cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education)
ISSN : 25806424     EISSN : 24772399     DOI : 10.21831
ELINVO (Electronics, Informatics and Vocational Education) is a peer-reviewed journal that publishes high-quality scientific articles in Indonesian language or English in the form of research results (the main priority) and or review studies in the field of electronics and informatics both in terms of their technological and educational development.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2020): Mei 2020" : 9 Documents clear
Pengembangan E-Learning Berbasis Website menggunakan Metode Waterfall Septyanto, Kukuh; Hamid, Mustofa Abi; Aribowo, Didik
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (832.042 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i1.31054

Abstract

Perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi yang semakin pesat telah banyak mengubah berbagai bidang kehidupan, termasuk dibidang pendidikan. Sudah semestinya sistem pembelajaran yang ada di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro Untirta harus lebih inovatif. Mengembangkan sistem pembelajaran e-learning berbasis website dan mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan merupakan tujuan dari penelitian ini, dengan memakai metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, analisis kebutuhan, desain, implementasi atau pengkodeaan, dan pengujian. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang ahli produk, 3 dosen 1 staff, dan 51  mahasiswa. Maka didapatkan hasil penelitian yang telah diolah, berupa data (1) tingkat kelayakan produk website e-learning diperoleh nilai skor rata-rata sebesar 74,6 dengan kategori "sangat layak". (2) hasil uji coba penggunaan website e-learning oleh dosen dan staff diperoleh nilai skor rata-rata sebesar 90,3 dengan kategori "sangat layak". (3) hasil uji coba penggunaan website e-learning oleh mahasiswa diperoleh nilai skor rata-rata sebesar 85 dengan kategori "sangat layak". Dapat ditarik kesimpulan, maka sistem pembelajaran e-learning berbasis website sangat layak. Agar pemanfaatan website e-learning terjaga, maka perlu dilakukan pemeliharaan rutin, penambahan fitur sesuai kebutuhan pengguna dan memperkuat keamanan website e-learning.
Penerapan IoT untuk Sistem Pemantauan Lampu Penerangan Jalan Umum Adam, Adam; Muharnis, Muharnis; Ariadi, Ariadi; Lianda, Jefri
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.152 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i1.31249

Abstract

Penerangan jalan umum (PJU) digunakan untuk menerangi jalan, sehingga pengguna jalan mendukung kenyamanan dan keselamatan dimalam hari. Terdapat keterbatasan sistem pemeriksaan dan pelaporan kerusakaan lampu PJU. Artikel ini membahas penerapan teknologi Internet of Things (IoT) untuk memantau gangguan kerusakan pada lampu PJU. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem pemantauan tersebut yaitu, kajian literatur, analisis kebutuhan, perancangan, pembuatan dan pengujian. Sistem ini dilengkapi dengan sensor ZMPT101B, ACS 712, dan Modul WiFi ESP 8266-01. Sensor ZMPT101B digunakan untuk mengukur nilai tegangan PLN, sedangkan sensor ACS 712 merupakan sensor yang digunakan untuk mengukur arus pada lampu jalan.  ESP8266-01 merupakan modul wifi yang dapat terhubung langsung dengan WiFi dan membuat koneksi TCP/IP sehingga dapat mengirim data dari mikrokontroler Arduino Mega2560 ke internet. Sistem pemantauan lampu PJU ini kemudian dapat diakses menggunakan antarmuka ThingSpeak baik dengan ponsel maupun laptop. Hasil pengujian sensor tegangan menunjukan tingkat akurasi sebesar 96,7%, parameter tegangan dan arus lampu ditampilkan dalam bentuk grafik dan indikator. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sistem dapat digunakan untuk memantau kondisi lampu PJU. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai dasar pengembangan sistem selanjutnya berbasis sistem cerdas untuk mendukung lampu PJU sesuai SNI dan memiliki efisiensi energi.
Optimalisasi Media Penyimpanan pada Sistem Inventori Stok Barang untuk PT. Multi Usaha Sejahtera Jaya menggunakan Metode Goldbach Codes Frayudha, Angga Debby; Purwanti, Siti
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (724.285 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i1.31298

