cover
Contact Name
Dewi Yuliana Fitri
Contact Email
dewiyulianafitri2@gmail.com
Phone
+628116624498
Journal Mail Official
jurnallemmastkippgrisumbar@gmail.com
Editorial Address
Jln. Gunung pangilun Kec. Nanggalo Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
LEMMA: Letters Of Mathematics Education
ISSN : 24074527     EISSN : 24601047     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of LEMMA is a journal of mathematics education result written by all academics such as teacher, lecturer, researcher who has done peneitian in mathematics education.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2019): LEMMA : Letters of Mathematics Education" : 7 Documents clear
EFEKTIFITAS INTERAKSI SOSIAL DAN MOTIVASI MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAME TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Laksono, Muhammad Yudhia; Nurhayati, Eti; Haqq, Arif Abdul
JURNAL LEMMA Vol 6, No 1 (2019): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.905 KB) | DOI: 10.22202/jl.2019.v6i1.3366

Abstract

Penelitian ini bertujuan yang pertama; untuk mengetahui respon siswa terhadap interaksi sosial melalui model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT), kedua; untuk mengetahui respon siswa terhadap motivasi belajar melalui model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT), ketiga; untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT). Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII A sebagai kelas control di MTs NU PUTRI 3 Buntet Pesantren. Hasil uji hipotesis melalui uji F nilai Fhitung > Ftabel (21,218 > 1,99) dan nilai signifikansi (0,187 < 0,05), maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan variabel terikat hasil belajar matematika mempunyai efektifitas yang signifikan oleh variabel bebas penerapan interaksi sosial dan motivasi belajar. Persamaan regresi berganda adalah 53.670 + 0,258X1 + 0,001X2 koefisien bernilai positif sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas secara signifikan antara interaksi sosial dan motivasi belajar model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dengan hasil belajar matematika, model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat berperan aktif dalam interaksi sosial dan motivasi dan dapat meningkat hasil belajar matematika siswa.
GAME “TRIP ON MATH” DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS Defi Supriyati, Ayu; Noto, M. Subali; Subroto, Toto
JURNAL LEMMA Vol 6, No 1 (2019): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.661 KB) | DOI: 10.22202/jl.2019.v6i1.3214

Abstract

Abstrak. Penggunakan teknologi untuk merancang media dapat membantu proses pembelajaran, kegunaan media pendidikan dalam proses belajar secara umum agar dapat memperjelas penyajian pesan, mengatasi keterbatasan ruang, dapat mengatasi sifat pasif peserta didik dan memberikan rangsangan untuk memotivasi belajar siswa. Dalam pembelajaran matematika agar berlangsung secara efektif dan efisien perlu memanfaatkan jenis media dan sumber belajar. Salah satu tujuanya yaitu untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa, yang merupakan landasan dalam menyelesaikan permasalahan matematika maupun kehidupan sehari-hari. Game edukasi yang tepat adalah game yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi siswa. Oleh karena itu, perlu adanya metode pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) dalam mengembangkan game yang dibuat peneliti. Sehingga, pengembangan game edukasi dapat dikatakan valid, praktis dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman. Hasil penelitian menunjukan game edukasi Trip on Math dikatakan sangat valid karena memenuhi rata-rata kriteria validasi 96.11%, sedangkan dalam uji kepraktisan memenuhi kriteria sangat praktis karena memenuhi rata-rata 93.05% dan berdasarkan nilai pretest dan posttest terjadi peningkatan kemampuan pemahaman dengan rata-rata peningkatan kategori sedang.Kata Kunci: Teknologi, Matematika, Game edukasi, Kemampuan Pemahaman, ADDIE
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) Hamid, Nurasiah; Hidayat, Asep Syarif; Ramadhani, Sendi
JURNAL LEMMA Vol 6, No 1 (2019): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.165 KB) | DOI: 10.22202/jl.2019.v6i1.3397

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFaE) lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFaE), untuk mengetahui hambatan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematis. Metode Penelitiannya adalah metode eksperimen Semu (Quasi Eksperiment), desain penelitian berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII  di Cianjur dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (ditentukan). Adapun sampelnya yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol. Instrument dalam penelitian ini terdiri dari instrument tes yaitu tes kemampuan komunikasi matematis dan instrument non-tes yaitu angket skala sikap. Pokok bahasan yang disajikan sebagai bahan materi adalah bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFaE) lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFaE) pada umumnya positif. Hambatan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematis yaitu siswa kesulitan dalam pengaplikasikan rumus pada saat mengerjakan soal, siswa kesulitan dalam memahami soal berbentuk cerita dan siswa kesulitan dalam membuat sketsa atau gambar. Kata Kunci: Hambatan Siswa; Komunikasi Matematis; Sikap Siswa; Student Fasilitator and Explaining (SFaE).
KONTRIBUSI KEMAMPUAN AWAL DAN MINAT MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH MASALAH NILAI AWAL SYARAT BATAS STKIP MUHAMMADIYAH SUNGAI PENUH Wahyuni, Loria
JURNAL LEMMA Vol 6, No 1 (2019): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.794 KB) | DOI: 10.22202/jl.2019.v6i1.3245

