cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
semesta_teknika@umy.ac.id
Editorial Address
Jln. Brawijaya Tamantirto Kasihan Bantul 55183 Indonesia
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Semesta Teknika
ISSN : 1411061X     EISSN : 25025481     DOI : https://doi.org/10.18196/st
Core Subject : Engineering,
SEMESTA TEKNIKA is a reputable refereed journal devoted to the publication and dissemination of basic and applied research in engineering. SEMESTA TEKNIKA is a forum for publishing high quality papers and references in engineering science and technology. The Journal is published by the Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, INDONESIA. Copyright is by the publisher and the authors. The Journal is issued in electronic form and also issued in printed form as annual volume for the contributors only. The journal contains original research papers, review articles, short notes and letters to the editors. The topics of interest include modeling, experimental, analytical and numerical investigations on the mechanical, physical, chemical and mineralogical properties of material, developing the prototype/instrument, technology and construction process. Topic of management in industry and civil construction is also considered. SEMESTA TEKNIKA receives manuscripts from the contributor written in the Indonesian and English. Manuscripts submitted to the journal for publication must not have been previously published or is under consideration simultaneously by any other publication. Manuscripts submitted to SEMESTA TEKNIKA will be reviewed Peer Reviewers local and foreign.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 25, No 1 (2022): MEI 2022" : 10 Documents clear
Prototipe Sistem Monitoring pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Ramadoni Syahputra; Revi Muhammad Fasha; Anna Nur Nazilah Chamim; Kunnu Purwanto
Semesta Teknika Vol 25, No 1 (2022): MEI 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/st.v25i1.13180

Abstract

Energi potensial hidro, sumber energi baru dan berkelanjutan yang mencakup pembangkit listrik tenaga mikro-hidro, penting untuk dikembangkan sebagai sumber daya alternatif yang sangat bermanfaat bagi lingkungan. Pengaturan inlet air mikro hidro saat ini masih dilakukan secara manual. Hal ini menjadi perhatian karena memerlukan banyak sumber daya manusia dan jika dilakukan secara manual, akurasinya tidak terlalu baik. Sebelumnya, sistem pemantauan hanya dapat diamati di dekat generator dan tidak dari jarak jauh. Dalam penelitian ini dikembangkan sistem monitoring sehingga dapat diakses kapan saja dan dari lokasi manapun menggunakan aplikasi smartphone. Saluran masuk air dirancang untuk diatur secara otomatis menggunakan aplikasi smartphone untuk mengatasi masalah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang telah dibangun dapat bekerja dengan baik.
Kajian Komputasi Pengaruh Penerapan Blowing pada Bagian Belakang Model Kendaraan Rustan Tarakka; Nasaruddin Salam; Andi Amijoyo Mochtar; Muhammad Ihsan; Wawan Rauf
Semesta Teknika Vol 25, No 1 (2022): MEI 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/st.v25i1.13478

Abstract

Drag aerodinamika pada kendaraan disebabkan adanya tekanan rendah dan separasi aliran di bagian belakang, yang berdampak pada menurunnya kecepatan, meningkatnya penggunaan bahan bakar, dan turunnya efisiensi kendaraan. Blowing merupakan salah satu pilihan rekayasa kendali aktif aliran yang dapat diterapkan pada desain kendaraan yang dapat mengendalikan pembentukan separasi aliran dan berefek positif berupa pengurangan hambatan aerodinamis. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penerapan blowing terhadap pola aliran, distribusi tekanan, dan hambatan aerodinamika yang bekerja pada bagian belakang model. Dengan bantuan CFD Fluent 6.3, model uji yang digunakan adalah model kendaraan dengan sudut kemiringan geometri depan (α) 35o dan rasio terhadap model Ahmed bodi original adalah 0.17 (1:6), yang dilengkapi dengan blowing dengan kecepatan 1.0 m/s. Hasil komputasi mengindikasikan bahwa penerapan blowing dapat mengurangi pembentukan wake dan menunda separasi aliran dan dapat meningkatkan koefisien tekanan minimum pada bagian belakang model kendaraan sebesar 24.690%. Pengurangan hambatan aerodinamika diperoleh sebesar 9.583%.
Analisis Artificial Aging dan Perlakuan Electroless Coating Terhadap Karakteristik Gesek dan Kekerasan Komposit AA6061-Al2O3 Hanif Rinaldi; Eko Surojo; Teguh Triyono; Hammar Ilham Akbar
Semesta Teknika Vol 25, No 1 (2022): MEI 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/st.v25i1.13448

