cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Information System
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2020): Edisi November 2020" : 14 Documents clear
Perencanaan Enterprise Architecture Sistem Pelayanan Menggunakan Metode TOGAF (Studi Kasus : BPJS Kesehatan Cabang Kendal) Marini Marini; Yupie Kusumawati; Florentina Esti Nilawati
JOINS (Journal of Information System) Vol 5, No 2 (2020): Edisi November 2020
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2806.467 KB) | DOI: 10.33633/joins.v5i2.3533

Abstract

BPJS Kesehatan selama ini belum memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal dalam mendukung proses bisnisnya. Proses bisnis yang belum dilakukkan secara optimal antara lain proses pendaftaran bayi baru lahir, proses konfirmasi kepesertaan dan proses cetak kartu sementara bayi baru lahir. Hal ini disebabkan karena masih ada ketidaksamaan antara arsitektur bisnis, arsitektur sistem informasi dan arsitekture teknologi informasi.Permasalahan tersebut mengakibatkan pelayanan terhadap peserta BPJS Kesehatan tidak efisien. Adapun tujuan yang akan dicapai yaitu menghasilkan blueprint enterprise architecture Sistem Pelayanan BPJS Kesehatan berbasis web dengan framework TOGAF. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja TOGAF dengan metode ADM (Architecture Development Method) berdasarkan data kualitatif yang didapat dari hasil wawancara. Hasil akhir dari penelitian ini berupa blueprint enterprise architecture yang diharapkan dapat mempermudah dan mengintegrasikan proses bisnis pelayanan pada BPJS Kesehatan Cabang Kendal. Kata kunci: TOGAF, Enterprise Architecture, Blueprint, Sistem Pelayanan BPJS Kesehatan, Ptototype System
Sistem Pendukung Keputusan untuk Promosi Jabatan dengan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) Sunarti Sunarti
JOINS (Journal of Information System) Vol 5, No 2 (2020): Edisi November 2020
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1890.059 KB) | DOI: 10.33633/joins.v5i2.3616

Abstract

Untuk meningkatkan kinerja karyawan salah satunya dilakukan promosi jabatan. Promosi jabatan pada Apartemen Senayan Jakarta dilakukan setiap setahun sekali. Alasan promosi jabatan melakukan evaluasi, menjaga kualitas kinerja karyawan, dan posisi jabatan tersebut sedang kosong. Promosi Jabatan karyawan dilakukan dengan memilih alternatif karyawan yang memenuhi persyaratan berdasarkan ketentuan kriteria. Kriteria yang digunakan adalah Pemahaman pekerjaan, kualitas pekerjaan, kreativitas, kemampuan, komunikasi, prestasi, kedisiplinan, kerjasama tim. Untuk promosi jabatan selama ini masih menggunakan konsep konvensional, sehingga proses pengambilan keputusan menjadi tidak sesuai dengan target. Banyaknya kriteria yang harus dilakukan, proses hitung serta tidak jelasnya pembobotan nilai mengakibatkan penilaian menjadi tidak objektif. Penelitian ini menggunakan metode SMART  (Simple Multi Attribute Rating Technique),karena metode pengambilan keputusan untuk pemecah permasalahan dengan banyak kriteria. Tujuan dari penelitian memberikan pemecah permasalah dan direkomendasikan sebagai penentuan kinerja karyawan untuk promosi jabatan dan hasil yang diperoleh secara objektif. Hasil dari penelitian ini berupa keluaran yang direkomendasi nama karyawan yang dipromosikan bernilai 1,34 direkomendasikan untuk dipromoskan jabatan.Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Jabatan, SMART
Analisis Perbandingan Kernel Algoritma Support Vector Machine dalam Mengklasifikasikan Skripsi Teknik Informatika berdasarkan Abstrak Anggri Liani
JOINS (Journal of Information System) Vol 5, No 2 (2020): Edisi November 2020
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1757.27 KB) | DOI: 10.33633/joins.v5i2.3715

