Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan mahasiswa dari seluruh dunia . Sedangkan ruang publikasi keseimbangan jurnal adalah pada bidang pendidikan, sosial, budaya; isu-isu terkini yang bersifat kontekstual sebagai ilmu murni dan terapan; hasil penelitian (kualitatif, etnografi, fenomenologi, studi kasus), penilaian dan pengembangan tesis/tesis/disertasi/hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan di media lain. Jurnal Ekuilibrium Pendidikan telah bekerjasama dengan ASOSIASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI) . Jurnal ekuilibrium diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar, terbit secara berkala tiga kali dalam setahun : januari, mei, september.
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN"
:
15 Documents
clear
Efektivitas Literasi Bidang PAI Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMP Sebelas Maret Pabuaran Bogor
Anis Nurhasanah;
Ariadi Ariadi;
Imah Rosidah
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (685.99 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i2.4321
Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Mengetahui minat baca siswa di SMP Sebelas Maret Paburan, 2) Mengetahui program literasi bidang pendidikan agama Islam 3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatkan minat baca siswa 4) Mengetahui hasil minat baca siswa setelah adanya program literasi bidang pendidikan agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu 1) Minat baca siswa di SMP Sebelas Maret Pabuaran masih tergolong standar dikarenakan beberapa faktor yaitu faktor dalam diri dan dari luar diri siswa 2) program literasi bidang pendidikan agama Islam di SMP Sebelas Maret Pabuaran terbagi menjadi dua bagian yaitu membaca buku non pelajaran selama 15 menit sebelum pembelajaran dan literasi Al-Qur’an setiap kamis dan sabtu masuk dalam ekskul baca Tulis Qur'an 3) kendala yang dihadapi guru yaitu kurang nya koleksi buku non pelajaran dan tidak adanya pustakawan karena keterbatasan anggaran 4) hasil minat baca siswa kelas IX setelah adanya program literasi bidang PAI meningkat signifikan dilihat dari nilai raport siswa yang awalnya hanya 60-70 saat ini meningkat menjadi 80-90 data pada tahun ajaran 2019/2020.
Dampak Sosio Spasial Pembangunan Kompleks Perumahan Terhadap Penduduk Desa Taeng Kabupaten Gowa (Tinjauan Sosiologi Spasial)
Jamaluddin Arifin
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (475.591 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i2.5241
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang mendalam tentang dampak sosio spasial pembangunan kompleks perumahan terhadap penduduk Desa Taeng Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Sementara itu, target khusus yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu secara teoritis diharapkan dapat berkonstribusi dalam perkembangan ilmu sosiologi spasial sedangkan secara praksis yakni dapat menjadi rujukan bagi pemerintah setempat untuk merumuskan kebijakan dalam menanggulangi dampak negatif akibat dari pembangunan kompleks perumahan.Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dalam perspektif sosiologi spasial. Dalam mengumpulkan data, peneliti sendiri bertindak sebagai instrumen utama dengan menggunakan alat pendukung, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis dengan cara induktif, yakni menganalisis dampak sosio spasial pembangunan kompleks perumahanHasil penelitian menunjukkan bahwa dampak sosio spasial pembanguan kompleks perumahan terhadap penduduk Desa Taeng Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa ada dua yaitu dampak positif meliputi : a. Peningkatan aktivitas ekonomi melalui pemanfaatan lahan b. Terciptanya lapangan kerja baru penduduk asli atau lokal sedangkan dampak negatifnya meliputi a. Pengadministrasian data kependudukan tidak tertib, b. Munculnya secara parsial pemukiman kumuh (slums) dipinggiran desa. c. Interaksi sosial antar penduduk desa terbatas.
