JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peran Tauhid dalam Membangun Umat yang Berkualitas

Zali, Muhammad (Unknown)
Sahara, Ani (Unknown)
Simangunsong, Salsa Ayudi Tila (Unknown)
Lubis, Zuhra Nazwa (Unknown)
Rizky, Erwina (Unknown)
Andraini, Shindika (Unknown)
Salsabila, Fitri (Unknown)
Siregar, Hilsa Ananta (Unknown)
Zannah, Miftah Chairia (Unknown)
Sembiring, Zahraini Rhossy (Unknown)
Etika, Revalina (Unknown)
Auliya, Jihan (Unknown)
Rahma, Sofia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Karakter dan sifat seorang muslim sangat dipengaruhi oleh tauhid. Sebagai landasan doktrin Islam, tauhid tidak hanya mencakup keyakinan bahwa Allah itu Esa tetapi juga bertindak sebagai kompas moral dan etika yang mengarahkan perilaku manusia dalam interaksi sehari-hari. Umat ​​Islam saat ini menghadapi kesulitan moral dan spiritual seperti konsumerisme, individualisme, dan krisis identitas; oleh karena itu, sangatlah penting untuk menyelesaikan masalah-masalah ini dengan memahami dan menggunakan tauhid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh tauhid terhadap pengembangan karakter, kualitas masyarakat, dan pembentukan masyarakat yang damai dan bermartabat. Melalui tinjauan literatur dan metodologi kualitatif, penelitian ini mengkaji literatur terkait untuk mengidentifikasi nilai-nilai tauhid di berbagai bidang kehidupan. Hasilnya menunjukkan bahwa tauhid berfungsi sebagai kompas moral, mendorong kepatuhan terhadap nilai-nilai Islam, meningkatkan taraf ibadah, dan membina ikatan sosial yang lebih erat. Tauhid juga memberikan dasar yang kuat untuk mengatasi permasalahan saat ini, mendorong kemandirian spiritual, dan menginspirasi masyarakat untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan masyarakat. Ringkasnya, mengembangkan sifat-sifat unggul dalam diri umat Islam, baik secara individu maupun kolektif, memerlukan pemahaman mendalam tentang tauhid.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...