cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jocs@unissula.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam
ISSN : 26143925     EISSN : 26143941     DOI : 10.30659/ijocs
Al-Fikri is a journal of Islamic Education Studies published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia. It is a semi annual journal published on February and August to develope the scientific ethos.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2024): Tantangan Kontemporer dalam Pendidikan Islam" : 6 Documents clear
Pendidikan Tarekat pada Santri di Era Milenial Ihwan, Ali; Mahmutarom, Mahmutarom; Hernawati, Sari
Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam Vol 7, No 2 (2024): Tantangan Kontemporer dalam Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jspi.7.2.56-70

Abstract

Di era milenial sekarang santri lebih banyak mencari pengetahuan, pemahaman dan referensi tentang agama di media sosial dengan mengabaikan peran guru dan referensi buku. Hal ini menjadikan beberapa santri memahami agama secara garis keras atau secara sekuler, dan santri mudah termakan hoaks dan sering bertindak emosional, bahkan pemahaman agama santri terkadang menyimpang karena mendapat panduan dari media sosial tersebut. Menyikapi hal tersebut santri membutuhkan pendidikan spiritual salah satunya melalui ajaran tarekat dalam mengatasi modernisasi tersebut agar setiap perilakunya mampu berjalan sesuai ajaran agama dan terus mendekatkan diri dengan Allah SWT dan santri mampu menetralisir budaya yang masuk dan juga dapat dijadikan cek and balance bagi maraknya budaya barat yang masuk. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pendidikan tarekat pada santri di era milenial? Hasilnya bahwa pendidikan tarekat berarti sistem dalam rangka mengadakan latihan jiwa, membersihkan diri dari sifat-sifat yang tercela dan mengisinya dengan sifat-sifat yang terpuji, yang berperan bagi santri di era milenial sebagai petunjuk dan bimbingan dari kehidupan dunia hingga akhirat sehingga akan menimbulkan kebahagian dan ketenangan hidup di dunia dan akhirat.
Peran Keluarga Muslim dalam Membangun Karakter Religius Anak Muna, Nila Khusniatul
Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam Vol 7, No 2 (2024): Tantangan Kontemporer dalam Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jspi.7.2.71-82

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana keluarga muslim di Desa Kalianyar mengimplementasikan pendidikan karakter religius pada anak terutama dalam menanamkan nilai-nilai keislaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian lapangan, dan pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya keluarga muslim di desa kalianyar mampu mengimplementasikan pendidikan karakter religius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian pendidikan karakter religius di Desa Kalianyar melalui beberapa metode, yaitu dengan nasehat, keteladanan, pembiasaan, dan hukuman. Sedangkan nilai-nilai keislaman yang orang tua ajarkan pada anak adalah nilai bersyukur, tawakal, tidak syirik, sholat, bersedekah, ta'awun, sabar jujur, ikhlas dan keadaban. Selama proses penanaman nilai keislaman tersebut ada beberapa faktor yang menjadi penghambat anak dalam merealisasikan pendidikan yang telah diajarkan, antara lain kecanduan Hp dan faktor lingkungan.
Kiprah Kyai Ihsan Jampes dalam Tradisi dan Nilai-Nilai Pendidikan Pondok Pesantren Kuncoro, Anis Tyas; Ali, Mudzakkir; Hamzah, Ghufron
Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam Vol 7, No 2 (2024): Tantangan Kontemporer dalam Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jspi.7.2.1-18

Abstract

Ada banyak peran yang telah dimainkan pondok pesantren dan tokoh-tokoh kyai kharismatiknya dalam membumikan nilai-nilai tasawuf, baik dalam tataran wacana maupun praktik, dengan menghidupkan tradisi literasi intelektual terhadap kitab-kitab karya tulis ulama besar di masa lampau, nasional maupun internasional. Dengan begitu, apa yang telah dirintis dan dibangun para kyai dan ulama melalui pondok pesantrennya telah menjelma sebagai corong ilmu dan praktik keagamaan Islam, juga sekaligus menjadi referensi dan respon positif terhadap isu-isu sosial dan budaya masyarakat yang dihadapi. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan studi pustaka ditujukan untuk mengeksplorasi profil Kyai Ihsan Jampes sebagai salah satu tokoh penting ulama nusantara dan perannya dalam membangun tradisi dan nilai-nilai pendidikan pondok pesantren. Komitmen Kyai Ihsan Jampes terhadap praktik-praktik bertasawuf dan berfiqih di sisi yang lain, menunjukkan bahwa sikap beliau berada pada kerangka cara berpikir moderat, yaitu selalu mengedepankan paradigma berpikir yang memandang persoalan tidak dalam bingkai ekstrem, baik ekstrem kanan maupun ekstrem kiri, yang dalam kerangka teologis menjadi potret ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah.
Literasi Keagamaan sebagai Pondasi Pengembangan Karakter Religius Siswa Sholihah, Siti Aminatus; Khoiriyah, Khoiriyah
Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam Vol 7, No 2 (2024): Tantangan Kontemporer dalam Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jspi.7.2.19-39

