JURNAL DIVERSITA
Vol. 11 No. 1 (2025): JURNAL DIVERSITA JUNI

Analisis Determinan dari Intensi Mahasiswa dalam Menggunakan Teknologi Digital untuk Mendukung Pembelajaran

Bismala, Lila (Unknown)
Hasibuan, Lailan Safina (Unknown)
Siregar, Gustina (Unknown)
Firmansyah, Nunung Agus (Unknown)
Andriany, Dewi (Unknown)
Arda, Mutia (Unknown)
Putra, Yudha Andriansyah (Unknown)
Hafsah, Hafsah (Unknown)
Handayani, susi (Unknown)
Indari, Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan dari Intensi Mahasiswa dalam menggunakan teknologi digital dalam mendukung pembelajaran. data penelitian dikumpulkan dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, dengan menggunakan angket yang disebarkan dengan bantuan google form, dan menghasilkan 248 jawaban yang valid. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital mempengaruhi perceived ease of use dan perceived usefulness, namun literasi digital tidak mempengaruhi Intensi Mahasiswa dalam menggunakan teknologi digital dalam mendukung pembelajaran. Di samping itu, analisis data mengungkapkan bahwa Intensi Mahasiswa dalam menggunakan teknologi digital dalam mendukung pembelajaran dipengaruhi oleh Perceived ease of use dan Perceived usefulness. Sementara hasil uji mediasi menunjukkan bahwa Perceived ease of use dan Perceived usefulness berperan dalam memediasi hubungan antara literasi digital dan Intensi Mahasiswa dalam menggunakan teknologi digital dalam mendukung pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa digital literasi harus dikembangkan agar mampu menumbuhkan Intensi Mahasiswa dalam menggunakan teknologi digital dalam mendukung pembelajaran, dan didukung oleh Perceived ease of use dan Perceived usefulness

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diversita

Publisher

Subject

Education Neuroscience Social Sciences

Description

Journal Diversita is an open access, interdisciplinary journal for the rapid publication of original articles and reviews that focus on basic research in all areas of Biomarkers. The journal is broad scoped and considers topics from all related subjects of perception, cognition, attention, emotion, ...