Abdi Kimia : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 3 No 1 (2025): Jurnal Edisi Desember

PENDAMPINGAN GURU SMPN 4 BONTOLEMPANGAN SATAP MA'LENGU DALAM MEMANFAATKAN FITUR CANVA AI UNTUK MENDESAIN MEDIA AJAR INTERAKTIF

Alqadri, Zulqifli (Unknown)
Syakur, Akhmad (Unknown)
Fatkhulloh, Shoffan (Unknown)
Side, Sumiati (Unknown)
Munawwarah, Munawwarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan fitur Canva AI untuk mendesain media ajar interaktif. Kegiatan dilaksanakan di SMPN 4 Bontolempangan Satap Ma'lengu dan diikuti oleh 13 orang guru dari berbagai mata pelajaran. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan pelatihan dan pendampingan langsung berbasis praktik, yang meliputi tahap persiapan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi akhir. Instrumen penilaian terdiri atas tes sumatif, evaluasi diri, dan persepsi peserta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 84,62 persen peserta berada pada kategori Baik atau Sangat Baik melalui tes sumatif, sedangkan evaluasi diri memperoleh rata-rata skor 3,88 yang termasuk kategori Tinggi. Persepsi peserta terhadap pelatihan berada pada rata-rata skor 4,71 dengan kategori Sangat Tinggi. Selain itu, seluruh peserta berhasil menghasilkan media ajar interaktif berbasis Canva AI yang siap digunakan dalam pembelajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pendampingan berhasil mencapai seluruh indikator keberhasilan yang telah ditetapkan serta memberikan dampak positif terhadap kesiapan guru dalam mengintegrasikan teknologi berbasis AI ke dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdikimia

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural ...