Guru sebagai agen perubahan memiliki peran strategis dalam mengembangkan literasi digital di lingkungan kerja. Salah satu aspek penting dalam literasi digital adalah kemampuan dalam memanfaatkan teknologi dan aplikasi digital untuk mendukung proses pembelajaran dan pengolahan data. Pemanfaatan software JASP (Jeffreys's Amazing Statistics Program) menjadi salah satu cara efektif bagi guru untuk meningkatkan keterampilan statistik seperti mengolah dan menganalisis data. Dengan memanfaatkan JASP, guru dapat melakukan analisis statistik secara intuitif dan efisien, sehingga memudahkan dalam mengajarkan konsep-konsep statistik kepada siswa. Pengabdian dalam bentuk literasi pemanfaatan software JASP ini didasari oleh kebutuhan mendesak akan kemampuan memahami analisis data yang efektif di kalangan pendidik, mengingat pentingnya pengolahan data dalam proses pembelajaran dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi pelatihan intensif dan workshop yang dirancang untuk memperkenalkan fitur-fitur utama JASP, termasuk analisis statistik dasar hingga lanjutan. Peserta diberikan kesempatan untuk langsung mempraktikkan penggunaan software sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan kemampuan guru yang signifikan dalam mengolah dan menganalisis data. Hal ini ditunjukkan dari hasil pre-test dan post-test yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan. Kegiatan pengabdian ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga membangun kepercayaan diri para guru dalam menggunakan teknologi untuk mendukung pengajaran. Kesimpulan dari pengabdian ini menekankan pentingnya pelatihan berkelanjutan dalam literasi data untuk meningkatkan kualitas pendidikan
Copyrights © 2025