Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Vol 4, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kepulauan Sula Pada Materi Struktur Atom

Selpia, Ruslan (Unknown)
Cipta, Indra (Unknown)
Annisa, Dira Ayu (Unknown)
-, Muliadi (Unknown)
Liestianty, Deasy (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kepulauan Sula Pada Materi Struktur Atom. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimen dengan desain penelitian yaitu One-Group Pretes Prossttes Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas X pada materi struktur atom Di SMA Negeri 6 Kepulauan Sula yang berjumlah 17 orang dengan teknik pengambilan sampel samping jenuh. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes berupa soal essay sebanyak 10 nomor. Data yang diperoleh selanjutnya dianaisis menggunakan SPSS 21.0. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh dari uji paired sample T Test, thitung ttabel   (16,004 2,120) maka Ha diterima H0 ditolak singga model pemebelajaran problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dengan pengaruh yang diperoleh dari uji nilai gain sebesar 0,30 dengan kategori sedang

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpku

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) merupakan jurnal peer-reviewed yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Khairun. JPKU terbit 2 kali dalam setahun, yakni Edisi Juni dan Desember. Jurnal ini berisi artikel-artikel ilmiah ...