Penggunaan teknologi pendidikan menjadi permasalahan umum yang dihadapi guru dan siswa didik, salah satunya di Lembaga Pendidikan berbasis Pesantren. Faktor penyebab kurang berkembangnya penggunaan teknologi pendidikan salah satunya adalah cara pandang lembaga pendidikan yang hanya berfokus terhadap kurikulum pendidikan Agama. Kurangnya sarana prasarana serta sumber daya manusia juga menjadi kendala dalam penggunaan teknologi. Sehingga perlu pelatihan dan peningkatan pengetahuan khususnya di lembaga pendidikan Islam berbasis Pondok Pesantren. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: 1) Pentingnya menumbuhkan kesadaran Yayasan, Guru, dan Santri akan pentingnya penggunaan teknologi pendidikan 2) Bagaimana solusi cerdas mempelajari bahasa Arab dengan Tepat dan efisien di era revolusi Pendidikan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Menumbuhkan kesadaran Yayasan, Guru, dan santri akan pentingnya aplikasi Think Qur’an. 2) Memberikan keterampilan kepada guru dan santri untuk menggunakan teknologi Pendidikan aplikasi Think Qur’an. Penulis mencari informasi pustaka melalui membaca jurnal ilmiah, buku-buku referensi, karya ilmiah yang relevan dan berbagai hasil penelitian yang aktual. Dari hasil pengabdian Masyarakat ini dapat disimpulkan :1) Think Qur’an sangat efektif untuk dijadikan solusi dalam pembelajaran Bahasa Arab, 2) Think Qur’an merupakan salah upaya inovatif yang mempermudah siswa dan guru dalam mempelajari bahasa Arab. 3) Demonstrasi permainan dan kuis mempermudah guru dan siswa dalam menggunakan aplikasi Think Qur’an.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024