LEBAH
Vol. 18 No. 2 (2025): Maret: Pengabdian

Peningkatan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran berbasis TIK

Ray, Sukma Adelina (Unknown)
Kusyani, Diah (Unknown)
Wulandari, Wina (Unknown)
Putri Lubis, Lailan Syafira (Unknown)
Nurlela, Nurlela (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang berjudul "Peningkatan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran berbasis TIK” di SMP IT Nurul Ilmi merupakan inisiatif strategis yang dilaksanakan untuk menjawab tantangan pendidikan di era digital. Program ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran, terutama mengingat status sekolah sebagai lembaga pendidikan Islam terpadu yang berkomitmen pada kualitas pendidikan modern. Berdasarkan analisis situasi yang dilakukan, teridentifikasi beberapa permasalahan utama seperti keterbatasan kemampuan teknis guru dalam mengoperasikan teknologi pembelajaran, kesulitan dalam merancang pembelajaran interaktif berbasis TIK, dan belum optimalnya sistem pendampingan pengembangan kompetensi digital guru. Dari keseluruhan jumlah guru yang ada di SMP IT Nurul Ilmi, hanya 20% yang termasuk dalam kategori mahir TIK, sementara 50% berada pada level menengah, dan 30% masih pada tahap pemula. Program pelatihan dilaksanakan dengan pendekatan berbasis pelatihan. Materi pelatihan mencakup penggunaan Learning Management System, pengembangan konten digital interaktif, dan implementasi assessment digital. Hasil pelaksanaan program menunjukkan peningkatan signifikan dalam berbagai aspek. Kemampuan rata-rata guru dalam penggunaan teknologi pembelajaran meningkat, guru telah mampu mengembangkan konten pembelajaran digital, dan guru berhasil mengelola kelas virtual dengan efektif sehingga menunjukkan dampak positif program terhadap kualitas pembelajaran. Program ini telah menunjukkan return yang positif dalam bentuk peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan profesional guru. Dengan dukungan berkelanjutan dari seluruh pemangku kepentingan, SMP IT Nurul Ilmi memiliki potensi untuk menjadi model pembelajaran berbasis TIK yang efektif bagi sekolah Islam terpadu lainnya di Indonesia

Copyrights © 2025