Analisis Keterampilan Menulis Siswa Kelas 1 Pada Model Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di SD Muhammadiyah 4 Surabaya
Ilmi Mustafidhah Rokhimah;
Lilik Binti Mirnawati;
Fajar Setiawan
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (560.184 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i2.4773
Pembelajaran berbasis Dalam Jaringan (daring), cukup menuai perhatian selama pandemi Covid-19. Model pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka di kelas, beralih pada berbasis jaringan lantaran adanya keterbatasan untuk bertatap muka langsung. Keterbatasan tersebut mengakibatkan adanya faktor-faktor yang menghambat guru dalam pemantauan perkembangan siswa khususnya dalam penilaian pengetahuan maupun keterampilan belajar siswa. Dengan adanya peralihan model pembelajaran tersebut, penelitian ini diadakan dengan tujuan menganalisis keterampilan menulis siswa kelas 1 menurut aspeknya yakni motorik, perilaku, persepsi, memori. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Surabaya yang terhitung mulai bulan November hingga Januari 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas 1-A yang berjumlah 23 siswa di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara penilaian secara tes yakni pre-test (secara lisan) dan post test (berupa tulisan) maupun non tes (wawancara). Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka di dapatkan hasil penilaian siswa yakni hasil penilaian pengetahuan keseluruhan siswa 1-A yang keberhasilan dalam penugasannya mencapai 90%. Sedangkan keberhasilan dalam penilaian keterampilan siswa secara keseluruhan mencapai 78,8% dengan perincian setiap aspeknya : motorik 74%, perilaku 78,2%, persepsi 85%, memori 78,2%. Hal ini dapat menunjukkan bahwa siswa kelas 1-A sudah menguasai keterampilan menulis permulaan dan sudah siap kedepannya secara perlahan untuk mempelajari keterampilan menulis lanjut pada pembelajaran berikutnya.
Kepemimpinan Kolaboratif : Sebuah Bentuk Kepemimpinan Untuk Sekolah
Yuni Kasmawati
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (505.218 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i2.5120
Abstract. Changes that occur due to globalization need to be managed by leaders in order to achieve organizational goals. The way leaders manage change is influenced by the environment. Therefore, the style in leading an organization requires adaptation. Today, collaborative leadership is needed to cope with rapid change. Likewise the leadership of a school. The literature review method was chosen for the analysis of this study. Books, journals and other forms of publication are used as reference sources. This study provides an overview of collaborative leadership that needs to be applied in dealing with change for the success and effectiveness of schools, including for teachers and students.Keywords: Collaborative Leadership, Leadership, School Abstrak. Perubahan yang terjadi akibat globalisasi perlu dikelola pimpinan demi tercapainya tujuan organisasi. Cara pemimpin mengelola perubahan dipengaruhi oleh lingkungan. Oleh karena itu, gaya dalam memimpin suatu organisasi membutuhkan adaptasi. Saat ini, kepemimpinan kolaboratif dibutuhkan untuk mengatasi perubahan yang cepat. Begitu juga kepemimpinan suatu sekolah. Metode tinjauan literatur dipilih untuk analisis penelitian ini. Buku, jurnal maupun bentuk publikasi lainnya digunakan sebagai sumber referensi. Penelitian ini memberi gambaran umum tentang kepemimpinan kolaboratif yang perlu diterapkan dalam menghadapi perubahan demi keberhasilan dan keefektifan sekolah termasuk bagi guru dan siswa. Kata Kunci : Kepemimpinan Kolaboratif, Kepemimpinan, Sekolah
Efektivitas Penggunaan Edmodo Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa
Dwi Yuniasih Saputri
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (648.331 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i2.5255
This study aims to analyze the effectiveness of using edmodo based on project-based learning to improve learning independence for Applied Science courses at PGSD. This research is an experimental study with a quasi experimental control design. The subjects of this study were the fourth semester PGSD undergraduate students of UNS which consisted of 65 students. The instrument used was the learning independence observation sheet and the pretest and posttest questions. Data analysis used Paired Sample T-test and the increase was calculated using gain normalization. The results showed that the project-based learning-based edmodo media was effectively used to increase student learning independence in Applied Science courses with a sig = 0.000 0.05. The normalization results of the gain are 0.81 so that the project-based learning-based edmodo media is included in the high criteria in increasing student learning independence in Applied Science courses in PGSD Study Program.
