JRFES
Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains

ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA CALON GURU

Deswita, Pipi (Unknown)
Zamista, Adelia Alfama (Unknown)
Tebriani, Sylvina (Unknown)
Syahendra, Okta Farhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media interaktif pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran bagi mahasiswa calon guru Fisika di PTKIN. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 56 responden yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 94,6% responden menganggap mata kuliah Evaluasi Pembelajaran sangat penting, dengan 98,2% meyakini media interaktif sangat bermanfaat. Kesulitan utama mahasiswa meliputi pemahaman keterkaitan dengan kurikulum (58,9%) dan perancangan instrumen evaluasi (58,9%). Fitur yang paling diharapkan adalah simulasi perancangan instrumen evaluasi (69,6%). Lima aspek penting dalam pengembangan media meliputi kemudahan penggunaan, konten komprehensif, desain visual menarik, interaktivitas, dan kesesuaian kurikulum. Temuan ini menjadi landasan empiris untuk pengembangan media interaktif berbasis Kodular.NALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA CALON GURU

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JRFES

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

JRFES scopes are the result of research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research results that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the areas of education namely planning, implementation, and evaluation of Education and ...