cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA AL BIRUNI
ISSN : 23031832     EISSN : 2503023X     DOI : 10.24042
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is a medium of communication used by researchers, lecturers, teachers, practitioners, and University student for submitting result of studies and prioritized result of research in the field of theoretical physics, applied physics, and physics learning include: development of instruments of evaluation physics, development of instructional media physics, the development of learning model of physics, and Quasi-Experiment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni published comprehensive research articles and reviews by leading experts in the field. Selected articles, which has a high scientific achievement, provide important new knowledge, and high benefits to society of physics and physics education. The Journal was first published in 2012 and regularly published twice per year in April and October. Since 2014 this journal began in the online.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni" : 14 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu Asyhari, Ardian; Silvia, Helda
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v5i1.100

Abstract

This research aims to; 1) develop learning media in the form of an integrated science bulletin on sound material; 2) investigate the response of students to the feasibility study media in the form of an integrated science bulletin on sound material for students of class VIII, with the formulation of the problem; 1) How to develop learning media in the form of an integrated science bulletin on sound material ?; 2) How is the response of students to the feasibility study media in the form of an integrated science bulletin on sound material. This study is a R & D method which adopting development of Borg & Gall. Subjects in this study were students of class VIII SMP Negeri 7 Bandar Lampung and SMPN 21 Bandar Lampung amounted to 40 learners and data collection instruments used in the form of a questionnaire given to subject matter experts, media experts, and a science teacher SMP to test the feasibility of media learning in a bulletin in the form of a pocket book for integrated science teaching. The type of data that is generated is a qualitative and quantitative data were analyzed with the guidelines criteria to determine eligibility assessment category product. The results of this study are; 1) has developed learning media in the form of an integrated science bulletin in the form of a pocket book; 2) feasibility study media bulletin integrated science that has been developed is very feasible with a percentage of 82% is based on an expert assessment materials after the final stage of repair, design expert with a percentage of 79.4% with the criteria of decent; 3) the percentage was 77.6%, a teacher the criterion is a decent; 4) the results of the response of learners with a percentage of 80% with the criteria are eligible.Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengembangkan media pembelajaran berupa buletin IPA terpadu dalam bentuk buku saku pada materi bunyi; 2) mengetahui respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran berupa buletin IPA terpadu pada materi bunyi dalam bentuk buku saku untuk peserta didik kelas VIII, dengan rumusan masalah; 1) Bagaimana mengembangkan media pembelajaran berupa buletin IPA terpadu dalam bentuk buku saku pada materi bunyi?; 2) Bagaimana respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran berupa buletin IPA terpadu dalam bentuk buku saku pada materi bunyi. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar lampung dan SMP Negeri 21 Bandar Lampung berjumlah 40 orang peserta didik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru IPA SMP untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajaran IPA terpadu. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah; 1) telah dikembangkan media pembelajaran berupa buletin IPA terpadu dalam bentuk buku saku; 2) kelayakan media pembelajaran buletin IPA terpadu  dalam bentuk buku saku yang telah dikembangkan adalah sangat layak dengan persentase 82 % berdasarkan penilaian ahli materi tahap akhir setelah perbaikan, ahli desain dengan persentase 79,4% dengan kriteria layak 3) dengan persentase adalah 77,6%, penilaian guru dengan kriteria adalah layak  4) hasil respon peserta didik dengan persentase 80% dengan kriteria layak.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses Suana, Wayan
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v5i1.101

