Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 2 (April 2024)

Efektivitas Penggunaan Permainan Edukatif dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Puspitoningrum, Encil (Unknown)
Romadhianti, Rona (Unknown)
Irawan, Dedy (Unknown)
Solissa, Everhard Markiano (Unknown)
Kurniawan, David Rindu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan permainan edukatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia di lingkungan sekolah dasar melalui tinjauan literatur. Metode yang digunakan adalah literatur review terhadap berbagai penelitian yang telah dilakukan sebelumnya terkait dengan penggunaan permainan edukatif dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil dari tinjauan literatur menunjukkan bahwa penggunaan permainan edukatif memiliki dampak positif dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia pada siswa sekolah dasar. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa permainan edukatif dapat meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan siswa, dan pemahaman terhadap materi Bahasa Indonesia. Metode pembelajaran ini juga membantu dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, sehingga meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Implikasi dari tinjauan literatur ini menunjukkan bahwa integrasi permainan edukatif dalam kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Namun, diperlukan penelitian lanjutan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai jenis permainan edukatif yang paling efektif serta implementasi yang tepat dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...