Abstract

Komposit merupakan bahan rekayasa yang terdiri dari dua bahan yaitu matrik dan penguat. Komposit matriks aluminium merupakan salah satu jenis komposit matriks logam yang banyak digunakan dalam dunia otomotif dan konstruksi. Penelitian ini menggunakan AA6061 dan Al2O3 yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan panas dan electroless coating terhadap karakteristik gesek dan kekerasan komposit AA6061-Al2O3. Pembuatan komposit menggunakan metode stir casting. Perlakuan panas dilakukan dalam tiga tahap. Variasi dari penelitian ini adalah waktu penahanan yaitu 2-6 jam. Waktu penahanan optimum pada proses artificial aging terjadi pada 4 jam. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kombinasi perlakuan electroless coating pada partikel dan 4 h artificial aging menghasilkan kekerasan tertinggi 56,70 BHN, koefisien gesek 0,543 dan keausan spesifik terendah 1,25x10-4 mm3/Nm. Hasil karakterisasi gesekan dan pengujian kekerasan membuktikan bahwa perlakuan electroless coating efektif dalam meningkatkan kekerasan dan karakteristik gesekan yang unggul pada komposit AA6061-Al2O3.
Analisis Kekuatan Mekanik pada Struktur Cooling Tank Section Untai FASSIP-03 NT Berbasis Simulasi Software Dedy Haryanto; Giarno Giarno; Adhika Enggar Pamungkas; Ainur Rosidi; Gregorius Bambang Heru Kusnugroho; Mulya Juarsa
Semesta Teknika Vol 25, No 1 (2022): MEI 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/st.v25i1.13470

Abstract

Untai Fasilitas Simulasi Sistem Pasif-03 Nanobubble Transparent (FASSIP-03 NT) mulai didesain pada tahun 2021. Komponen pada untai FASSIP-03 NT terdiri dari Heating Tank Section (HTS) dan Cooling Tank Section (CTS) yang dilengkapi dengan Helical Heat Exchanger, Pyrex Glass Tube dan sistem pemipaan. CTS berfungsi sebagai komponen untuk mensimulasikan penukar kalor dari teras reaktor nuklir. Pengujian secara simulasi dan analisisnya dilakukan untuk mengetahui kekuatan mekanik terdiri dari tegangan mekanik dan translational displacement pada desain komponen CTS. Hasil pengujian secara simulasi diperoleh tegangan mekanik maksimal sebesar 1,61 x 108 N/m2 lebih kecil daripada yield strength material stainless steel 304 sebesar 1,73 x 108 N/m2. Translational displacement yang terjadi sebesar 3,04 mm pada bagian sisi belakang CTS. Hasil pengujian secara simulasi dan analisisnya menunjukkan bahwa desain CTS dapat dipabrikasi dan aman digunakan sebagai penukar kalor pada untai FASSIP-03 NT.
Pengaruh Penambahan Biopolimer Xanthan Gum untuk Mengurangi Konsumsi Energi pada Sistem Perpipaan Sealtial Mau; Crisyamor Daniel Pada
Semesta Teknika Vol 25, No 1 (2022): MEI 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/st.v25i1.13701

