AbstrakPelatihan ini bertujuan meningkatkan literasi digital guru di SD Inpres Armopa IV Kabupaten Sarmi melalui penggunaan Canva sebagai media pembelajaran. Pelatihan dilakukan dengan metode partisipatif, mencakup sesi intensif mengenai penggunaan fitur Canva untuk pembuatan media ajar yang interaktif dan visual. Tahapan meliputi analisis kebutuhan, pelatihan intensif, pendampingan, serta evaluasi dampak di kelas. Pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan guru dalam desain digital, menghasilkan media pembelajaran yang menarik, dan meningkatkan partisipasi serta pemahaman siswa. Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa pelatihan teknologi digital dapat membantu mengurangi kesenjangan teknologi, khususnya di wilayah terpencil, dan meningkatkan kualitas pendidikan melalui media digital. Kata kunci: literasi digital; media pembelajaran; canva; pendidikan digital. Abstract This training aims to enhance the digital literacy of teachers at SD Inpres Armopa IV in Sarmi Regency through the use of Canva as a learning medium. The training was conducted using a participatory approach, including intensive sessions on utilizing Canva features to create interactive and visually appealing teaching materials. The stages included needs analysis, intensive training, mentoring, and impact evaluation in the classroom. This training successfully improved teachers' digital design skills, resulting in engaging teaching materials and increasing student participation and comprehension. The results of service activities have demonstrated that digital technology training can help bridge the technology gap, especially in remote areas, and improve education quality through digital media. Keywords: digital literacy; learning media; canva; digital education.
Copyrights © 2024