Abstract

Pengelolaan data secara konvensional, baik manual pada buku maupun penggunaan aplikasi pengolah data (kata atau angka) dinilai masih memiliki keterbatasan terutama dalam hal keterjangkauan akses dan pengelolaan. Sistem informasi inventori mampu menyajikan pengelolaan data berupa informasi-informasi yang dibutuhkan untuk produktivitas tempat usaha sesuai karakteristik pengguna informasi pada tempat usaha tersebut. Lebih lanjut untuk proses transmisi data yang lebih baik, diperlukan optimalisasi media penyimpanan melalui teknik kompresi data tertentu. Salah satu algoritma kompresi data teks yang memiliki keunggulan pada optimalisasi ukuran hasil kompresi adalah Goldbach Codes. Artikel ini mendeskripsikan pengembangan sistem pengelolaan inventori dengan kemampuan dapat menyimpan maupun mengubah data stok barang, penjualan, pembelian barang dan laporannya yang memiliki efisiensi data yang optimal.  Dalam penelitian ini menggunakan metode Riset and Development dengan 7 tahapan berupa: 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) uji coba produk, 6) revisi produk, 7) uji coba pemakaian. Hasil dari pengujian aplikasi mendapatkan presentase kelayakan sebesar 83% dari ahli media (IT), 85% dari pengguna skala kecil (PT Multi Usaha Sejahtera). Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan "sangat layak". Kelebihan dari sistem yang diusulkan adalah pencarian data semakin cepat dan paperless. Penelitian ini dapat dijadikan pijakan untuk penelitian terkait. Aspek yang perlu dipertimbangkan pada penelitian ke depan adalah aspek keberterimaan sistem informasi
Penerapan Model UTAUT 2 Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan SIORTU Ainul Bashir, Nur Azmi
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.931 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i1.30636

Abstract

Layanan sistem informasi akademik untuk orang tua (SIORTU) telah banyak diterapkan di kampus-kampus, salah satunya adalah Universitas Islam Indonesia (UII). Nama resmi SIORTU UII yaitu UNISYS untuk orang tua. Belum banyak orang tua atau wali mahasiswa yang menggunakan SIORTU. Tercatat hanya 7.361 akun SIORTU yang aktif pada rentang April 2018 s.d Maret 2019. Jumlah tersebut hanya 36.68% dari jumlah akun yang disediakan untuk orang tua mahasiswa angkatan 2015-2018 yaitu 20.068 akun. Penelitian ini merupakan pengembangan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang dianalisis diperoleh dari data penelitian yang dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh faktor-faktor penggunaan SIORTU terhadap minat penggunaan SIORTU, serta mengetahui bagaimana hubungan hasil penelitian dengan hasil penelitian yang dikembangkan. Manfaat yang diharapkan antara lain memperkuat hasil penelitian yang dikembangkan, mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi minat dan penggunaan SIORTU serta menambah referensi penelitian mengenai sistem informasi khususnya SIAKAD dan SIORTU. Penulis mengasumsikan variabel-variabel penelitian yang meliputi performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions dan habit berpengaruh terhadap SIORTU behavioral intention dan SIORTU behavioral intention berpengaruh terhadap SIORTU usage behavioral. Hasil Pengujian dan analisis yang dilakukan menghasilkan semua variabel independen berpengaruh positif terhadap behavioral intention dan usage behavioral melalui minat penggunaannya.
Sistem Keamanan Ganda Sepeda Motor dengan Fingerprint dan Gprs Berbasis Arduino untuk Peningkatan Keamanan Danar, Bartholomeus; Zakarijah, Masduki
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.341 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i1.34592

