Jurnal Abdimas Maduma
Vol. 4 No. 1 (2025): April, 2025

Peningkatan Literasi Teknologi Siswa SMA melalui Workshop Interaktif Pengenalan Machine Learning

Azhar, Wafiqah Yasmin (Unknown)
Anwar Hilman (Unknown)
Purba, Arif Budimansyah (Unknown)
Willys (Unknown)
Wahyudi (Unknown)
Taufiq Hidayatullah (Unknown)
Vivi Ayu Lestari (Unknown)
Ahmad Najib Mutawally (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Universitas Horizon Indonesia dalam rangka kunjungan kampus oleh siswa dari SMAS Azzahiriyah dan MA Ghoyatul Jihad, Karawang. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengenalkan konsep dasar machine learning dengan pendekatan partisipatif yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa. Penyampaian materi dilakukan tanpa praktik teknis pemrograman, melainkan menggunakan bahasa yang mudah dipahami serta bantuan simulasi interaktif dari code.org untuk memudahkan pemahaman siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa memberikan respons positif, terlihat dari antusiasme mereka dan mulai terbentuknya pemahaman awal mengenai bagaimana komputer dapat “belajar” dari data. Selain sebagai kegiatan edukatif, workshop ini juga menjadi bagian dari upaya kampus dalam memperluas jangkauan dan meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pendidikan tinggi. Kata Kunci : Machine Learning, Workshop Interaktif, Simulasi Game, Edukasi, Kunjungan Kampus

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ecdj

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Abdimas MADUMA (JAM) adalah Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh ELTA merupakan jurnal pengembangan dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi ...