Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Persepsi Karyawan Lokal Mengenai Dampak Cultural Intelligence Ekspatriat Terhadap Knowledge Transfer Pada Perusahaan Di Soloraya

Kolefiyan, Ihsyan (Unknown)
Wiyoga, Ajietama Imam (Unknown)
Hasanah, Lutfiah Pratiwi (Unknown)
Pratama, Indra (Unknown)
Ariyadi, Muhammad Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelidiki pandangan karyawan lokal mengenai Cultural Intelligence (CQ) ekspatriat serta dampaknya terhadap keberhasilan Knowledge Transfer di perusahaan yang berada di Soloraya. Tantangan muncul akibat adanya perbedaan dalam budaya, bahasa, serta cara berkomunikasi yang sering kali menghalangi interaksi antara ekspatriat dengan karyawan lokal. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain survei. Sampel yang digunakan terdiri dari 122responden karyawan lokal yang pernah berinteraksi langsung dengan ekspatriat. Alat ukur penelitian berupa kuesioner yang didasarkan pada skala Likert lima poin, dan analisis data dilakukan dengan teknik Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Temuan penelitian menunjukkan bahwa Cultural Intelligence memiliki dampak signifikan terhadap Knowledge Transfer, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Cross-Cultural Communication sebagai mediator. Semua indikator menunjukkan nilai loading factor > 0,70, Cronbach’s Alpha > 0,70, dan AVE > 0,50, sehingga alat ukur penelitian dinyatakan valid dan dapat diandalkan. Hasil ini menegaskan bahwa semakin baik pemahaman dan adaptasi ekspatriat terhadap budaya lokal, semakin efisien pula proses Knowledge Transfer yang berlangsung. Oleh karena itu, CQ berperan penting dalam meningkatkan efektivitas interaksi antar budaya di perusahaan multinasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...