Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar

Nazirah Al Zany (Unknown)
Muhd. Hayyanul Damanik (Unknown)
Nurul Wardani Fadhilah (Unknown)
Annisa Almeida (Unknown)
Elisa Febriyanti (Unknown)
Nada Syiva Salsabila (Unknown)
Luthfia Permatasari (Unknown)
Pebrijah Nasution (Unknown)
Ramadhani (Unknown)
Amri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Pendidikan dasar merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter dan kemampuan intelektual siswa. Salah satu tantangan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar adalah meningkatkan minat belajar siswa, yang merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan belajar. Minat belajar yang tinggi akan mendorong siswa untuk lebih aktif, fokus, dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam rangka meningkatkan minat belajar, pemilihan media pembelajaran yang tepat menjadi hal yang sangat krusial. Salah satu media yang terbukti efektif dalam pembelajaran di tingkat sekolah dasar adalah media gambar. Media gambar mampu menarik perhatian siswa karena bersifat visual, konkret, dan mudah dipahami. Gambar juga dapat membantu siswa memahami konsep yang abstrak, serta merangsang daya imajinasi dan kreativitas mereka. Penggunaan media gambar dalam pembelajaran diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat belajar siswa sekolah dasar, serta bagaimana media tersebut dapat dioptimalkan dalam kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...