de Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 1 (2025)

Efektivitas Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Fpb Dan Kpk Pada Siswa Sekolah Dasar

Haryanti, Sri (Unknown)
Nurista, Annisa Salsabila (Unknown)
Yudistira, Chantika Putri (Unknown)
Oktaviani, Mutia (Unknown)
Aulia, Sabrina Shafa (Unknown)
Putri, Hafiziani Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran Materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan menelaah beberapa sumber seperti jurnal, artikel iliah, dan buku yang relevan.  Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penerapannya.  Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pendekatan kontekstual meliputi kualitas materi pembelajaran, kemampuan guru, keterlibatan aktif siswa, ketersediaan sumber daya, kemampuan awal siswa, dan koneksi yang kuat antara konsep FPB dan KPK dengan kehidupan nyata siswa. Dengan demikian, pendekatan kontekstual memberikan dampak positif terhadap pembelajaran FPB, meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar dan membantu mereka mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

DEFERMAT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal de Fermat adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Terbit dalam dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. ...