Inaba Journal Of Psychology
Vol. 2 No. 1 (2024): Inaba Journal of Psychology, Vol. 2, Issue. 1, 2024

Meningkatkan Keterampilan Sosio-Emosional Melalui Program PATHS Pada Anak Usia Dini di Sekolah Rakyat Bekasi

Prastiwi, Difani Cahya (Unknown)
Putri, Nafika Meisya (Unknown)
Hidayatullah, Akmal (Unknown)
Arfian (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosio- emosional pada anak usia dini melalui program PATHS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuasi-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest, Sebanyak 39 partisipan (17 laki- laki dan 22 perempuan) berusia 4 hingga 6 tahun dari Sekolah Rakyat Bekasi terlibat dalam penelitian ini. Penilaian dilakukan menggunakan Test of Emotional Comprehension (TEC) dan Social Competence Measures – Teacher Rating Scale (SCM-TRS), dengan pengukuran dilakukan sebelum pelatihan (pre-test), setelah pelatihan (post-test), dan follow-up setelah 6 bulan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada skor TEC dan SCM-TRS setelah dilakukannya intervensi. Skor Follow-up test memperlihatkan hasil yang persisten setidaknya selama 6 bulan setelah dilakukannya intervensi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijop

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Inaba Journal of Psychology is an open-access journal, dedicated to the wide dissemination of novel and innovative empirical research in various aspects of psychology, with a particular interest – the development of psychology and behavioral sciences in the world. Inaba Journal of Psychology ...