Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
Vol 12, No 2 (2024)

Meningkatkan Pemahaman Siswa SMA Terhadap Materi Optik Geometri dan Alat Optik melalui E-Modul

Aprianti, Rika (Unknown)
Widiasih, Widiasih (Unknown)
Zakirman, Zakirman (Unknown)
Nadiyyah, Khoirotun (Unknown)
Ambarwulan, Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Dalam era di mana teknologi semakin merajalela, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap potensi revolusioner dari e-modul materi optik geometri dan alat optik dalam meningkatkan pemahaman siswa SMA. Dengan memanfaatkan desain quasi-eksperimental yang canggih, penelitian ini melibatkan 25 siswa berbakat dari kelas XI untuk menjalani 14 sesi pembelajaran yang inovatif. Data yang dikumpulkan melalui pretest dan posttest menyoroti transformasi luar biasa dalam pemahaman siswa, yang ditandai dengan lonjakan substansial dalam skor posttest dan nilai N-Gain. Analisis statistik yang mendalam mengungkapkan bahwa nilai uji t, yang mencapai -13,565 pada derajat kebebasan 24, mengukuhkan kontribusi signifikan E-Modul dalam mengangkat pemahaman siswa ke level yang baru. Hasil ini bukan hanya sekadar mencerminkan keberhasilan teknologi dalam pendidikan, tetapi juga membuka jalan bagi masa depan yang cerah di mana inovasi dan pembelajaran dapat berpadu harmonis untuk mencapai pencerahan yang tak terbatas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...