Implementasi Pendidikan Kewanitaan di Perguruan Tinggi Pesantren
Ach. Nurholis Majid
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (513.679 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i2.4830
Problematics of high pregnancy before marriage, abortion case, and divorce in Indonesia, showing that education has not implicated positive for woman character. However, woman is a key of genesis superior prospective in the future. This thing is also realized by Islamic boarding school based on religion dogmas interrelated education for woman. This article examine deeply about concept and implementation of woman education in the tertiary educational institution of Islamic boarding school. Data in this research are collected by method of participant observation, interview and documentation. Then those data are reduced, provided as conceptual to be taken the conclusion. Result of research indicated that woman education in the tertiary educational institution of Islamic boarding school included by three elements: regulation, actor and feedback. This woman education is being on expression values Islamic, Tarbawi and Ma’hadi. By purpose producing Muslim woman who are salihah, qanitah, hafidzah linafsiha, raiyah fi baiti zaujiha, murabbiyah liawladiha dan qa’idah liqaumiha.
Peran Pendapatan Daerah Terhadap Pasar Cakke Dalam Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kec.Anggeraja Kab.Enrekang)
Karina Arfany Arfah;
Risfaisal Risfaisal;
Fiska Pebrianti
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (89.075 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i2.5225
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk Mengetahui Peran Pendapatan Daerah Terhadap Pasar Cakke Dalam Pertumbuhan Ekonomi Masyarat selama masa pandemi covid-19, 2) untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan pemungutan retribusi pasar selama covid-19.Jenis penelitian ini Kualitatif dengan menggunakan pendekatan Studi Kasus dengan penentuan informan melalui teknik Purposive Sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Deskriptif Kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplay data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi metode atau teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwabahwa dalam peningkatan pendapatan daerah belum maksimal karena belum tercapainya target penerimaan retribusi pasar yang telah ditetapkan meskipun realisasi retribusi pasar di Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang meningkat setiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh berbagai kendala seperti kurang revitalisasi pasar, intensifnya pendataan wajib retribusi, tunggakan pembayaran pajak oleh pedagang karena berbagai alasan, faktor adanya pandemi covid-19 dan cuaca sehingga realisasi penerimaan retribusi pasar tidak mencapai target.
Peran Program Kampung Sehat Dalam Peningkatan Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kelurahan Samapuin Kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa)
Awaluddin Awaluddin;
Mega Trishuta Pathiassana;
I Putu Widiantara;
Harjito Harjito
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (545.245 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i2.4756
Pandemi Covid-19 yang terjadi telah memberi dampak negatif di sektor ketahanan pangan. Salah satu program pemerintah Nusa Tenggara Barat yaitu Program Lomba Kampung Sehat mampu meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang peran Program Lomba Kampung Sehat dalam meningkatkan ketahanan pangan masyarakat di Kelurahan Samapuin, Kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa. Di sini, dampak Program Lomba Kampung Sehat pada aspek ekonomi dan sosial juga dibahas. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan wawancara secara terstruktur kepada informan yang ditentukan secara purposive sampling. Program Lomba Kampung Sehat mampu meningkatkan ketahanan pangan dengan cara memberdayakan masyarakat yang juga dibina oleh Lurah, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa (Tiga Pilar). Program Lomba Kampung Sehat juga memberikan dampak positif terhadap aspek ekonomi dan sosial masyarakat Kelurahan Samapuin.