Abstract

Mahasiswa memiliki kewajiban menyelesaikan skripsi untuk menyelesaikan pendidikan jenjang S-1, namun justru menentukan topik skripsi adalah kesulitan pertama mahasiswa dalam pembuatan skripsi yang menjadi salah satu faktor mahasiswa lulus terlambat, Dengan melakukan pengklasifikasian skripsi berdasarkan abstrak dapat membantu mahasiswa dalam mencari referensi untuk menentukan topik skripsi. Metodelogi yang digunakan adalah proses text Mining dengan proses case folding, tekonizing, filtering, stemming, TF-IDF, data mining dan evaluation. Pembagian data menggunakan rasio 80% data latih dan 20% data uji. Pengklasifikasian menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM). Algoritma support vector machine (SVM) adalah salah satu algoritma pengklasifikasian yang memiliki beberapa kernel yaitu liniear dan 3 kernel yang paling dipertimbangkan. Validasi data menggunakan cross validation dengan 10-fold. Tingkat akurasi didapatkan 81%, presisi 82% dan recall 81% pada kernel liniear.
Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Geografis Objek Wisata dan Kuliner di Kabupaten Kudus Berbasis Smartphone Android Aris Nurhindarto; Della Rezha Santoso; Erwin Yudi Hidayat
JOINS (Journal of Information System) Vol 5, No 2 (2020): Edisi November 2020
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3402.661 KB) | DOI: 10.33633/joins.v5i2.4297

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini semakin pesat hingga memajukan kebutuhan manusia mengenai informasi yang cepat dan akurat. Seperti halnya pada bidang pariwisata, dibutuhkan informasi guna memudahkan wisatawan dalam mendapatkan informasi tujuan wisata dan kuliner yang akan dituju. Promosi yang digunakan untuk menarik wisatawan menggunakan media massa semacam penyebaran pamflet, leaflet, brosur, tetapi dalam melakukan metode tersebut masih minim untuk bisa menginformasikan kepariwisataan secara meluas kepada wisatawan. Tujuan dari perancangan aplikasi Geographic Information System dengan menggunakan Smartphone untuk mengidentifikasi persebaran objek wisata dan kuliner. Metode pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini yaitu metode Prototyping dengan menggunakan pemodelan Unified Modelling Language (UML). Dengan berdasarkan hasil dari pengujian black box, maka dapat disimpulkan aplikasi yang telah dirancang ini dapat direkomendasikan untuk media pendukung navigasi menuju objek wisata dan kuliner sehingga bisa digunakan sebagai sarana peningkatan untuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kudus. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perancangan aplikasi untuk pemetaan persebaran objek wisata dan kuliner di Kabupaten Kudus berbasis Geografic Information System (GIS) dapat mempermudahkan pengguna dalam mencari informasi mengenai lokasi menuju tempat wisata atau kuliner. Dengan berdasarkan kategori yang telah dipilih, wisatawan dapat mengetahui arah peta berdasarkan titik awal menuju ke lokasi yang akan dituju oleh wisatawan. Kata kunci: sistem informasi geografis, android, tourism, prototyping
Aplikasi Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Smp Negeri 1 Carita Sri Nurhayati
JOINS (Journal of Information System) Vol 5, No 2 (2020): Edisi November 2020
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1659.052 KB) | DOI: 10.33633/joins.v5i2.3491

Abstract

Saat ini, pemanfaatan teknologi informasi sudah digunakan dalam bidang pendidikan. Komputer merupakan salah satu media yang dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam sistem pembelajaran. Pembelajaran ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari ilmu-ilmu sosial berdasarkan fakta dan fenomena sosial. Selama ini, proses belajar mengajar untuk mata pelajaran IPS masih bersifat konvensional yaitu guru memberikan materti dari buku dan menggunakan metode ceramah tanpa alat peraga, hal ini disebabkan kurangnya alat peraga untuk mata pelajaran tersebut. Dari proses tersebut guru merasa kesulitan dan juga membutuhkan tenaga ekstra untuk menyampaikan materi ajar kepada siswa secara lisan sehingga pemahaman materi kepada siswa juga berkurang. Pada penelitian ini akan dibuat aplikasi pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode pengembangan aplikasi yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pembelajaran interaktif yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara fungsional aplikasi dapat digunakan, dan dapat meningkatkan minat belajar siswa serta membantu pemahaman mata pelajaran IPS. Kata kunci: Ilmu pengetahuan sosial, pembelajaran interaktif, Multimedia Development Life Cycle
Mean Absolute Percentage Error untuk Evaluasi Hasil Prediksi Komoditas Laut Ida Nabillah; Indra Ranggadara
JOINS (Journal of Information System) Vol 5, No 2 (2020): Edisi November 2020
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1471.628 KB) | DOI: 10.33633/joins.v5i2.3900

