Jurnal Al Karim : Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Studi Islam
Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Al Karim : Maret 2023

ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA MAN 3 PASAMAN BARAT PASCA PANDEMI COVID-19

Iswandi (Unknown)
Yenni, Yenni (Unknown)
syofrianisda, Syofrianisda (Unknown)
Sukma Wira, Andre (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2023

Abstract

Pelaksanaan program tahfidz di SMPN 3 Duo Koto Jorong Pembangunan dilaksanakan 2 jam pelajaran setiap hari, Pembelajaran tahfidz ini diwajibkan bagi seluruh siswa, karena sudah termasuk ke dalam kurikulum, dalam pembelajaran tahfidz siswa dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelas VII khusus mempelajari tentang dasar-dasar ilmu tajwid tanpa menghafal, kelas VIII dan kelas IX sudah mulai menghafal ayat-ayat pendek di juz 30 dan masih diajarkan tentang ilmu tajwid. Materi dalam pembelajaran tahfidz di SMPN 3 Jorong Pembangunan adalah tentang dasar-dasar ilmu tajwid, baik makharijul huruf, hukum bacaan, dan mad. Sedangkan untuk materi hafalan, siswa menghafal ayat-ayat pendek di juz 30. Untuk menunjang keberhasilan program tahfidz di SMPN 3 Duo Koto Jorong Pembangunan pihak sekolah telah menyediakan fasilitas berupa ruang kelas, musalla, perpustakaan dan AlQuran. Evaluasi dilaksanakan ketika ujian semester dengan dua model ujian yaitu ujian lisan dengan cara menilai kemampuan membaca AlQuran siswa dan ujian tulisan dengan cara menilai kemampuan pemahaman siswa mengenai ilmu tajwid melalui soal-soal yang telah dibuat oleh guru. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program tahfidz di SMPN 3 Duo Koto Jorong Pembangunan adalah metode wahdah dan metode khitabah. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program tahfidz di SMPN 3 Duo Koto Jorong Pembangunan adalah berupa adanya dukungan dari pihak sekolah berupa penyediaan fasilitas untuk menunjang keberhasilan program tahfidz berupa ruang kelas, musalla, perpustakaan dan Al-Quran.  Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan program tahfidz yaitu:  Kurangnya waktu untuk menghafal dan murajaah yang hanya 2 jam pelajaran perminggu, Kurangnya kemampuan dasar siswa dalam membaca Al-Quran. Rasa malas siswa dan kurangnya motivasi siswa untuk menghafal dan mengulang hafalan. Proses pembelajaran yang membosankan dikarenakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang monoton tanpa ada kreatifitas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alkarim

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-KArim: adalah Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Psikologi dan Studi Keislaman dengan kajian multi-disipliner, terbit dua (2) kali dalam setahun (Maret dan September), yang dikelola oleh LP2M Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI-YAPTIP) Pasaman ...