Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kurikulum berbasis kompetensi dalam bidang pendidikan agama Islam dapat mengembangkan literasi digital kritis sehingga mampu menangkal radikalisme dalam media sosial. Metode yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini adalah metode literatur review. Tekhnik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menemukan data melalui bahan bacaan seperti buku, artikel jurnal, materi website yang tersedia. Hasil penelitian yang diperoleh terkait dengan literasi digital kritis yang diterapkan dalam kurikulum berbasis kompetensi Pendidikan Islam adalah: 1) Pendidikan Islam dapat dijadikan sebagai pondasi moral dan etika dalam penggunaan media digital, 2) Literasi digital kritis dapat dijadikan sebagai alat untuk mengimpelementasikan nilai-nilai Islam yang telah diajarkan, 3) Pencegahan radikalisme dapat di lakukan dengan menggunakan kompetensi literasi digital kritis, 4) Literasi digital kritis dapat membentuk muslim yang moderat, 5) Terjadinya integrasi antara kurikulum berbasis kompetensi dengan Pendidikan Islam. Literasi digital kritis dalam kurikulum berbasis kompetensi dapat dilakukan dengan berbagai cara yakni: identifikasi konten, verifikasi secara valid, pencegahan supaya tidak terpapar ideologi ekstrim, membangun narasi tandingan, dan memiliki kesadaran akan keamanan akun media digital.
Copyrights © 2025