Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025)

Integrasi Deep Learning dalam Kurikulum Berdampak: Transformasi Pendidikan Tinggi di Era Digital

Kamaruddin, Ilham (Unknown)
Ismawirna, Ismawirna (Unknown)
Malintang, Jimmy (Unknown)
Utami, Tri (Unknown)
Sapulete, Heppy (Unknown)
Wardono, Boby Hendro (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital, khususnya deep learning, telah membawa dampak signifikan pada dunia pendidikan tinggi. Integrasi deep learning dalam kurikulum berdampak bukan hanya berfokus pada penguasaan teknologi, tetapi juga mendorong transformasi pedagogi, personalisasi pembelajaran, dan pengembangan kompetensi abad ke-21. Penelitian ini membahas pendekatan strategis untuk mengintegrasikan deep learning ke dalam kurikulum yang berorientasi pada dampak sosial, ekonomi, dan teknologi. Dengan metode studi literatur dan analisis kasus penerapan pada beberapa perguruan tinggi, ditemukan bahwa penerapan deep learning dalam kurikulum mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan keterampilan kolaboratif mahasiswa. Selain itu, integrasi ini mempersiapkan lulusan untuk menghadapi tantangan dunia kerja di era digital dengan bekal kompetensi adaptif dan inovatif. Artikel ini merekomendasikan desain kurikulum yang holistik, kolaborasi lintas disiplin, dan pelatihan berkelanjutan bagi dosen untuk memastikan keberlanjutan transformasi pendidikan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...