Abstract

This research aimed to: (1) describe the increase of students’ activity in the skill-based process in science learning, (2) describe the increase of students’ learning achievement in the skill-based process in science learning. This classroom action research has been conducted in three cycles with 29 students of VIIA Class of Junior High School (SMP) Dharma Bakti, South Lampung. Every cycle consist of planning, action and observation, and reflection. The data were collected using multiple choice test for learning achievement and observation sheet for students’ activity. The results showed that process skill approach could increase students’ activity and learning achievement of science from cycle to cycle. The average students’ activity score from the first cycle to the third cycle were 62,1 (sufficient), 70,0 (sufficient), and 77,1 (active), respectively. The average students’ learning achievement from cycle I to cycle III were 62,1 (sufficient), 65,2 (sufficient), 69,7 (good), respectively. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses, (2) mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Dharma Bakti Lampung Selatan yang berjumlah 29 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal pilihan jamak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa dari siklus ke siklus. Rata-rata nilai aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus III secara berturut-turut adalah 62,1 (cukup aktif), 70,0 (cukup aktif), dan 77,1 (aktif). Adapun rata-rata hasil belajar kognitif siswa dari siklus I sampai siklus III secara berturut-turut adalah 62,1 (cukup baik); 65,2 (cukup baik); dan 69,7 (baik). 
Pengaruh Variasi Putaran Mesin terhadap Daya pada Engine Cummins KTTA 38 C Yulianto, Purwo
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v5i1.102

Abstract

This study is about the effect of variations in engine rotation against the power of the engine Cummins KTTA 38 C used in loading tool for the coal mining that Komatsu PC 3000. This research was conducted at PT. Altrak 1978 Bontang which is a company engaged in the service and sales of heavy equipment. The purpose of this research is to know how to determine the engine speed of the engine power in accordance with Cummins KTTA 38C and how the influence of rotation on the power. The study was conducted on the engine general overhaul is carried out in November 2015 through January 2016. Testing of the engine is done by using test equipment dynotest is to get the engine speed and power that can be measured on a test device. The research showed that the engine Cummins KTTA 38 C to determine the engine speed to the appropriate power is round 1501 rpm power of 46 HP, round of 1603 rpm the power of 1178 HP, round of 1706 rpm the power of 1253 HP, round of 1801 rpm the power of 1324 HP, 1910 rpm rotation power of 46 HP. And the influence of the rotation Engine power is any change in engine speed that occurs can affect the value of the power produced by the engine itself.Penelitian ini merupakan telaah pengaruh variasi putaran mesin terhadap daya pada engine cummins KTTA 38 C yang dipakai pada alat loading untuk pertambangan batubara yaitu Komatsu PC 3000. Penelitian ini dilakukan di PT. Altrak 1978 Bontang yang merupakan perusahaan  bergerak di bidang jasa dan penjualan alat berat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menentukan putaran engine terhadap daya yang sesuai dengan engine cummins KTTA 38C dan bagaimana pengaruh putarannya terhadap daya. Penelitian telah dilakukan general overhaul pada engine yaitu pada bulan November 2015 sampai Januari 2016. Pengujian engine dilakukan dengan menggunakan alat uji dynotest adalah untuk mendapatkan hasil putaran engine dan daya yang dapat terukur pada alat uji. Dari penelitian didapatkanhasil bahwa pada engine cummins KTTA 38 C untuk menentukan putaran engine terhadap daya yang sesuai adalah pada putaran 1501 rpm daya sebesar 46 HP, putaran 1603 rpm daya sebesar 1178 HP, putaran 1706 rpm daya sebesar 1253 HP, putaran 1801 rpm daya sebesar 1324 HP, putaran 1910 rpm daya sebesar 46 HP.Dan pengaruh putaran Engine terhadap daya adalah tiap perubahan putaran engine yang terjadi dapat mempengaruhi nilai daya yang di hasilkan oleh engine itu sendiri.
Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran Irwandani, Irwandani; Juariyah, Siti
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v5i1.103