Abstract

Drag merupakan salah satu hambatan yang terjadi pada sistem transportasi fluida dimana hal ini merupakan hal yang menarik untuk dikaji. Pada penelitian ini fluida kerja yang digunakan untuk disirkulasikan adalah campuran air dan xanthan gum. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan xanthan gum terhadap penurunan tahanan gesek pada sistem perpipaan. Penambahan xanthan gum sebagai biopolimer termasuk dalam kategori kontrol aktif yang digunakan dalam kajian ini. Pada penelitian ini dirancang rangkaian sistem perpipaan secara horizontal dengan panjang pipa uji utama 0,8 m dengan diameter 0,015 m dan campuran fluida kerja yang divariasikan masing-masing 100 ppm, 300 ppm dan 500 ppm. Dari ketiga konsentrasi tersebut nilai tahanan gesek terendah pada fluida kerja dengan campuran 100 ppm pada kecepatan ± 1,5 m/s dengan nilai koefisien gesek sebesar 0,0053. Konsentrasi fluida kerja 300 ppm dan 500 ppm tidak memberikan keuntungan karena memiliki koefisien gesekan di atas air murni masing-masing yaitu 0,1578 dan 0,3276.
Pengembangan Perangkat Lunak Elemen Hingga untuk Keperluan Pendidikan Agung Premono; Ahmad Kholil; Hidayat Hidayat; Dendy Saputra
Semesta Teknika Vol 25, No 1 (2022): MEI 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/st.v25i1.13632

Abstract

Metode elemen hingga adalah salah satu mata kuliah wajib pada hampir seluruh jurusan Teknik mesin di Indonesia. Pembelajaran mata kuliah ini biasanya dibantu menggunakan perangkat lunak komersial. Tetapi, penggunakan perangkat lunak komersial menyebabkan mahasiswa hanya memahami bagaimana menggunakan perangkat lunak tanpa memahami persamaan matematika dan bagaimana proses penyelesaiannya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat lunak yang memungkinkan mahasiswa tetap memahami prosedur penyelesaian secara matematika dalam menyelesaikan sebuah masalah. Pengembangan perangkat lunak dilakukan dengan bahasa pemrograman MATLAB. Elemen truss dan aksisimetri digunakan sebagai contoh untuk implementasi pengembangan perangkat lunak. Hasil perhitungan perangkat lunak divalidasi dengan hasil perhitungan yang dilakukan dengan perangkat lunak LISA. Hasil validasi menunjukkan bahwa hasil perhitungan perangkat lunak yang dikembangkan memiliki tingkat kesalahan dibawah 1 % dibandingkan dengan hasil perhitungan perangkat lunak LISA. Dengan demikian maka perangkat lunak hasil pengembangan telah bekerja dengan benar. 
Gelang Giroskop dengan Parameter Sumbu X dan Y sebagai Alat Pemandu Salat bagi Tunarungu Arti Nurhafizah; Hanifah Rahmi Fajrin; Wisnu Kartika
Semesta Teknika Vol 25, No 1 (2022): MEI 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/st.v25i1.13365

Abstract

Mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, diantaranya lebih dari 13 ribu orang penyandang disabilitas Tunarungu. Dalam melaksanakan Salat berjamaah, Tunarungu kesulitan mengikuti instruksi gerakan Imam. Tujuan pembuatan inovasi alat gelang giroskop adalah untuk membantu penyandang disabilitas Tunarungu mengikuti instruksi gerakan Imam saat melaksanakan Salat berjamaah. Metode yang digunakan pada gelang giroskop adalah dengan  memberikan notifikasi berupa getaran yang berbeda pada setiap perubahan gerakan Imam. Sensor pendeteksi perubahan sudut X dan Y yaitu sensor gyroscope MPU6050. Pengaturan range sudut yaitu pada sumbu X dan sumbu Y untuk mendeteksi setiap perubahan gerakan Salat. Sistem kontrol alat menggunakan arduino nano FT232RL FTDI FT232. Modul komunikasi menggunakan HC-12 SI4463.Gelang yang digunakan Imam akan mengirimkan kode berupa perubahan sudut sumbu X dan sumbu Y ke gelang yang digunakan oleh makmum Tunarungu. Tingkat keberhasilan pada gelang giroskop mencapai 89%. Dengan demikian,gelang giroskop pemandu Salat bagi Tunarungu dapat membantu makmum Tunarungu dalam melaksanakan ibadah Salat berjamaah.
Analisis Perbandingan Karakteristik antara AC-WC Asbuton dengan Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA) Valdo Pinangkaan; Tampanatu P. F. Sompie; Sudarno Sudarno
Semesta Teknika Vol 25, No 1 (2022): MEI 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/st.v25i1.13716