Abstract

Volume ekspor komoditas gurita mengalami kenaikan dan stok di suatu daerah akan tidak merata dan berlebih, serta bahwa permintaan gurita di beberapa negara tujuan di Asia, Eropa dan Amerika telah meningkat secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperkirakan pasokan gurita berdasarkan data historis dari tahun 2014 sampai 2018. Setelah dilakukan prediksi selanjutnya maka diperlukan untuk mengevaluasi model prediksi yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan untuk memprediksi hasil komoditas yaitu dengan regresi linier, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara satu atau beberapa variabel terhadap satu buah variable. Selanjutnya evaluasi model yang digunakan menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE). MAPE memberikan petunjuk seberapa besar kesalahan peramalan dibandingkan dengan nilai sebenarnya dari series tersebut. Selanjutnya hasil produksi dapat diprediksi 70% dan hasil MAPE sebesar 30% maka dapat dikatakan bahwa hasil regresi linier memiliki kemampuan model peramalan yang layak.
Pengelompokan Desa Menggunakan K-Means Untuk Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Banjir shelladita fitriyani susilo; Asep Jamaludin; Intan Purnamasari
JOINS (Journal of Information System) Vol 5, No 2 (2020): Edisi November 2020
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2241.924 KB) | DOI: 10.33633/joins.v5i2.3709

Abstract

Penyelenggaraan penanggulangan bencana merupakan suatu agenda kewajiban lembaga yang dinamakan BPBD. Perencanaan yang tidak terstruktur menyebabkan penentuan komponen didalamnya menjadi kurang optimal, seperti tempat, sumber daya manusia, transportasi. Penentuan tempat menjadi poin utama yang dapat mempengaruhi komponen lain dalam perencanaan. Ketersediaan data mengenai tempat berupa rekap desa rawan bencana dimiliki oleh bidang I Kesiapsiagaan Bencana. Rekap data kejadian dan profil desa dilakukan pengelompokan untuk menemukan karakteristik yang dapat membantu dalam penentuan tempat kegiatan. Metode K-Means digunakan untuk memetakan desa sesuai karakteristik dengan jumlah cluster sesuai jumlah optimal yang lebih baik antara metode elbow dan silhouette. Dihasilkan clustering optimal dengan jumlah cluster 7 hasil penentuan nilai k dari metode elbow. Dengan ukuran pengelompokan Cluster 1 = 1 desa, Cluster 2 = 2 desa, Cluster 3 = 19 desa, Cluster 4 = 4 desa, Cluster 5 = 5 desa, Cluster 6 = 1 desa, Cluster 7 =1 desa.
Rancang Bangun Aplikasi Kasir Pencetak Struk Belanja Kode Quick Response berbasis Website dan Android Andre Ryadi Wardana; Hidayat Hidayat
JOINS (Journal of Information System) Vol 5, No 2 (2020): Edisi November 2020
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2661.722 KB) | DOI: 10.33633/joins.v5i2.3809

