Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Al-Qur’an sebagai landasan pendidikan karakter pada anak usia dini dalam rangka menghadapi tantangan pergeseran nilai moral akibat globalisasi dan perkembangan teknologi. Masalah utama yang diangkat adalah kurangnya integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam pendidikan karakter di lingkungan keluarga maupun institusi formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka dengan metode tafsir maudhu'i dan hermeneutika untuk menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Al-Qur’an seperti kejujuran, kasih sayang, keadilan, kesabaran, dan tanggung jawab sangat relevan untuk pembentukan karakter anak usia dini. Tahapan implementasi pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an meliputi pengenalan, pembiasaan, pengalaman, internalisasi, dan penguatan. Penelitian ini merekomendasikan integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam kurikulum pendidikan anak usia dini serta peran aktif orang tua dan pendidik dalam memberikan teladan nyata
Copyrights © 2025