Abstract

Jalan beraspal meningkatkan mobilitas orang dan barang supaya lebih mudah, aman dan nyaman. Jenis aspal terdiri dari aspal alam dan aspal minyak, seiring perkembangan teknologi campuran aspal Asbuton dipadatkan pada temperatur ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perbandingan nilai karakteristik Asbuton yang dimodifikasi atau Asbuton pra-campur untuk bahan pengikat dicampuran Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) dengan Cold Paving Hot-Mix Asbuton (CPHMA). Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan melakukan pengujian laboratorium. Hasil pengujian menunjukkan persentase komposisi AC-WC Asbuton: batu pecah 13-19 = 9.0%, batu pecah 5-13 = 43.0%, abu batu = 47.0% dan filler = 1.0%.  Nilai Kadar Aspal Optimum untuk AC-WC Asbuton dengan variasi Kadar Aspal 5%, 5.5%, 6%, 6.5%, 7% adalah 6.35%. Berdasarkan perbandingan nilai yang diperoleh, AC-WC Asbuton memiliki kepadatan serta ketahanan dalam menerima beban kendaraan yang lebih baik dari CPHMA. CPHMA memiliki rongga dalam campuran dan rongga dalam agregat yang lebih banyak dibandingkan AC-WC Asbuton.
Desain Struktur Jembatan Kereta Api Tipe Concrete Through Arch: Studi Kasus Jembatan Kereta Api BH 1828 Purworejo Algazt Aryad Masagala
Semesta Teknika Vol 25, No 1 (2022): MEI 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/st.v25i1.13734

Abstract

Jembatan rel kereta api BH 1828 berlokasi di Butuh, Kutoarjo, Purworejo. Desain struktur jembatan tipe through arch memiliki lebar 4,9m, panjang bentang total 46 m, dan tinggi 7,5 m. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dimensi dan kebutuhan penulangan, serta besar nilai lendutan dengan mengacu pada PM No. 60 Tahun 2012 tentang Persyaratan Teknis Rel Kereta Api, SNI 2833:2016 tentang Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa, dan RSNI T-12-2004 sebagai Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan. Desain dilakukan secara bertahap yang dimulai dari penentuan jenis struktur yang dipergunakan, dimensi struktur, pemodelan komputer, pembebanan, perancangan tulangan dan kontrol lendutan. Berdasarkan perhitungan diperoleh dimensi; girder eksterior, interior, diafragma, dan arch memiliki dimensi 450 x 650 mm; dimensi hanger dan bracing 450 x 450 mm. Untuk nilai lendutan maksimal tengah bentang sebesar 0,054 m lebih kecil dari lendutan izin L/800 = 0,058 m.
Penerapan Konstruksi Ramping terhadap Waste pada Ruang Lingkup Manajemen Proyek (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Auditorium di Yogyakarta) Adwitya Bhaskara; Albert Atmaja Ginting; Alfatsya Mubian Masagala
Semesta Teknika Vol 25, No 1 (2022): MEI 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/st.v25i1.13403