Abstract

The development trend of technology and information at this time should be used by the world of education to make it as a learning tool, both outside and inside the classroom. One trend that is emerging now is the use of social media as a medium of learning. Social media will be focused to develop is a media Instagram, in which can contain images and text content. The study was conducted with the aim of producing instructional media products that meet the necessary criteria. The research is the research and development method undertaken by several stages, a preliminary investigation, gathering information, product design, product validation, testing is limited to the user, and product revision. Based on the stages that made learning media product obtained declared fit and is needed by learners after validating and testing the product. Validation linguists gained 84%, the design of 82.67%, 86.67% materials, and media gained 87.14%. Meanwhile, based on the scoring is obtained 90.83%.Tren perkembangan teknologi dan informasi saat ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh dunia pendidikan untuk menjadikannya sebagai sarana pembelajaran, baik itu di luar maupun di dalam kelas. Salah satu tren yang sedang muncul saat ini adalah pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran. Media sosial yang akan difokuskan untuk dikembangkan adalah media instagram, yang di dalamnya bisa memuat konten gambar dan tulisan. Penelitian dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk media pembelajaran yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan beberapa tahap yaitu melakukan penelitian pendahuluan, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi produk, ujicoba terbatas kepada pengguna, kemudian revisi produk. Berdasarkan tahapan-tahapan yang dilakukan diperoleh produk media pembelajaran yang dinyatakan layak dan sangat dibutuhkan oleh peserta didik setelah melakukan validasi dan ujicoba produk. Validasi ahli bahasa memperoleh 84%, desain 82,67%, materi 86,67%, dan media memperoleh 87,14%. Sementara itu, berdasarkan penilaian pengguna diperoleh sebesar 90,83%.  
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor Latifah, Sri
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v5i1.104

Abstract

This is a research development that aim to produce product such as Student’s Worksheet (LKPD) oriented in values of Islam, through guided inquiry approach on the temperature and heat material for students of class X SMA/MA and to know the response of students toward it. The problem in this study include how to develop Student’s Worksheet (LKPD) oriented in values of Islam through guided inquiry approach on the temperature and heat material and the extent to which the response of students toward it.. This is a development research which apply Research and Development (R&D) method. Products produced is categorized as valid by the validation of subject matter experts with a percentage of 85%, subject matter experts to Islam with a score of 89% and design experts with a score of 91%, as well as products LKPD are very interesting based on the assessment of teachers with a percentage of 84%, and the response of students to the test field trials obtain a percentage score of 90%. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor untuk peserta didik kelas X SMA/MA dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk LKPD berorientasi nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor untuk peserta didik kelas X SMA/MA . Masalah dalam penelitian ini antara lain bagaimanakah mengembangkan LKPD berorientasi nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor dan sejauh manakah respon peserta didik terhadap LKPD berorientasi nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Produk yang dihasilkan berkategori valid berdasarkan validasi dari ahli materi dengan persentase 85%, ahli materi agama Islam dengan skor 89% dan ahli desain dengan skor 91%, serta produk LKPD sangat menarik berdasarkan penilaian guru memperoleh persentase 84%, dan respon peserta didik pada uji coba lapangan memperoleh skor persentase 90%.
Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Saregar, Antomi
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v5i1.105

Abstract

This study aims to encourage and  increase student mastery of concepts on Physics Education Study Program, Quantum Physics subject in wave particle duality, the odd semester of the academic year 2015/2016, using PhET simulations shaped media through a scientific approach. The research method uses a Class Action Research. The results of the implementation of the act of learning physics simulation assisted with the PhET and LKM scientific approach, it can be concluded that: 1) The interest of students during the learning with media-assisted PhET and LKM scientific approach, increased in each cycle. The percentage interest of students in the cycle I until cycle III are 73.33%, 86.66% and 90%; 2) the students mastering of concepts generally increasing, although is not significant. On average the mastery of the concepts of physics students with scientifically-assisted learning of PhET simulations and LKM of the first cycle until. the third cycle in a row is 62.3; 79.6; and 80.3.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan penguasaan konsep mahasiswa Program studi Pendidikan Fisika, mata kuliah Fisika Kuantum materi dualisme gelombang partikel, semester ganjil tahun ajaran 2015/2016, dengan menggunakan media berbentuk simulasi PhET melalui pendekatan saintifik. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil pelaksanaan tindakan pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik berbantu simulasi PhET dan LKM, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Minat mahasiswa selama pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantu media PhET dan LKM, mengalami peningkatan pada setiap siklus. Persentase minat mahasiswa pada siklus I s.d. siklus III berturut-turut adalah 73,33%, 86,66%, dan 90%; 2) penguasaan konsep mahasiswa secara umum trennya terus meningkat, walaupun tidak terlalu signifikan. Rata-rata penguasaan konsep fisika mahasiswa dengan pembelajaran saintifik berbantu simulasi PhET dan LKM dari siklus I s.d. siklus III berturut- turut adalah 62,3; 79,6; dan 80,3.
Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Rasional Siswa SMA dengan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Constructive Feedback Zulva, Rahmi
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v5i1.106