Abstract

Paper ini memaparkan tentang rancang bangun sebuah aplikasi kasir pencetak struk belanja sebagai bukti transaksi dalam bentuk kode Quick Response (QR) guna mengatasi penggunaan kertas struk yang panjang apabila jumlah produk pada transaksi penjualan sangat banyak. Struk belanja dalam bentuk kode QR akan meringkas ukuran struk belanja berapapun jumlah produk dalam transaksi. Tahapan perancangan aplikasi menggunakan metode waterfall yang diawali dengan menganalisa kebutuhan sistem yang akan dibangun, melakukan perancangan, mengimplementasikan rancangan, dan tahapan pengujian. Aplikasi yang dibangun menggunakan platform website untuk memasukkan data pengguna, data produk dan mengolah data transaksi serta menghasilkan kode QR untuk sebuah transaksi. MySQL digunakan database untuk menyimpan data tersebut. Kode QR yang dihasilkan oleh aplikasi akan dicetak melalui printer termal. Selanjutnya, platform android digunakan untuk aplikasi yang dapat memindai kode QR struk belanja dan menampilkan rincian transaksi produk yang dimuat dalam kode QR tersebut. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa aplikasi yang dibangun dapat berfungsi dengan baik. Aplikasi pada website dapat mengolah data dan menghasilkan kode QR transaksi. Kemudian, aplikasi Scanner QR code yang terpasang pada telepon seluler dapat memindai kode QR dan menampilkan rincian transaksi produk melalui layar telepon seluler.  Kata kunci: struk belanja, kode Quick Response, scanner QR code, website, android
Sistem Rekomendasi Film Berbasis Website Dengan Metode Prototype Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbors (KNN) Alifia Rahma Fitrianti; Asih Rohmani; Widjanarto Widjanarto
JOINS (Journal of Information System) Vol 5, No 2 (2020): Edisi November 2020
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2276.89 KB) | DOI: 10.33633/joins.v5i2.4168

Abstract

Industry perfilman dunia merupakan salah satu industry yang  tidak terpengaruh dengan maraknya hiburan digital seperti munculnya media social, program televisi yang beragam dan game. Industry film yang terus melakukan produksi ini semakin menambah informasi film yang melimpah di internet. Kondisi ini justru membuat para penikmat film menjadi kebingungan ketika harus memilih film kesukaannya. Sistem rekomendasi menyediakan informasi  berdasarkan interaksi pengguna dan item yang telah terekam sebelumnya. Pendekatan content-based filtering merupakan salah satu pendekatan pada sistem rekomendasi yang mampu memberikan rekomendasi item berdasarkan fitur atau atribut yang memiliki kemiripan dengan item yang telah berinteraksi dengan pengguna. Penelitian ini akan membahas pembangunan sistem rekomendasi dengan metode prototype menggunakan algoritma K-Nearest Neighbors (KNN) serta pendekatan content-based filtering. K-Nearest Neighbors digunakan untuk mengklasifikasikan objek baru berdasarkan atribut dan sampel dari data training. Metode pembangunan sistem prototype memiliki beberapa tahapan yaitu communication, quick plan and modelling design, construction of prototype, serta deployment delivery and feedback. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dibangun dapat memberikan rekomendasi film dan hasil pengujian akurasi yang didapatkan dengan nilai k sebesar 5 (lima) adalah sebesar 67%.Kata kunci: Sistem Rekomendasi, Content-Based Filtering, K-Nearest Neighbors, Movie
Pembangunan Sistem Pengelolaan Hosting dan Collocation Pada Kementerian Kesehatan RI Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall Ady Purna Kurniawan; Mutia Qona’a; Genta Mahdyan Rizqy
JOINS (Journal of Information System) Vol 5, No 2 (2020): Edisi November 2020
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1541.603 KB) | DOI: 10.33633/joins.v5i2.3535

Abstract

Pengelolaan hosting dan collocation termasuk kegiatan yang diajukan oleh staff satuan kerja di lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mempermudah dalam pendaftaran kegiatan hosting, collocation, update data hosting upgrade space hosting dan juga laporan penyerahan hosting. Namun proses yang berlangsung saat ini masih menggunakan aplikasi Microsoft Word dan berbasis kertas. Pembangunan sistem ini bertujuan untuk memudahkan kepala bagian dalam proses approval pengajuan kegiatan yang telah diajukan oleh staff satuan kerja. Sistem ini dibangun berbasis website menggunakan framework CodeIgniter, serta dikembangkan menggunakan metode Waterfall. Pengujian sistem menggunakan metode WebQual 4.0 dimana seluruh responden menyatakan bahwa system mudah digunakan, serta memiliki informasi dan interaksi yang berkualitas. Hasil dari pembangunan sistem ini dapat menggantikan proses pengaujuan kegiatan yang semula berbasis kertas menjadi komputeriasasi untuk digunakan dan diterapkan oleh bagian Pusat Data dan Informasi,  Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Page 1 of 2 | Total Record : 14