Abstract

Tujuan pembuatan Tugas Akhir ini adalah: (1) merancang fingerprint dan gprs pada sistem pengaman sepeda motor, (2) mengimplementasi fingerprint dan gprs pada sistem pengaman sepeda motor, (3) mengetahui unjuk kerja fingerprint dan gprs pada sistem pengaman sepeda motor. Komponen utama yang digunakan adalah Arduino Mega sebagai pusat olah data , fingerprint sebagai keamanan utama, gprs sebagai kemanan kedua. dan kode numerik sebagai penulisan password serta mensetting sistem. Langkah Pembuatan Sitem Keamanan Ganda Sepeda Motor Berbasis Arduino Untuk Peningkatan Keamanan ini adalah (1) Perancangan Perangkat Keras: pertama Pembuatan Skematik Sistem , kedua Pembuatan Layout PCB,  ketiga Pembuatan Desain 3D, terakhir  Desain box finising, (2) Perancangan Perangkat Lunak pertama Pembuatan alur diagram kedua Pembuatan program Arduino. Berdasarkan Hasil pengujian yang telah dilakukan (1) Fingerprint pada sistem pengaman kendaraan ini menjadi komponen keamanan utama yang sulit ditembus, (2) GPRS dapat mengirim pesan ke Android pemilik Sepeda Motor, (3) Kode Numerik dapat mengirimkan kode angka yang tepat, (4) Sistem alat bekerja dengan baik, dimana Fingerprint mengirim data sidik jari ke Arduino lalu Sepeda motor ON atau Kode Numerik mengirim Password ke Arduino lalu Arduino memproses Sepeda Motor ON apabila gagal 3 kali alarm berbunyi serta mengirim pesan ke Android.
Peningkatan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Teknik Audio Video di Masa Pandemi Covid-19 dengan WhatsApp Group Utami, Santi; Utami, Pipit
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.785 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i1.34254

Abstract

Penutupan SMK merupakan dampak dari adanya pandemi COVID-19. Pembelajaran daring menjadi pendekatan yang harus diterapkan pada kondisi tersebut. Berbagai tantangan dan kendala pembelajaran daring mempengaruhi capaian pembelajaran. Temuan saat evaluasi pembelajaran daring di awal periode adalah menurunnya partisipasi belajar dan prosentase ketuntasan KKM peserta didik menjadi temuan yang diperoleh. Artikel ini memaparkan mengenai cara meningkatkan partisipasi dan prosentase ketuntasan tersebut pada pembelajaran daring melalui pemanfaatan WhatsApp Group (WAG) dan Google Classroom (GC). Tahapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Group Investigation menjadi model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan GI dapat meningkatkan partisipasi belajar melalui optimalisasi WAG sebagai forum diskusi (langkah identifikasi topik, perencanaan tugas, dan investigasi) dan pengumpulan video (laporan dan presentasi) pada waktu yang disepakati; (2) penerapan GI meningkatkan prosentase peserta didik yang tuntas KKM melalui langkah langkah diskusi, investigasi dan presentasi menggunakan WAG sebagai media komunikasi. Dedikasi dan peran proaktif pengajar memegang peranan penting dalam pengoptimalan WA pada pembelajaran. Teknologi pembelajaran terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, infrastruktur teknologi dan lingkungan pembelajaran. Manajemen perubahan diperlukan untuk meningkatkan literasi teknologi pembelajaran bagi sivitas pendidikan.
Sistem Pengendali pH Air dan Pemantauan Lingkungan Tanaman Hidroponik menggunakan Fuzzy Logic berbasis IoT Alam, Rahib Lentera; Nasuha, Aris
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.266 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i1.34587

Abstract

Hidroponik merupakan solusi bercocok tanam untuk lahan pertanian yang semakin menyempit. Namun, pengendalian pH serta monitoring lingkungan yang masih manual membuat hasil tanam menjadi kurang optimal. Proyek akhir ini bertujuan untuk menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengontrol pH air dan memonitor lingkungan tanaman hidroponik berbasis Internet of things (IoT). Sistem tersebut menggunakan sistem kontrol logika fuzzy untuk mengendalikan pH media tanam hidroponik dan terdapat pengembangan cloud server guna mempermudah petani dalam mengontrol media tanam serta lingkungan tanaman hidroponik. Pembuatan alat ini mengacu pada metode kuantitatif yang terdiri dari tahap analisis, desain/perancangan, perakitan serta pengujian. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan adalah ketelitian sensor pH meter sebesar 98,38%, ketelitian sensor DHT22 untuk mengukur suhu sebesar 97,91% dan kelembaban sebesar 95,89%, ketelitian sensor DS18B20 sebesar 96,16%, ketelitian sensor HCSR-04 sebesar 97,65%, Rata-rata waktu penstabilan pH 64s dengan error 2.05%. Semua fitur dalam aplikasi Blynk bekerja dengan baik, waktu ping server rata-rata 18ms dan waktu respons alat rata-rata 83s. Penggunaan sistem ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat awam untuk berkebun tanpa mencemaskan kebutuhan lahan luas dan kerumitan perawatan. Hal tersebut berdampak pada kemandirian pangan pada level rumah tangga dapat diwujudkan melalui penyediaan tanaman panggan untuk konsumsi keluarga.
Pendeteksi Bola Pada Robot Penjaga Gawang Menggunakan Metode Hough Circle Pradana, Alwi Widi; Irmawati, Dessy
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.01 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i1.20794