Abstract

Konstruksi ramping telah diterapkan banyak proyek, artinya dalam masa perencanaan proyek telah meminimalisir waste dengan efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi variabel penyebab waste yang paling dominan pada proyek dan mengetahui penerapan Konstruksi Ramping pada proyek. Dalam mencapai tujuan tersebut maka digunakan metode Teorema Bayes untuk menentukan probabilitas dari waste 5M ruang lingkup manajemen. Hasil dari analisis probabilitas waste bahwa variabel-variabel yang menyebabkan waste adalah tenaga kerja sulit untuk bekerja sama dalam satu tim kerja (18,18%), material datang ke lokasi terlalu cepat (20,00%), alat berat terlambat sampai di lapangan (15,69%), denda karena keterlambatan proyek (34,88%) dan kesalahan dalam pemilihan jenis objek struktur (19.35%). Kemudian hasil dari analisis pengisian kuesioner penerapan konstruksi ramping dan observasi di lapangan bahwa proyek ini telah menerapkan konstruksi ramping sebesar 94,44%.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 27 No. 2 (2024): NOVEMBER Vol 27, No 1 (2024): MEI Vol 26, No 2 (2023): NOVEMBER Vol 26, No 1 (2023): MEI Vol 25, No 2 (2022): NOVEMBER 2022 Vol 25, No 1 (2022): MEI 2022 Vol 24, No 2 (2021): NOVEMBER 2021 Vol 24, No 1 (2021): MEI 2021 Vol 24, No 2 (2021): NOVEMBER Vol 23, No 2 (2020): NOVEMBER 2020 Vol 23, No 1 (2020): MEI 2020 Vol 22, No 2 (2019): NOVEMBER 2019 Vol 22, No 1 (2019): MEI 2019 Vol 21, No 2 (2018): NOVEMBER 2018 Vol 21, No 2 (2018): NOVEMBER 2018 Vol 21, No 1 (2018): MEI 2018 Vol 20, No 2 (2017): NOVEMBER 2017 Vol 20, No 2 (2017): NOVEMBER 2017 Vol 20, No 1 (2017): MEI 2017 Vol 20, No 1 (2017): MEI 2017 Vol 19, No 2 (2016): NOVEMBER 2016 Vol 19, No 2 (2016): NOVEMBER 2016 Vol 19, No 1 (2016): MEI 2016 Vol 19, No 1 (2016): MEI 2016 Vol 18, No 2 (2015): NOVEMBER 2015 Vol 18, No 2 (2015): NOVEMBER 2015 Vol 18, No 1 (2015): MEI 2015 Vol 18, No 1 (2015): MEI 2015 Vol 17, No 2 (2014): NOVEMBER 2014 Vol 17, No 2 (2014): NOVEMBER 2014 Vol 17, No 1 (2014): MEI 2014 Vol 17, No 1 (2014): MEI 2014 Vol 16, No 2 (2013): NOVEMBER 2013 Vol 16, No 2 (2013): NOVEMBER 2013 Vol 16, No 1 (2013): MEI 2013 Vol 16, No 1 (2013): MEI 2013 Vol 15, No 2 (2012): NOVEMBER 2012 Vol 15, No 2 (2012): NOVEMBER 2012 Vol 15, No 1 (2012): MEI 2012 Vol 15, No 1 (2012): MEI 2012 Vol 14, No 2 (2011): NOVEMBER 2011 Vol 14, No 2 (2011): NOVEMBER 2011 Vol 14, No 1 (2011): MEI 2011 Vol 14, No 1 (2011): MEI 2011 Vol 13, No 2 (2010): NOVEMBER 2010 Vol 13, No 2 (2010): NOVEMBER 2010 Vol 13, No 1 (2010): MEI 2010 Vol 13, No 1 (2010): MEI 2010 Vol 12, No 2 (2009): NOVEMBER 2009 Vol 12, No 2 (2009): NOVEMBER 2009 Vol 12, No 1 (2009): MEI 2009 Vol 12, No 1 (2009): MEI 2009 Vol 11, No 2 (2008): NOVEMBER 2008 Vol 11, No 2 (2008): NOVEMBER 2008 Vol 11, No 1 (2008): MEI 2008 Vol 11, No 1 (2008): MEI 2008 Vol 10, No 2 (2007): NOVEMBER 2007 Vol 10, No 2 (2007): NOVEMBER 2007 Vol 10, No 1 (2007): MEI 2007 Vol 10, No 1 (2007): MEI 2007 Vol 9, No 2 (2006): NOVEMBER 2006 Vol 9, No 2 (2006): NOVEMBER 2006 Vol 9, No 1 (2006): MEI 2006 Vol 9, No 1 (2006): MEI 2006 Vol 8, No 2 (2005): NOVEMBER 2005 Vol 8, No 2 (2005): NOVEMBER 2005 Vol 8, No 1 (2005): MEI 2005 Vol 8, No 1 (2005): MEI 2005 More Issue