Fatih: Journal of Contemporary Research
Vol. 2 No. 1 (2025): January-June

Implikasi Perkembangan Pembelajaran Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar

Fadya Safitri Rahman (Unknown)
Fitri Khoiroh Sayidah Harahap (Unknown)
Khoiriah Marta Parapat (Unknown)
Nurhafizah (Unknown)
Rizki Ramadhani (Unknown)
Ramadan Lubis (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan anak kelas 4 SD, dengan fokus pada aspek fisik, kognitif, emosi, spiritual, dan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang berfokus pada pemahaman fenomena melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah seorang anak bernama Muhammad Fatir Alfaro, yang sekarang berada di kelas 4 SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan fisik subjek sesuai dengan rata-rata usianya, dengan tinggi badan 130 cm dan berat badan 25 kg. Dalam aspek kognitif, Fatir menunjukkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar serta menghafal beberapa surah panjang. Dalam aspek emosi, Fatir mampu mengenali dan mengelola perasaannya, meskipun masih membutuhkan pendampingan orang tua. Aspek spiritual menunjukkan perkembangan signifikan, dengan kebiasaan melaksanakan salat, mengaji, dan puasa secara konsisten. Di aspek sosial, Fatir menunjukkan kemampuan bekerja sama, berempati, serta menghormati orang lain. Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa perkembangan subjek menunjukkan kemajuan yang baik dan sesuai dengan tahapan usianya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fatih

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Fatih Journal of Contemporary Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...