Abstract

Robot penjaga gawang bertugas untuk dapat menghadang bola berwarna oranye memasuki gawang. Robot tersebut harus mampu mendeteksi bola dengan akurat untuk menentukan pergerakan robot selanjutnya. Artikel ini mendeskrepsikan pengembangan robot penjaga gawang yang mampu mendeteksi warna dan bentuk boladengan metode hough circle menggunakan emgucv. Metode pengembangan yang dilakukan merujuk pada modifikasi ADDIE pada pengembangan robot speak bola. Hasil dari pengembangan ini adalah lapangan robot dan robot penjaga gawang. Hasil unjuk kerja menunjukkan pendeteksian bola memiliki presentase rerata sebesar 80%, sedangkan kemampuan menghadang bola sebesar 90%. Penerapan metode hough circle terdiri atas beberapa proses yaitu: (1) mencari ciri warna bola, langkah selanjutnya dengan menggunakan ROI dan objek selain ROI ditutupi dengan warna hitam; (2) objek yang sudah di ROI lalu dideteksi melalui konversi warna ke bentuk HSV dengan memberikan jarak deteksi warna pada channel Hue untuk mendeteksi warna Kembali; (3) filter gambar menggunakan dillate untuk membersihkan noise pada gambar; (4) mendeteksi tepi bola menggunakan canny detection untuk melihat contour berbentuk lingkaran; dan (5) menggunakan Hough Circle untuk mendeksi warna orange dengan bentuk bola. Metode hough circle dalam pendeteksian bola oranye berhasil diterapkan. Untuk pengembangan ke depan, perlu diperhatikan terkait teknis mekanik agar tidak membatasi pergerakan robot.
Pengembangan Modul Praktik Sistem Audio dengan Pendekatan Proyek Pangat, Muhammad Nur; Waluyanti, Sri
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.399 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i1.34590

Abstract

Pembelajaran berpusat pada siswa menuntut keaktifan peserta didik. Keaktifan belajar peserta didik dapat didukung melalui pengembangan media pembelajaran. Pendekatan pada model pembelajaran proyek dinilai tepat untuk mengembangkan keaktifan belajar peserta didik. Jobsheet praktikum mata kuliah sistem Audio belum mendukung keaktifan belajar peserta didik. Mata kuliah tersebut memerlukan modul praktik yang memicu keaktifan peserta didik agar memiliki pemahaman materi dan tertib melakukan kegiatan praktik. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan modul praktik Sistem Audio yang mendukung keaktifan belajar. Tahapan pengembangan media pembelajaran meliputi: (1) identifikasi potensi dan masalah; (2) pengumpulan informasi; (3) desain produk; (4) penyusunan modul; (5) validasi desain; (6) perbaikan desain; (7) uji coba pemakaian; (8) revisi produk; dan (9) penyebaran produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul praktik sistem audio yang sudah direalisasikan mendapatkan validasi oleh ahli materi sebesar 88,4 %, oleh ahli media sebesar 80,7%; dan uji pemakaian oleh peserta didik sebesar 81,25%. Ketiga penilaian tersebut menunjukkan bahwa media pada kategori sangat layak digunakan. Dari ketiga perolehan tersebut, modul praktik sistem audio sangat layak digunakan sebagai bahan ajar peserta didik. Modul Pembelajaran berbasis proyek dinilai mampu mendukung aspek kemandirian dan sejalan dengan penerapan pembelajaran andragogi. Hasil ini dapat ditindaklanjuti untuk mengetahui penerapan modul pembelajaran berbasis proyek di kelas untuk meningkatkan kemandirian dan keterlibatan peserta didik. 

Page 1 of 1 | Total Record : 9