JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mewujudkan Sekolah Unggul di SD

Asri, Dwi (Unknown)
Daulay, Nurika Khalila (Unknown)
Hasibuan, Agus Salim (Unknown)
Lukman, Paidi (Unknown)
Daulay, Anysah (Unknown)
Pane, Tiara Indah Lestari (Unknown)
Tahara, Ananda (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kurikulum “Merdeka Belajar” diimplementasikan di sekolah-sekolah luar biasa pada jenjang sekolah dasar. Studi kasus dengan menggunakan metodologi kualitatif adalah teknik penelitian yang digunakan. Data dikumpulkan melalui observasi dan analisis dokumen di sekolah-sekolah dasar yang telah berhasil mengadopsi kurikulum “Merdeka Belajar”, serta wawancara mendalam dengan salah satu guru kelas 5 SD. Temuan menunjukkan bahwa kurikulum “Merdeka Belajar” diimplementasikan di sekolah-sekolah dasar unggulan melalui beberapa strategi utama, termasuk: (1) mengembangkan kurikulum yang fleksibel dan berpusat pada siswa; (2) Penerapan model pembelajaran inovatif yang mendorong partisipasi aktif siswa; (3) Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan dan pendampingan; (4) memperkuat hubungan dengan masyarakat dan orang tua; dan (5) menyediakan infrastruktur dan fasilitas yang memfasilitasi pembelajaran. Elemen-elemen pendukung untuk implementasi yang efektif termasuk kepemimpinan visioner kepala sekolah, iklim sekolah yang positif, dan dukungan kebijakan pemerintah daerah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...