Abstract

The aim of the study is to examine the connection between rational thinking skills of high school students with the results of cognitive learning in cooperative learning process by providing constructive feedback. In this study used a quasi experimental method to the design of the randomized pretest-posttest control group design. Before doing it, the treatment given is initial tests, and after treatment is given a final test. During the learning process observation occurs. The results showed that the relationship between rational thinking skills of students' cognitive learning outcomes of students after learning at the end of the experimental class there is a significant relationship, with a big increase learning outcomes for 0.551 of great value rational thinking skills. While in the control group there were no correlations.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya hubungan antara keterampilan berpikir rasional siswa SMA dengan hasil belajar ranah kognitif dalam proses pembelajaran kooperatif dengan pemberian constructive feedback. Pada penelitian ini digunakan metode quasi eksperimen dengan desain the randomized pretest-posttest control group design. Sebelum melakukan traetment diberi tes awal dan setelah dilakukan treatment diberi tes akhir. Selama proses pembelajran berlangsung dilakukan observasi proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara keterampilan berpikir rasional siswa terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa setelah akhir pembelajaran pada kelas eksperimen terdapat hubungan yang signifikan, dengan besarnya peningkatan hasil belajar sebesar 0,551 dari besar nilai keterampilan berpikir rasional . Sedangkan pada kelas kontrol tidak terdapat hubungan.
Pembelajaran Fisika Berbasis Kompetensi Life Skill Kelas XII IPA.1 MAN 1 Lampung Selatan Poniman, Poniman
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v5i1.107

Abstract

This study aims to determine the physics competency-based learning life skills class XII IPA1, It conducted in two cycles, each cycle consisting of four phases: planning, execution, analysis and reflection. The action used is "Competency-Based Physics Education Life Skills". The first cycle has not succeeded cognitive aspects obtained a mean value of 5.62, the affective with good criterion 32.35%, sufficient criteria 67.65% as well as psychomotor  with good criterion 38.34%, sufficient criteria 61.66%, the life skill with all criteria 41.18%, both criteria 58.82 %.The second trying to provide intensive training with the same material, the result of learning on the cognitive of  a mean value of 5.81, affective  with both criteria of 76.47%, sufficient criteria 23.53%, psychomotor with good criterion 55.88%, sufficient criteria of 44.12% as well as on the life skill with very good criteria 1.76%.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran fisika berbasis kompetensi life skill pada kelas XII IPA1. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Tindakan yang digunakan adalah "Pembelajaran Fisika Berbasis Kompetensi Life Skills ". Siklus pertama belum berhasil, nilai rata-rata aspek kognitif diperoleh 5,62; afektif dengan kriteria baik 32,35%, dan kriteria cukup 67,65%; serta psikomotorik dengan kriteria baik 38,34%, dan kriteria cukup 61.66%; life skills dengan semua kriteria 41,18%, kriteria baik 58,82%. siklus kedua mencoba untuk memberikan pelatihan intensif dengan tindakan yang sama, rata-rata hasil belajar aspek kognitif 5,81; afektif dengan kriteria baik 76,47%, kriteria cukup 23,53%, psikomotor dengan kriteria baik 55,88%, kriteria cukup 44,12% serta pada life skill dengan kriteria baik sekali 1,76%. 
Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung Diani, Rahma
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v5i1.108

