Journal Educational Research and Development
Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober - Desember

Media Game Poki.Com Arithmetika Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Hafizah (Unknown)
Ahmad Suriansyah (Unknown)
Arta Mulya Budi Harsono (Unknown)
Eka Cahya Sari Putra (Unknown)
Mubarok (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta menjelaskan media game poki.com arithmetika dalam peningkatkan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di SDN Benua Anyar 3, Banjarmasin, melibatkan guru wali kelas dan siswa kelas 5 sebagai subjek penelitian. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media game arithmetika dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Strategi yang diterapkan oleh guru, seperti pemberian penghargaan dan kompetisi kecil, juga berkontribusi pada peningkatan semangat siswa. Meskipun terdapat hambatan seperti keterbatasan perangkat dan koneksi internet yang tidak stabil, solusi yang diusulkan termasuk penyediaan perangkat yang memadai dan panduan bagi siswa. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan media game dalam pembelajaran matematika tidak hanya meningkatkan motivasi tetapi juga membantu peserta didik memahami materi dengan lebih baik, menjadikannya efektif dan menyenangkan dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jerd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal Educational Research and Development ( E-ISSN : 3063-9158) is a scientific journal managed by Global Scients Publisher intended to disseminate the results of scientific works that have been made by lecturers, teachers, alumni and experts. In addition, the scientific journal is intended as a ...