JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Kompetensi Pedagogik Guru PPKn terhadap Capaian Pembelajaran Pada Aspek Keterampilan Siswa

Desinta, Desinta (Unknown)
Isnawati, Endang (Unknown)
Sinurat, Yohana (Unknown)
Sinaga, Meri Fernandes (Unknown)
Warman, Ade Tiyo (Unknown)
Padang, Brent Hizkia (Unknown)
Jamaludin, Jamaludin (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terhadap capaian pembelajaran siswa pada aspek keterampilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan observasi langsung dan wawancara dengan guru di SMP Negeri 17 Medan. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengidentifikasi hubungan antara kompetensi pedagogik guru dan keterampilan siswa dalam pembelajaran PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dengan kompetensi pedagogik yang tinggi mampu menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan mendukung, sehingga siswa lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum dan pelatihan guru di bidang PPKn.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...