Al I'tibar Jurnal Pendidikan Islam
Vol 12 No 1 (2025): Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam

Kajian Teoritis: Al-Qur’an Sebagai Landasan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini

Wibowo, Yusuf Rendi (Unknown)
Salfadilah, Fatonah (Unknown)
Rahelli, Yeti (Unknown)
Sapruddin (Unknown)
Fitriyana (Unknown)
Ayunira, Lia Martha (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Al-Qur’an sebagai landasan pendidikan karakter pada anak usia dini dalam rangka menghadapi tantangan pergeseran nilai moral akibat globalisasi dan perkembangan teknologi. Masalah utama yang diangkat adalah kurangnya integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam pendidikan karakter di lingkungan keluarga maupun institusi formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka dengan metode tafsir maudhu'i dan hermeneutika untuk menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Al-Qur’an seperti kejujuran, kasih sayang, keadilan, kesabaran, dan tanggung jawab sangat relevan untuk pembentukan karakter anak usia dini. Tahapan implementasi pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an meliputi pengenalan, pembiasaan, pengalaman, internalisasi, dan penguatan. Penelitian ini merekomendasikan integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam kurikulum pendidikan anak usia dini serta peran aktif orang tua dan pendidik dalam memberikan teladan nyata

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPIA

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al I`tibar Jurnal Pendidikan Islam is a Islamic education journal published with a view to facilitating academics and researchers to publish their research results in the field of Islamic Education Innovation and ...