Abstract

This study aims to determine the effect of LKS scientific approach to the study result of students. This study is a research quasy experimentation, the samples in this study were students of class XI SMA PERINTIS 1 Bandar Lampung, the sampling technique using simple rondom sampling, where the class XI.3 is an experimental class and class XI.5 as control class, with style material. The Instruments used for learning outcomes is a description that had previously been tested. Based on the results of research and data management t-test analysis on a significant level = 0.05 obtained t> t table ie 5.45415> 1.68107 means that H0 is accepted. Thus, the learning of physics by using a scientific approach of LKS more influence on physics learning outcomes of learners compared with not using a scientific approach.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbantukan LKS terhadap hasil belajar  peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy eskperimen, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA PERINTIS 1 Bandar Lampung, teknik pengambilan sampel menggunakan simple rondom sampling, dimana kelas XI.3 merupakan kelas eksperimen dan kelas XI.5 merupakan kelas control, dengan materi gaya. Instrumen yang digunakan untuk hasil belajar adalah uraian yang sebelumnya telah diuji cobakan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengelolaan data analisis uji-t pada taraf signifikan= 0,05 diperoleh thitung > ttabel  yaitu 5.45415 > 1.68107  berarti H0 diterima. Dengan demikian, pembelajaran fisika dengan menggunakan pendekatan saintifik  berbantukan LKS lebih berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan pendekatan saintifik.
Aplikasi Konfigurasi Wenner dalam Menganalisis Jenis Material Bawah Permukaan Hakim, Hakim; Manrulu, Rahma Hi.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v5i1.109

Abstract

We analyzed the subsurface with Wenner configuration application. This study aims to determine the structure of the subsurface with Wenner configuration application. Wenner configuration is one of the geo-electric method, where this method is used to determine the nature of the flow of electricity in the earth in a way to detect it in the earth's surface. This detection covers potential measurements, currents and electromagnetic fields that occur either by injection or flow naturally. The working principle of geo-electric method is done by injecting an electric current into the ground through a pair of electrodes and measuring the potential difference with the other pair of electrodes. When an electric current is injected into a medium and measured the potential difference (voltage), then the value of the resistance of the medium can be estimated. Method of this research is to create a path for three (3) parallel to the trajectory made to local conditions study, the path length of 100 m and the electrode spacing of 5-7 m. The interpretation of the data obtained their ground water, rock conglomerate, limestone and granite at a depth of 17.4 m. Telah dilakukan analisis bawah permukaan dengan aplikasi konfigurasi Wenner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur lapisan bawah permukaan dengan aplikasi konfigurasi Wenner. Konfigurasi Wenner merupakan salah satu metode geolistrik, dimana metode ini merupakan metode yang digunakan untuk  mengetahui  sifat  aliran  listrik  di  dalam  bumi dengan  cara  mendeteksinya  di  permukaan  bumi. Pendeteksian ini meliputi pengukuran potensial, arus dan medan elektromagnetik  yang terjadi baik itu oleh injeksi arus maupun secara alamiah. Prinsip  kerja  metode geolistrik dilakukan dengan cara menginjeksikan arus listrik ke permukaan tanah melalui sepasang elektroda dan mengukur beda potensial dengan sepasang elektroda yang lain. Bila arus listrik  diinjeksikan ke dalam suatu medium dan diukur beda potensialnya (tegangan), maka nilai hambatan dari medium tersebut dapat diperkirakan. Metode kerja peneltian ini adalah membuat lintasan sebanyak 3 (tiga) lintasan yang dibuat sejajar dengan memperhatikan kondisi daerah penelitian, dengan panjang lintasan 100 m dan jarak elektroda 5-7 m. Hasil interpretasi data diperoleh adanya air tanah, batuan konglomerat, batu gamping dan batu granit pada kedalaman 17,4 m.

Page 1 of 2 | Total Record : 14