Abstract

Penerapan program literasi keagamaan di SMA Taruna Dra. Zulaeha Leces Probolinggo sebagai upaya untuk membentuk karakter religius siswa. Program ini mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, dan praktik ibadah harian yang bertujuan untuk membantu siswa memahami dan menerapkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi dampak literasi keagamaan terhadap perilaku siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan kesadaran spiritual, ibadah, akhlak, dan kepedulian sosial siswa, meskipun terdapat tantangan dalam menjangkau semua siswa dan risiko pengamalan yang bersifat seremonial. Respon positif dari siswa dan guru menandakan keberhasilan program dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter religius. Untuk meningkatkan efektivitas program, disarankan adanya pendekatan yang lebih personal, pembaruan kurikulum, dan pemanfaatan teknologi. Kesimpulannya, literasi keagamaan merupakan pondasi penting dalam pengembangan karakter religius siswa di SMA Taruna Dra. Zulaeha Leces Probolinggo.
Strategy to Improve Student’s Achievement in Science at Madrasah with Islamic Boarding School (Pesantren) whose Qur'an Memorization Program Choeroni, Choeroni; Anwar, Khoirul; Nugroho, Bekti Taufiq Ari
Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam Vol 7, No 2 (2024): Tantangan Kontemporer dalam Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jspi.7.2.83-93

Abstract

The focus of learning in natural science at Madrasah has not received serious treatment by teachers and stakeholders of madrasah both in private and public madrasah, especially Madrasah with Islamic Boarding School (Pesantren) whose Qur'an Memorization Program, resulting in the scientific achievements of the students are not so satisfying. This study aims to provide an overview of the implementation of the achievement clinic strategy and its effect on the improvement of students’ scientific achievements in excellent Madrasah with Islamic Boarding School (Pesantren) which has Qur'an Memorization Program in Kudus, Indonesia. The method used in this study is field research with a descriptive qualitative approach analysis. The data sources were from religion teachers, science teachers, research teachers, and science laboratory superintendents and students. Data collected include observations, interviews, and documentation. Furthermore, the data analysis technique covered six steps, such as preparing and processing data, reading the entire data, coding all the data, describing the type of data, presenting the data, and analyzing the data. The results showed that the implementation of the achievement clinic was carried out by using several steps: (1) the integration of science and religion learning; (2) the addition of research courses; (3) conducting structured and scheduled mentoring; (4) intensive deepening activity before the competition; and (5) complete learning and research infrastructure. The result shows that the achievement clinic strategy can increase the students' ability in science and lead, as well as enable several students to win science olympiads both at the national and international levels
Model Kepemimpinan Abu Syekh H. Hasanoel Bashry HG dalam Pengembangan Pendidikan Fahmi, Zulfan
Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam Vol 7, No 2 (2024): Tantangan Kontemporer dalam Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jspi.7.2.40-55

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model kepemimpinan Abu Syekh H. Hasanoel Bashry HG dalam mengembangkan pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Aziziyah Samalanga, Aceh. Sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam terkemuka, keberhasilan Yayasan Al-Aziziyah tidak lepas dari kepemimpinan beliau yang berorientasi pada nilai-nilai Islami dan pembentukan karakter spiritual. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk memahami karakteristik, strategi, dan dampak kepemimpinan beliau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kepemimpinan Abu Syekh H. Hasanoel Bashry HG didasarkan pada prinsip Istiqamah, disiplin, musyawarah, aktual dan visioner. Beliau memprioritaskan pendidikan berbasis nilai-nilai Islam, yang tidak hanya berfokus pada penguasaan ilmu agama, tetapi juga penguatan karakter moral dan sosial peserta didik. Strategi kepemimpinan yang beliau terapkan melibatkan sinergi antara tradisi keilmuan pesantren dan inovasi dalam manajemen pendidikan. Dampaknya terlihat pada pertumbuhan kualitas akademik, peningkatan partisipasi masyarakat, dan peran aktif lembaga sebagai pusat pembinaan sosial dan keagamaan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori kepemimpinan Islam dalam pendidikan dan dapat menjadi inspirasi bagi pemimpin lembaga pendidikan Islam lainnya untuk mengintegrasikan nilai-nilai tradisional dengan kebutuhan zaman.

Page 1 of 1 | Total Record : 6