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kontribusi kemampuan awal mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah masalah nilai awal syarat batas mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. (2) menguji kontribusi Minat mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah masalah nilai awal syarat batas mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh (3) menguji kontribusi kemampuan awal dan minat mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah masalah nilai awal syarat batas mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. Jenis penelitian adalah penelitian kuatitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan matematika semester VII STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. Sampel penelitian sebanyak 16 orang dengan teknik total sampling. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner berupa angket dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian (1)  Tidak ada kontribusi kemampuan awal terhadap hasil belajar mata kuliah masalah nilai awal syarat batas (2) Tidak ada kontribusi minat mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah masalah nilai awal syarat batas (3) Tidak ada kontribusi kemampuan awal dan minat mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah masalah nilai awal syarat batas
MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PGSD STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS EDMODO Hidayat, Puput Wahyu; Wiyoko, Tri
JURNAL LEMMA Vol 6, No 1 (2019): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.279 KB) | DOI: 10.22202/jl.2019.v6i1.3699

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar mahasiswa STKIP Muhammadiyah Muara Bungo dalam belajar di Kelas. Hal ini disebebkan oleh pendekatan pembelajaran yang diberikan oleh dosen. Meskipun sudah menerapkan pembelajaran dengan Student Center Learning yang mengarahkan mahasiswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, namun masih terdapat kelemahan pembelajaran tersebut, salah satunya adalah motivasi belajar yang rendah. Hal ini teridentifikasi ketika sedang melakukan kegiatan pembelajaran, mahasiswa lebih suka ribut ketika teman kelompok sedang menjelaskan materi di depan kelas. Selain hal tersebut, ketika mahasiswa dalam kelompok tidak terlalu menguasai materi, pembelajaran yang dilakukan cenderung menghabiskan waktu untuk berpikir. Dengan adanya permasalahan tersebut, usaha yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perbaikan pembelajaran. Dengan teknologi industri 4.0, peneliti memanfaatkan smartphone yang dimiliki oleh mahasiswa untuk kegiatan pembelajaran, yaitu dengan menggunakan pembelajaran elearning berbasis edmodo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar. Selanjutnya data dianalisis dengan mendeskripsikan hasil pemberian angket motivasi belajar. Hasil penelitian ini adalah dengan memberikan pembelajaran berbasis edmodo, motivasi belajar mahasiswa berada pada kategori tinggi
PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XB2 SMK NEGERI 3 SUNGAI PENUH Arlianti, Nofyta
JURNAL LEMMA Vol 6, No 1 (2019): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.073 KB) | DOI: 10.22202/jl.2019.v6i1.3221

Abstract

Ditemui hampir 44 % siswa tidak berminat untuk belajar matematika yang dipengaruhi oleh pengelolaan kelas atau manajemen kelas yang kurang kondusif. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui seberapa besar  pengaruh manajemen kelas terhadap minat belajar siswa kelas XB2 SMK Negeri 3 sungai penuh, 2) mengetahui manajemen kelas yang efektif dan dinamis. Metode dan Jenis penelitian ini adalah Ex-Post Facto atau pengukuran sesudah kejadian dan deskriptif korelasional. Setelah dilakukan analisis Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data yang telah dikemukakan sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan:Terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap minat belajar matematika siswa kelas XB2 SMK Negeri 3 Sungai Penuh. Hal ini dapat dilihat dari rhitung> rtabel  yaitu 0,489 > 0,423. Dan harga r = 0,489 yang berharga positif maka terdapat pengaruh positif dari manajemen kelas terhadap minat belajar matematika siswa. Dan koofisien determinasi (r)2 = 0,28, jadi besarnya hubungan variabel X terhadap Y adalah 25%. Ini berarti pengaruh manajemen kelas terhadap minat belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 3 Sungai Penuh adalah sebesar 25%. Sebaiknya guru selalu memperhatikan segala macam-macam aspek yang akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Terutama betapa pentingnya penggunaan media dalam penbelajaran matematika.
PENGGUNAAN REGRESI LINIER BERGANDA UNTUK MELIHAT PENGARUH METODE COOPERATIVE JIGSAW TERHADAP NILAI AKHIR MAHASISWA PADA MATAKULIAH ALJABAR LINIER Yunita, Rini
JURNAL LEMMA Vol 6, No 1 (2019): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.869 KB) | DOI: 10.22202/jl.2019.v6i1.3700

Abstract

Metode cooperative Jigsaw adalah model pembelajaran dengan menggunakan pengelompokan/tim kecil yang terdiri dari 4-6 anggota dengan kemampuan berbeda sebagai kelompok asal. Masing-masing kelompok  asal membentuk kelompok baru disebut kelompok ahli. Kelompok ahli mendiskusikan masalah yang dihadapi kemudian kembali ke kelompok asal untuk berdiskusi dan mempresentasikan materi oleh masing-masing kelompok asal. Metode penilaian yang digunakan yaitu penilaian diskusi dan presentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh  penilaian diskusi dan presentasi pada metode cooperative jigsaw terhadap nilai akhir mahasiswa. Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh besarnya  pengaruh penilaian diskusi dan presentasi terhadap nilai akhir mahasiswa 0.74 atau 74%.

Page 1 of 1 | Total Record : 7