Natural Science Education Research (NSER)
Vol 7, No 2 (2024): Natural Science Education Research

Kelayakan Media Video Pembelajaran Materi Pemanasan Global

Paraswati, Kolikah (Unknown)
Muharrami, Laila Khamsatul (Unknown)
Hidayati, Yunin (Unknown)
Rosidi, Irsad (Unknown)
Fikriyah, Aida (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, respon siswa, dan keterbacaan siswa terhadap media video pembelajaran berbasis aplikasi wondershare filmora pada materi pemanasan global. Penelitian ini dilaksanakan kepada siswa kelas VII di SMP N 1 Kunduran, terletak di Desa Kunduran, Kecamatan  Kunduran, Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan desain ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kelayakan media pembelajaran di validasi oleh ahli materi, ahli media, serta validasi guru IPA. Hasil penelitian antara lain: 1) Hasil validasi aspek materi oleh ahli materi dan guru IPA memiliki nilai rata-rata sebesar 92,5% dengan kategori sangat layak dan reliabilitas 91,6% atau dalam kategori sangat reliabel. Hasil validasi aspek media oleh ahli media dan guru IPA menghasilkan nilai rata-rata  94% dengan kategori sangat layak dan reliabilitas 93,3 % atau dalam kategori sangat reliabe. 2) Hasil rata-rata respon siswa sebesar 84,87% sehingga dapat dikatakan video pembelajaran mendapat respon baik, serta baik digunakan. 3) Hasil rata-rata keterbacaan siswa sebesar 84,25% sehingga dapat dikatakan video pembelajaran mudah di mengerti oleh siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...