Kepemimpinan Kepala SDIT Muhammadiyah Truko Dimasa Covid-19
Galuh Andi Luxmana
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (490.915 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i2.4718
ABSTRAKKepala sekolah adalah penanggung jawab atas kesuksesan lembaga pendidikan dalam pembelajaran. Covid 19 adalah wabah yang sangat mempengaruhi dunia pendidikan. Kepemimpinan kepala sekolah menjadi ujung tombak lembaga pendidikan ditengah pendemi covid19. Sehingga kepala sekolah yang dapat berinovasi ditengah pandemilah yang dapat meraih kesuksesan terhadap lembaga yang dipimpinnya. SDIT Muhammadiyah Truko adalah salah satu dari sekian sekolah yang terdampak akibat wabah covid19 ini. Sehingga tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah ditengah pandemic covid19 agar menejemen disekolahnya tetap sehat dan trobosan apa yang diambil kepala sekolah dalam menghadapi wabah covid19 ini. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dalam rangka mendapatkan informasi yang faktual dari lisan kepala sekolah langsung dan dibantu dengan teknik eksploratif maka didapatkan informasi yang lebih akurat terhadap fakta dilapangan yang telah dilakukan terhadap kepala sekolah. Sehingga diperoleh hasil bahwa kepala sekolah SDIT Muhammadiyah Truko merumuskan program disaat pandemic dengan memperbaharui kurikulum, jam pembelajaran, dan metode pembelajara. Kemudian membuat terobosan pelayanan pembelajaran dengan perubahan format kurikulum, jam pembelajaran yang lebih fleksibel dan metode pembelajaran yang berfariasi. Kata kunci: Kepala sekolah,Pandemi covid19, Kepemimpinan, Metode Penelitian
Pemanfaatan Data Pokok Pendidikan Jenjang SD Dalam Mempengaruhi Formulasi Kebijakan Pemerintah Daerah Pada Dinas Pendidikan di Kabupaten Biak Numfor
Samar Samar;
Rudiyansyah Rudiyansyah;
Nur Inayati Saiful
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (519.048 KB)
|
DOI: 10.26618/equilibrium.v9i2.5230
Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui informasi dasar pendidikan jenjang sekolah dasar dalam mempengaruhi formulasi kebijakan pemerintah daerah pada dinas pendidikan dikabupaten biak numfor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan pengaruh formulasi kebijakan pemerintah daerah melalui dinas pendidikan.Pemanfataan sistem data pokok atau disingkat dengan DAPODIK dan pengaruhnya terhadap kebijakan pemerintah daerah pada sektor pendidikan maka peneiliti mengamb beberapa hal yang penting dari penelitian ini seperti pemanfataan sistem aplikasi dapodik pada sekolah dalam melakukan input data pendidikan masih kurang maksimal dalam pemanfataannya. Hal ini dapat dilihat melalui kegiatan pemanfaatan DAPODIK pada sekolah dasar (SD) dikabupaten biak numfor masih manual dilakukan oleh kepala sekolah.Selain itu adanya beberapa faktor penghambat dalam pemanfaatan sistem DAPODIK tersebut tidakterlepas banyaknya operator sekolah yang kurang memahami dalam penggunaan sistem informasi DAPODIK seperti, 1. tidak ada akses operator dinas dalam mengelola sistem informasi DAPODIK sehingga kalau ada operator sekolah yang melaporkan permasalahan sistemnya susah untuk memperbaiki langsung, 2.operator sekolah merasa rumit dalam pengaturan data pendidikan dan kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh operator sekolah dalam menggunakan sistem pengelolaan DAPODIK dan operator DAPODIK sekolah masih manual dikerjakan oleh kepala sekolah,3. Adapun faktor pendukung yang dimaksud dalam pemanfaatan DAPODIK berdasarkan hasil pembahasan ini adalah ketersediaan fasilitas komputer dalam penginputan data pendidikan sekolah. Ketersediaan SDM dalam mengoprasikan dan penginputan data pokok pendidikan sekolah, ketersediaan anggaran yang cukup dalam operasionalnya dan ketersediaan internet untuk proses upload DAPODIKBetuk policy pemerintah dapat berkaitan dengan penggunaan aplikasi DAPODIK adalah kebijakan kebijakan yang memperhatikan pemerintah terhadap kebutuhan tenaga pendidik dengan rasio siswa yang ada, pengelokasian anggaran dalam meningkatkan infrastruktur pendidikan nyang tepat sasaran dan pembenahan masalah-maslah lainnya yang terkait dengan pendidikan.