and the motivation achievement through learning activities of economic studies learning outcomes. The analysis techniques used are Linear Regression and Path Analysis. The research method used is descriptive verification with ex post facto approaches and surveys. The population in this study was 139 people, and the sample was 103 people. The sampling technique in this study is probability sampling using simple random sampling. The results showed that there was a simultaneous influence between teacher teaching method, utilitization of audio visual learning media and motivation achievement of learning activities through learning outcomes of the tenth grade students of SMA Negeri 12 Bandar Lampung with 59,7%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mengajar guru, pemanfaatan media pembelajaran audio visual dan motivasi berprestasi melalui aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Teknik analisis menggunakan Regresi Linear dan Path Analysis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatifdengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 139 orang dan sample 103 orang. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh simultan antara metode mengajar guru, media pembelajaran audio visual, motivasi berprestasi, dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar pada siswa kelas X IPS SMAN 12 Bandar Lampung sebesar 59,7%.Kata kunci: hasil belajar, metode mengajar guru, pemanfaatan media pembelajaran audio visual, motivasi berprestasi dan aktivitas belajar.
Pengaruh Disiplin, Kompensasi dan Promosi Jabatan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Kerja Karyawan Metrocom
Puput Nila Sari;
Yon Rizal;
Tedi Rusman
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 3 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This research aims to determine the effect of work discipline, compensation, and promotion on the employee loyalty through employee job satisfaction. The population of this research is 65 Metrocom employees in Bandar Lampung. The sample in this study is 50 employees. The data collection is done by using questionnaires. The analysis techniques uses are Linear Regression and Analyzing Paths. The research method used in this research is descriptive method verification with ex post facto approach and survey. The results of this study indicate that there is a significant effect of work discipline, compensation, and promotion on the employee loyalty through Metrocom employee’s job satisfaction of 86.7% Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, kompensasi, dan promosi jabatan terhadap loyalitas karyawan melalui kepuasan kerja karyawan. Populasi penelitian ini yaitu karyawan Metrocom Bandar Lampung berjumlah sebanyak 65 karyawan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 karyawan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner. Teknik analisis menggunakan Regresi Linier dan Path Analyis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan disiplin kerja, kompensasi dan promosi jabatan terhadap loyalitas karyawan melalui kepuasan kerja karyawan Metrocom Bandar Lampung sebesar 86,7%. Kata Kunci : disiplin kerja, kompensasi, promosi jabatan, loyalitas karyawan dan kepuasan kerja
PENGARUH CARA MENGAJAR GURU, CARA BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA MELALUI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU
Selvia Viany Putri;
Tedi Rusman;
Rahmah Dianti Putri
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 3 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The purpose of this study was to determine the effect of student perceptions about the teaches, the ways of learning and parental attention through learning motivation on teacher’s way of teaching Integrated Social Studies learning outcomes VII grade students of SMP Negeri 19 Bandar Lampung academic year 2018/2019. The population in this study were seventh SMP Negeri 19 Bandar Lampung with a total of 123 students. This study used the T Yamane formula with simple random sampling obtained a sample of 94 students. The method used in this study was descriptive verification with ex post facto approaches and surveys. Data collection techniques used were observation, interviews, questionnaires and documentation. Hypothesis testing is done by T test and F test. The results of the analysis showed that there is influence of teacher’s way of teaching, ways of learning and attention of parents through learning motivation towards integrated IPS learning outcomes with a level of determination of 0.547. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru, cara belajar dan perhatian orang tua melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung T.P 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 19 Bandar Lampung dengan jumlah keseluruhan 123 siswa. Menggunakan rumus T Yamane dengan simple random sampling diperoleh sampel sebanyak 94 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis di lakukan dengan uji T dan uji F. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya pengaruh cara mengajar guru, cara belajar dan perhatian orang tua melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar ips terpadu dengan kadar determinasi 0,547. Kata Kunci : cara belajar, hasil belajar, mengajar, motivasi belajar, perhatian orang tua